Manajemen Energi Listrik
Inspiratif

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali industri di Indonesia mulai menurun keuntungannya dikarenakan oleh tingginya biaya energi yang digunakan. maka dari itu pentingnya manusia atau perusahaan industri menerapkan ilmu manajemen di bidang energi untuk dapat meningkatkan efektifitas penggunaan energi. Energy management sendiri sebenarnya sudah seharusnya diterapkan oleh semua pihak apalagi melihat dari segi sumber daya alam yang digunakan untuk mengolah energi itu sendiri sudah mulai kehabisan stok.

Seperti yang kita ketahui memang ada beberapa pembangkit listrik. Namun beberapa pembangkit tersebut masih menggunakan bahan bakar berupa fosil seperti gas, minyak bumi, batubara, dan lain sebagainya. Dan ditakutkan beberapa tahun kemudian akan habis bahan bakar tersebut. dengan manajemen energi yang baik akan membantu mengurangi penggunaan bahan bakar berupa fosil tersebut dan diganti dengan energi alternatif yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Ada beberapa contoh penerapan manajemen energi listrik dalam Industri.

1. Pemasangan alat penghemat listrik di seluruh instalasi. Pada prinsipnya kebanyakan peralatan yang memakai listrik selalu bisa dihemat listriknya walau sedikit. Di sini diperlukan kejelian dan keahlian untuk menentukan memilih jenis beban dan alat yang sesuai untuk penghematan. Beban lampu pijar, lampu neon, pemanas, unit AC, motor, dan lain – lain, semuanya mempunyai alat penghemat yang spesifik/unik berdasarkan kinerja beban, schedul pemakaian beban. Dengan menggunakan alat penghemat listrik maka perusahaan industri dapat menghemat 5 hingga 20 % energi yang digunakan.

2. Perbaikan sistem teknis dan perbaikan arsitektur bagunan. Kabanyakan perusahaan yang menggunakan gedung – gedung yang besar hampir semuanya menggunakan alat pendingin ruangan atau AC. Hal ini lah yang merupakan beban listrik yang terbesar. Karena jika ruangan terkena panas ketika jam 10 hingga jam 2, AC akan bekerja keras dalam mendinginkan ruangan tersebut. maka dari itu anda bisa mengatasinya dengan memasang penghalang sinar matahari pada sisi timur gedung dan sisi barat gedung untuk dapat mengrani beban pendinginan. Dengan beban berkurang tentunya energi listrik yang akan digunakan juga akan berkurang.

Itulah informasi mengenai energy management atau manajemen energi listrik untuk manusia dan juga perusahaan industri. Semoga bermanfaat.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Manajemen Energi Listrik | arief16 | 4.5