Tips Menghindarkan Bayi dari Ruam Popok
Buah Hati

Tips Menghindarkan Bayi dari Ruam Popok | Kulit bengkak atau memerah pada kulit di sekitar paha, pantat dan alat kelamin, bisa jadi adalah tanda- tanda bayi kita terkena ruam popok. Biasanya bayi akan sering menangis karena rasa sakit yang dideritanya. Ada baiknya kita sebagai orang tua kita bisa menghindarkan bayi dari infeksi tersebut. Berikut beberapa tips untuk menghindarkan bayi dari peradangan di sekitar area popok ini.

Penggantian popok.

Orang tua seharusnya sudah memahami siklus buang air kecil dan buang air besar bayi setelah mereka lahir. Hal ini akan memudahkan kita mengatur penggantian popok pada bayi kita tercinta. Sehingga menghindarkan bayi dari terpapar zat amoniak yang terdapat pada air kencing atau urine bayi apabila terlalu lama dibiarkan di tubuh bayi. Kulit bayi yang lembut akan mudah terinfeksi bila urine dan feses tidak segera dibersihkan, apalagi jika kejadian ini terus berulang-ulang. Biasanya bayi berumur sampai 3 minggu buang air kecil ataupun buang air besar lebih sering sehingga kita sebagai orang tua harus sering menngeceknya. Namun kadang bayi pun sering memberikan tanda bahwa dia sudah tidak nyaman dengan kondisinya yaitu dengan menangis.

Pembersihan urine dan feses.

Pembersihan feses dan urine hendaknya dilakukan segera. Kulit bayi yang lembut sangat rentan terkena infeksi. Urine dan feses mengandung zat amoniak yang bisa mengiritasi kulit bayi. Apalagi jika dibiarkan lama, feses akan sulit untuk dibersihkan. Jika sudah terlanjur seperti ini maka bersihkan kulit bayi yang terkena feses dengan air hangat yang dicampur dengan baby oil.

Penggunaan baby oil

Untuk menjaga supaya kulit bayi terhindar dari iritasi akibat terpapar urine dan feses, maka setelah dibersihkan oleskan baby oil atau minyak bayi pada area popok bayi terutama lipatan paha dan pangkal paha. Hal ini akan membuat kulita bayi terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah mengalami iritasi.

Demikian tips menghindarkan bayi dari ruam popok. Semoga tulisan saya bisa bermanfaaat bagi anda, sehingga bayi anda tercinta terhindar dari ruam popok.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Tips Menghindarkan Bayi dari Ruam Popok | arief16 | 4.5