Ini Kronologi dan Kerugian Bom Thailand Beserta Video Detik-Detik Terjadinya
Breaking News, Tahukah Kamu

Ledakan bom sepeda motor terjadi di kuil Erawan Bangkok, Thailand pada Senin malam tanggal 17 Agustus 2015 kemarin . Belum diketahui secara pasti apa motif dibalik peledakan tersebut, namun yang jelas sudah ada beberapa korban jiwa akibat ledakan tersebut – Teropongku.com

Polisi Thailand: Ledakan Terkait Bom Sepeda Motor

Ledakan Bom Di Bangkok
Wakil Kepala Kepolisian Thailand Aek Angsananond mengatakan, ledakan yang terjadi di dekat Kuil Erawan di pusat kota Bangkok, Senin (17/8/2015) malam terkait dengan bom sepeda motor.

“Hal yang dapat saya sampaikan saat ini adalah, ada ledakan di pusat Bangkok yang melibatkan bom sepeda motor,” kata Angsananond kepada Reuters, Senin.

Ledakan ini menewaskan setidaknya 10 orang. Potongan tubuh yang berserakan terlihat di sekitar lokasi kejadian. Selain itu, terlihat pula pecahan kaca dan sepeda motor di sekitar lokasi ledakan.

Saat ini, polisi meminta warga menjauhi area ledakan. Seorang polisi anggota tim penjinak bom mengumumkan melalui sebuah mikrofon bahwa, “Situasi masih belum aman. Semuanya dimohon mundur. Ada kemungkinan bom kedua di area ini.”

Steve Herman, kepala biro Voice of America, mengatakan sempat menduga adanya suara guntur ketika ledakan pertama terjadi di pusat Bangkok tersebut.

Kuil Erawan dilaporkan adalah kuil umat Hindu yang terkenal di Bangkok. Bahkan, kuil ini juga kerap didatangi oleh ribuan penganut agama Buddha setiap harinya.

Di Bangkok, kuil ini terletak di kawasan bisnis, dan dikelilingi oleh tiga pusat perbelanjaan.

(Diambil dari: http://internasional.kompas.com/read/2015/08/17/21195361/Polisi.Thailand.Ledakan.Terkait.Bom.Sepeda.Motor)

Korban Tewas Ledakan Bom Thailand Melonjak Jadi 27 Orang

Ledakan Bom Di Bangkok
Korban terus bertambah dalam ledakan dua bom yang melanda kuil di Thailand. 27 nyawa tak berdosa melayanga akibat ledakan ini.

Ledakan kembar itu terjadi di Kuil Erawan, sekitar pukul 7.00 waktu setempat. Di antara 27 korban tewas, empat dari mereka adalah warga negara asing.

Selain menewaskan 27 jiwa, serangan ini turut menyebabkan 78 orang lainnya menderita luka-luka. Ledakan yang terjadi di Distrik Chidlom ini menimbulkan kepanikan warga yang memenuhi tempat itu.

Kuil tersebut berada di jalanan utama di Bangkok dan dikelilingi oleh tiga pusat perbelanjaan ternama. Pihak berwenang Thailand menyebutkan ledakan terjadi sangat berdekatan waktunya.

“Ledakan pertama diledakkan dengan alat kendali, bom diletakan di sebuah kotak yang biasa ditempatkan di persimpangan Ratchaprasong. Ledakan kedua berasal dari sebuah motor dan memicu dua taksi turut meledak,” ucap pihak Kepolisian Thailand, seperti dikutip AFP, Senin (17/8/2015).

Pemerintah Thailand meyakini serangan bom ini ditujukan untuk merusak ekonomi dan sektor pariwisata Negeri Gajah Putih. Ini terlihat dari target serangan yang biasa dipenuhi oleh wisatawan mancanegara.

(Diambil dari: http://internasional.metrotvnews.com/read/2015/08/17/159012/korban-tewas-ledakan-bom-thailand-melonjak-jadi-27-orang)

Ini Rekaman CCTV Detik-detik Ledakan Bom di Thailand

Ledakan Bom Di Bangkok
Sebuah kamera Close Circuit Television (CCTV) berhasil merekam detik-detik sebelum terjadinya ledakan, di Kota Thailand, Bangkok.

Berdasarkan penelurusan Okezone di sosial media Youtube, Senin (17/8/2015) malam. Video yang berjudul ‘Beberapa saat sebelum ledakan Bom di Thailand‘ itu terlihat, beberapa warga sedang berjalan kaki di trotoar jalan di sekitar lokasi kejadian, dan arus lalu lintas pun terlihat sangat lancar.

Beberapa detik kemudian, ledakan terjadi hingga menyemburkan api. Warga yang di kagetkan oleh ledakan tersebut, langsung kocar kacir untuk menyelamatkan diri.

Tak lama, sebuah sepeda motor dalam kondisi hangus terlihat jatuh dari atas, beruntung tidak ada warga yang tertimpa motor tersebut.

Berikut video yang beredar di sosial media Youtube, https://youtu.be/abCgun0TZIU

(Diambil dari: http://news.okezone.com/read/2015/08/17/18/1197730/ini-rekaman-cctv-detik-detik-ledakan-bom-di-thailand)

Menhan Thailand: Bom di Bangkok Berjenis TNT

Ledakan Bom Di Bangkok
Sebuah bom meledak di luar sebuah kuil agama di pusat Bangkok pada Senin malam. Setidaknya 16 orang tewas dalam insiden itu, menurut polisi Thailand. Sementara media lokal menyebut korban tewas mencapai 27 orang dengan lebih dari 80 manusia terluka.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Saat Kuil Erawan yang berada di persimpangan jantung Kota Bangkok Thailand penuh sesak dengan jamaah dan wisatawan. Bagian tubuh manusia berserakan di seberang jalan usai bom meledak.

Setidaknya 10 warga Thailand, 1 warga Tiongkok, dan 1 orang asal Filipina ada dalam daftar korban yang meninggal dunia. Sedangkan sebagian besar korban luka adalah wisatawan dari China dan Taiwan.

Menurut Menteri Pertahanan Thailand Prawit Wongsuwong, bom tersebut telah ditargetkan terhadap warga asing. Aksi bom tersebut dinilainya untuk merusak industri pariwisata Thailand.

“Itu adalah bom TNT. Orang-orang yang melakukannya ditargetkan asing dan merusak pariwisata dan ekonomi,” kata Prawit Wongsuwong, yang dikutip channelnewsasia, Senin (17/8/2015)

Kepala Polisi Thailand mengatakan ledakan pertama adalah setara dengan 200 pon TNT. Demikian menurut laporan media lokal.

Pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Prayuth Chan-oca langsung menyiagakan ‘war room’ — ruangan khusus yang digunakan dalam kondisi genting, sebagai respons atas kejadian tersebut.

Lokasi di dekat ledakan dikelilingi gedung tinggi. Efek kejut dari ledakan sangat kuat. “Ledakan itu begitu kuat. Jendela di lantai 5 di gedung yang ada di dekatnya hancur,” tulis saksi mata dalam akun Twitternya @KEarthling.

Ledakan juga memicu terbentuknya lubang besar di jalanan aspal. Kawah itu menganga selebar 2 meter. Bekas bom.

(diambil dari: http://news.liputan6.com/read/2295641/menhan-thailand-bom-di-bangkok-berjenis-tnt)

Inilah Kronologi Bom Thailand Tersebut

Pasangan asal Australia bercerita kronologi bom Bangkok melalui akun Twitter-nya, Selasa (18/8).

Dilansir dari The Guardian, Leify (27 tahun ) dan John (33 tahun) bercerita bahwa saat kejadian berlangsung, mereka berjalan melintasi jembatan layang di Hotel Intercontinental. Pasangan ini baru tiba Senin pagi (17/8) dari Roma.

“Kami melintasi jembatan layang dkeat hotel intercontinental dan kami mendengarledakan langsung dibawah kami,” kicaunya di Twitter yang dilansir Reuters, Senin (17/8).

Sesaat setelah ledaka, mereka jatuh ke tanah. Terlihat asap dan api membumbung tinggi.

Mereka mendengar suara seperti pecahan peluru saat tanah sekitar mereka berguncang. Dia berpikir semua orang terjatuh karena tak bisa melihat apa-apa, gelap.

Setelah ledakan, Leify dan John berlari menuruni tangga. Mereka melihat banyak orang berjalan merangkan karena beberapa diantara mereka kehilangan kaki.

Tubuh manusia berserakan dan darah tercecer. Semua orang panik berlari dengan keadaan yang sangat kacau.

Banyak orang terlihat bingung antara menolong atau berlari. Mereka berada disana sebelum paramedis tiba.

John ingin mendekat untuk membantu tetapi Leivy menahannya. Leivy melihat sekitar 12 orang luka-luka dan tiga korban tewas tergeletak di jalan.

(Diambil dari:http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/15/08/18/nt8ugy346-ini-kronologi-insiden-bom-bangkok-versi-twitterturis-australia)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Ini Kronologi dan Kerugian Bom Thailand Beserta Video Detik-Detik Terjadinya | arief16 | 4.5