Inspirasi Belanja Untuk Masa Depan
Atur Duit

Inspirasi Belanja Untuk Masa Depan | Mengatur keuangan adalah bagian penting dalam hidup kita. Jika kita pandai dalam membelanjakan uang, maka masa depan menjadi lebih cerah. Bukankah ada ungkapan rajin menabung pangkal kaya? Tentu saja dengan diiringi inspirasi belanja yang benar. Jadi, uang anda tidak sia-sia.

Hitung Total Pendapatan

Kadang seseorang mendapatkan gaji bulanan dan tambahan (kerja sampingan) coba total semua pendapatan yang anda terima setiap bulan agar dapat mengelolanya dengan baik. Setelah semua terkumpul, kini lebih mudah membuat peta-nya.

Daftar Kebutuhan

Daftar semua kebutuhan anda dari yang paling kecil hingga paling besar. Kalau sudah ditulis semuanya, coba taksir berapa kira-kira total pengeluaran dalam satu bulan. Bila pengeluaran bulanan lebih dari 1/3 gaji untuk total gaji di atas 3 juta rupiah, berarti anda masih harus berhemat. Kecuali bila sudah berkeluarga. Ide belanja anda harus dikurangi dengan meng-cancel kebutuhan yang belum perlu, misalnya membeli pakaian, perabot rumah, atau rekreasi. Anda juga bisa menekan pengeluaran dengan membeli barang berkualitas tapi terjangkau seperti produk unilever.

Investasikan

Nah, sisa uang anda harus diinvesasikan dalam berbagai bentuk. Bisa untuk membayar cicilan rumah, menyimpan dalam bentuk deposito, emas, atau teknik lain agar tidak banyak uang yang terkena inflasi. Menabung dalam bentuk emas sebenarnya lebih bagus karena inflasinya rendah. Harga emas cenderung lebih stabil daripada uang.

Inspirasi belanja juga berarti memikirkan anggaran untuk masa depan. Anda harus sudah merencakan pendapatan hingga 10 tahun yang akan datang. Kalau anda seorang PNS mungkin bisa dengan membayar sejumlah asuransi. Sedangkan untuk karyawan swasta yang mungkin bisa di-PHK harus punya tabungan untuk usaha. Dengan demikian, anda tidak stres ketika berhenti bekerja.

Hindari Tumpukan Hutang

Hutang yang kita angsung setiap bulan tidak boleh melebihi 1/3 dari gaji bulanan. Kalau lebih dari itu bisa memberatkan diri sendiri. Akibatnya justru terlilit hutang yang mungkin tidak terbayar tepat waktu. Anda juga harus punya tabungan pribadi bila sewaktu-waktu terkena musibah atau sakit. Dengan demikian, ide belanja anda akan lebih terarah.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Inspirasi Belanja Untuk Masa Depan | arief16 | 4.5