Pentingnya Mengatur Keuangan Keluarga
Atur Duit

Teropongku.com | Dalam menjaga stabilitas ekonomi dalam keluarga, tentu sangat penting untuk memperhatikan cara mengatur keuangan keluarga yang baik. Fungsi dari pengaturan keuangan keluarga yang baik akan berdampak pada ekonomi stabil sehingga keharmonisan keluarga akan lebih terjaga. Salah satu hal yang seringkali menjadi pemicu konflik dalam keluarga adalah permasalahan ekonomi.

Untuk mengindari terjadinya hal tersebut, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengatur keuangan agar tetap stabil misalnya dengan cara menentukan mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana yang tidak, menabung, berinvestasi, dan lain sebagainya.

Dalam mengatur keuangan keluarga, hal penting yang harus diperhatikan adalah mengalokasikan penghasilan dengan tepat, sehingga tidak akan terjadi pemborosan dan pengeluaran biaya yang sebenarnya tida perlu. Baiknya, penghasilan bulanan dialokasikan untuk:

  • 5 hingga 10 persen untuk sedekah dan zakat
  • 35 persen maksimal untuk cicilan utang
  • 10 persen untuk investasi, asuransi, atau menabung
  • 40 hingga 60 persen untuk keperluan bulanan
  • Dan untuk hiburan tambahan sebesar maksimal 10 persen

Selanjutnya, untuk melakukan pengaturan keuangan agar tetap stabil ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama adalah buat catatan pengeluaran tiap bulannya dan alokasikan penghasilan anda pada keperluan yang paling penting terlebih dahulu.

Kedua, seringlah melakukan diskusi dengan anak dan pasangan terkait masalah keuangan (konsultasi dengan keluarga). Misalnya saja urusan rekreasi keluarga yang terpaksa dibatalkan karena biaya sekolah anak. Hal ini tak hanya penting untuk didiskusikan bersama pasangan, namun juga pada anak agar anak pun bisa mengerti. Transparansi mengenai keuangan keluarga ini memiliki fungsi yang sangat penting agar tidak muncul kecurigaan dari pasangan ketika memang keuangan keluarga sedang krisis.

Selanjutnya, buat rencanya jangka panjang yang bisa direalisasikan dengan cara menyisihkan sedikit penghasilan anda untuk investasi dan menabung. Itulah beberapa tips dan cara mengatur keuangan keluarga, misalnya rencana pendidikan anak, rencana berlibur, dan lain-lain. Bersama Futuready, anda dan keluarga akan dibantu untuk melakukan perencanaan masa depan yang lebih tertata dan tersiapkan.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Pentingnya Mengatur Keuangan Keluarga - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892