Jurusan Kehutanan, Pilihan Sepi Peminat Berprospek Cerah
Sukses Berkarir

Memilih jurusan sebelum masuk ke sebuah universitas adalah persoalan yang sangat penting, karena pilihan Anda menentukan prospek kerja setelah lulus nanti. Cerah tidaknya prospek inilah yang membuat jurusan seperti Ekonomi, Manajemen, dan Kedokteran banyak peminat, lantaran jenjang karir yang pasti. Namun sebagai akibatnya, ada banyak jurusan yang tersembunyi, walaupun punya prospek tak kalah cerahnya, seperti jurusan Kehutanan di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Jurusan Kehutanan di Institut Pertanian Bogor merupakan jurusan yang tak semua calon mahasiswa ketahui. Di IPB, jurusan ini mempunyai membawahi departemen seperti Fakultas Manajemen Hutan, Fakultas Teknologi Hasil Hutan, serta Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Semua ini merupakan jurusan kuliah yang jarang diekspos media, namun mempunyai prospek karir yang sangat cerah.

Lulusan dari jurusan ini biasanya bisa mengembangkan karirnya di bidang-bidang sebagai berikut ini:

  1. Manajemen Hutan

Lulusan dari jurusan manajemen kehutanan bisa berkarir di bidang tanaman industri, lembaga penelitian, wirausaha kayu, pemetaan hutan, dan bekerja di berbagai perusahaan perkebunan dengan gaji yang cukup tinggi.

  1. Teknologi Hasil Hutan

Mahasiswa yang lulus dari jurusan seperti ini biasanya bisa dengan mudah mendapatkan kerja di industri kayu, industri hilir kehutanan, dan juga berwirausaha untuk berbagai macam hasil hutan.

  1. Konservasi Hutan Dan Ekowisata

Lulusan dari sini mempunyai kompetensi untuk melindungi dan memanfaatkan hutan dengan efektif sehingga tetap terjaga. Karena itu, lulusannya bisa bekerja di Perhutani, Departemen Kehutanan, Kementrian Negara Lingkungan Hidup, di Kebun Raya, Taman Nasional, bahkan menjadi konsultan atau bekerja di bank.

  1. Silvikultur

Jurusan satu ini sangat jarang ada di Indonesia, sehingga lulusannya biasanya banyak dicari. Jurusan ini membina dan membangun hutan alam dan tanaman, dan bisa bekerja di industri pulp and paper, pendidikan, LIPI, pertambangan, konsultan dan lain-lain.

Seperti yang Anda lihat sendiri di atas, jurusan Kehutanan di IPB (Institut Pertanian Bogor) mempunyai prospek yang sangat cerah, meski pada awalnya terlihat tak begitu menjanjikan. Padahal, di fakultas-fakultas yang jarang diminati semacam inilah, banyak lulusan yang bisa mendapatkan pekerjaan dengan cukup mudah, lantaran jarangnya ada persaingan yang terlalu banyak.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Jurusan Kehutanan, Pilihan Sepi Peminat Berprospek Cerah - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892