Ketahui Seluk Beluk dan Tips Aman Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan
Atur Duit

Pinjaman tanpa agunan sangat digemari masyarakat, karena saat membutuhkan dana tak perlu menjaminkan aset apapun. Apalagi kalau saat ini memang sedang tidak memiliki agunan apapun sebagai jaminan pinjaman. Meskipun demikian jangan sembarangan dalam menggunakan fasilitas bank tersebut. Ketahui segala seluk beluk pinjaman tanpa jaminan dan tips aman saat akan mengajukan pinjaman tersebut.

Pengertian pinjaman tanpa agunan

Fasilitas bank berupa pinjaman tanpa jaminan itu memang sangat menguntungkan, bagi yang tidak memiliki aset untuk dijadikan agunan pinjaman. Tapi juga terdapat kerugian tertentu, salah satunya adalah suku bunga pinjaman yang ditetapkan bisa lebih tinggi. Dibandingkan dengan suku bunga pinjaman dengan agunan. Meskipun Anda tidak mengeluarkan agunan tertentu, agar pengajuan pinjaman bisa dicairkan.

Tapi tetap harus waspada dengan risiko pinjaman ini. Karena pihak bank bisa saja membawa kasus kredit macet ke urusan hukum. Sehingga aset yang dimiliki bisa saja disita atau menggiring seseorang ke jeruji penjara. Kondisi ini menjadikan nama Anda masuk daftar hitam dalam dunia perbankan. Sehingga bila Anda akan mengajukan permohonan pinjaman lagi, bank akan langsung menolak. Walaupun Anda mengajukan permohonan pinjaman pada bank yang berbeda. Jadi jangan pernah bermasalah saat mendapatkan pinjaman tanpa agunan.

Tips aman saat mengajukan pinjaman tanpa agunan

Berbagai tips bisa Anda terapkan saat akan melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan. Sehingga proses selanjutnya lebih dimudahkan dan terasa ringan. Terutama saat membayar cicilan bulanannya. Apa saja tips yang bisa diterapkan?

  • Mencermati segala persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak bank sedetail mungkin.
  • Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan perencana keuangan, agar mendapatkan rekomendasi bank dan produk pinjaman yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.
  • Jangan lupa berkonsultasi dengan keluarga, supaya mendapatkan dukungan. Sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran, agar cicilan bulanan tidak terganggu atau tetap lancar.
  • Bunga pinjaman tanpa jaminan ini bisa lebih tinggi, daripada yang menggunakan jaminan. Hal ini sangat wajar, karena pihak bank harus berjaga-jaga kalau terjadi pembayaran cicilan yang macet.
  • Cermati kembali kebutuhan Anda. Pengajuan pinjaman tanpa jaminan bisa beragam alasannya. Tapi sangat disarankan untuk digunakan kebutuhan produktif. Jadi sangat disarankan untuk menghindari pembiayaan kebutuhan konsumtif. Karena justru akan menjadikan kondisi finansial semakin buruk. Kebutuhan produktif, semisal sebagai modal usaha. Dengan begitu bisa membiayai cicilan bulanan dan membantu memajukan usaha yang dikembangkan. Kebutuhan konsumtif adalah saat membeli barang atau jasa yang sebenarnya belum dibutuhkan atau belum mendesak.

Pertimbangkan dengan sangat matang saat Anda akan mengajukan pinjaman tanpa agunan. Mungkin sudah banyak marketing bank yang menawarkannya kepada Anda, dengan iming-iming kemudahan persyaratan, promo tertentu dan sebagainya. Pastikan memang Anda sangat membutuhkan dana tersebut.

www.uangteman.com

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Ketahui Seluk Beluk dan Tips Aman Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892