Perkembangan Psikis Dan Psikologis Merupakan Proses Tumbuh Kembang Anak Yang Sangat Penting
Buah Hati

Memiliki anak dengan perkembangan dan pertumbuhan yang baik adalah keinginan dan impian semua orang tua, untuk itu tentunya kita sebagai orang tua harus memperhatikan anak dengan cara mengawasi dan merawatnya dengan baik sesuai dengan perkembangan anak kita. Perkembangan psikis dan psikologi adalah proses yang saling berhubungan terhadap tumbuh kembang anak yang tidak dapat dipisahkan.

Perkembangan psikis adalah perubahan pada tubuh atau jiwa manusia yang melibatkan perubahan tinggi dan berat tubuh dan pertumbuhan tulang dan otot. Sedangkan perkembangan psikologi anak yaitu perubahan perilaku atau tingkah laku dan mental sesorang yang dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua penting sekali melihat hal tersebut diatas karena hal itu tidak selalu berkesinambungan terhadap indivu anak-anak.

Perkembangan tersebut tidak selalu beriringan dengan baik atau sejalan pada setiap anak-anak, seperti ada anak yang perkembangan psikis jauh lebih cepat dari pada psikologinya dan ada pula yang sebaliknya psikologi lebih meningkat dari psikisnya. Tentunya menjadi salah satu faktor yang menghambat terhadap tumbuh kembang anak. Untuk hal tersebut kita harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terhadap masalah perkembangan tersebut seperti faktor keturunan (gen), faktor makan dan faktor lingkungan.

Faktor keturunan ini merupakan faktor utama dalam pertumbuhan setiap anak atau individu, karena sudah terbentuk atau melekat pada setiap anak dari sejak lahir , walaupun dapat dirubah tetapi prosesnya membutuhkan waktu yang sangat lama seperti sifat, warna kulit, dan postur tubuh.

Selanjutnya faktor makan ini juga akan mempengaruhi terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, protein seperti buah-buahan, sayuran dengan secara teratur, ini akan membantu pertumbuhan yang baik dan sehat. dan makanan juga sangat berpengaruh terhadap daya berpikir anak.

Faktor terakhir adalah lingkungan dimana proses ini sekalipun dua faktor tadi sudah terpenuhi tapi jika lingkungan kurang baik untuk anak maka akan jauh dengan apa yang diharapkan oleh kita sebagai orang tua. Dengan mengetahui beberapa faktor tersebut tentunya kita akan mengetahui dan akan mendapkatkan solusinya. Demikian ulasan ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Perkembangan Psikis Dan Psikologis Merupakan Proses Tumbuh Kembang Anak Yang Sangat Penting - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892