Beberapa Cara untuk Melakukan Efisiensi Energi
Inspiratif

Energy efficiency wajib dilakukan.Apalagi dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk serta semakin meningkatnya penggunaan energi listrik sekarang ini.Untuk melakukan efisiensi energi listrik tersebut, beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Karena PT. PLN adalah pelaku utama dari pengadaan daya listrik di tanah air, maka perlu dilakukan penyempurnaan terhadap struktur organisasi PLN agar lebih fleksibel dan lebih profesional dalam menggerakkan bisnis kelistrikan, sehingga dapat bekerja dengan lebih kompetitif dan lebih efisien.
  2. Memberikan insentif kepada para pelanggan yang dapat mengurangi penggunaan listrik disaat beban puncak, guna mengatasi pemadaman bergilir yang masih kerap terjadi sampai hari ini, serta mengurangi panjangnya antrean pelanggan baru. Dengan adanya insentif, pelanggan akan dengan senang hati memanfaatkan pembangkit cadangan yang mereka miliki, yang selama ini hanya digunakan untuk mengantisipasi pemadaman dan untuk menambah daya listrik pada momen-momen tertentu.
  3. Melakukan integrasi sistem kelistrikan dengan infrastruktur yang lainnya, guna memperoleh infrastruktur yang secara total lebih murah. Tanpa dilakukannya integrasi, sulit sekali untuk dapat menciptakan sistem kelistrikan yang efisien.
  4. Upaya lain untuk melakukan Energy efficiency adalah dengan menyiapkan SDM yang dapat bekerja dalam iklim kelistrikan yang baru. Mempersiapkan SDM yang mumpuni ini menjadi sangat penting mengingat pendidikan teknik di bidang kelistrikan sudah cukup lama tidak diperhatikan, serta tidak adanya program nasional yang jelas.
  5. Memacu perkembangan tekhnologi yang dapat mendukung system kelistrikan baru yang kompetitif dan efisien.
  6. Mendorong pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan dan sumber-sumber energi lokal yang tersedia di setiap daerah. Karena hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki potensi yang berbeda-beda, dan sampai sekarang banyak yang belum dimanfaatkan.
  7. Memberikan bantuan, dorongan, dan insentif kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki inisiatif untuk membangun lingkungan usaha yang greenindustry.

Khusus untuk termin yang terakhir, karena hingga saat ini upaya tersebut masih belum dilakukan oleh pemerintah, maka bagi perusahaan dan dunia industri yang memiliki kesadaran untuk membangun lingkungan kerja yang green, maka ada baiknya untuk memanfaatkan jasa dari sewatama.

Sewatama lewat lini bisnisnyaEnergy Efficiency akan mampu memberikan solusi terkait dengan peningkatan kebutuhan industri terhadap penggunaan energi yang berbiaya efektif lewat penghematan energi bergaransi. Dengan penanganan yang dilakukan Sewatama, efisiensi energi sebagai elemen penting kelangsungan bisnis akan dapat terwujud sehingga profitabilitas perusahaan akan menjadi lebih sehat. (*

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Beberapa Cara untuk Melakukan Efisiensi Energi | arief16 | 4.5