Perkembangan Janin Masa Kehamilan Minggu Pertama Hingga Keempat
Buah Hati

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi calon ibu. Hal ini dikarenakan pada masa ini calon ibu tersebut akan mengalami beberapa hal yang harus disikapi dengan benar. Termasuk mengetahui perkembangan janin mulai dari minggu pertama dan seterusnya, agar anda bisa melakukan aktivitas tanpa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan anda.

Pada minggu pertama kehamilan, biasanya seorang istri belum mengetahui dan menyadari tentang kehamilannya dan belum merasakan berbagai gejala kehamilan. Minggu pertama seorang istri masih berada pada periode menstruasi dan pembuahan pun belum terjadi. Namun tanggal perkiraan tentang kelahiran buah hati anda dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Pada masa ini, pembentukan sperma dan sel telur memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim anda. janin telah mempunyai semua bekal genetik yaitu kombinasi unik berupa 46 jenis kromosom manusia. Hal yang dibutuhkan janin di minggu pertama ini adalah nutrisi yang berasal dari ibu dan oksigen.

Minggu kedua kehamilan, pembuahan terjadi pada masa ini. sel telur yang dibuahi membelah menjadi dua bagian dalam waktu 30 jam setelah dibuahi. Ketika masa membelah ini sel telur terus bergerak di dalam lubang falopi menuju pada bagian rahim. Saat telah membelah menjadi 32, maka sel telur ini disebut sebagai morula. Sel-sel tersebut mulai berkembang dan terus terbagi sekitar dua kali dalam sehari hingga pada hari ke 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu proses blastocyst terpaut pada endometrium.

Minggu ketiga kehamilan, seorang calon ibu masih belum menyadari kehamilannya. Pada masa ini sel telur yang membelah menjadi jumlah ratusan kemudian menempel pada bagian dinding rahim yang disebut blastosit. Ukuran dari sel telur ini sangat kecil hanya berdiameter 0,1 hingga 0,2 mm.

Minggu keempat, janin sudah berbentuk embrio. Embrio ini memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin – HCG) yang menunjukkan hasil positif pada saat anda melakukan tes kehamilan. Keadaan janin saat ini telah membentuk struktus manusia dan telah terjadi pembentukan otak, tulang belakang dan jantung serta aorta, yaitu urat besar yang menyalurkan darah menuju jantung.

Demikian gambaran perkembangan janin pada masa kehamilan di minggu pertama hingga minggu ke empat, semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan kita semua.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Perkembangan Janin Masa Kehamilan Minggu Pertama Hingga Keempat | arief16 | 4.5