Cara Mengajukan KPR Agar Cepat Disetujui Pihak Bank
Bisnis Properti

Cara mengajukan KPR di Bank BTN secara mudah dan cepat itu bagaimana ya?

Memang bagi seseorang yang ingin mempunyai sebuah rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR, perlu informasi yang detail terkait cara mengajukan KPR secara mudah dan cepat pula proisesnya.. Tapi sebelum membahas tentang cara pengajuan KPR, harus kalian tahu bahwa apa sih KPR itu? KPR ialah sejenis kredit untuk kepemilikan rumah, dimana sobat memperoleh bantuan dari bank pilihan sobat untuk membeli rumah dengan cara kredit. Sampai sekarang ini, KPR ada beberapa jenis diantaranya KPR jenis subsidi yang dilakukan oleh pemerintah dan KPR Platinum.

Nah, bagi sobat yang mau mengajukan KPR di bank BTN, maka harus mengikuti setiap langkah berikut ini :

  1. Lengkapilah semua persyaratan yang diberikan oleh pihak BTN.
  2. Siapkan juga identitas diri, yang meliputi fotocopy akta nikah, fotocopy KK, kartu sehat dan pas foto ukuran 4×6 dan 3×4 untuk suami istri.
  3. Cantumkan dokumen gaji ataupun penghasilan tetap sobat.
  • Bagi sobat yang punya penghasilan tetap bisa langsung bawa fotocopy slip gaji atau NIP.
  • Bagi sobat yang hanya berwirausaha, bisa lengkapi data dengan membuat surat keterangan dari kepala desa setempat seperti surat ijin usaha atau NPWP dan SPT tahunan.
  1. Lengkapilah dokumen tambahan, seperti fotocopy sertifikat tanah dan fotocopy arsip buku tabungan selama 3 bulan paling akhir.

Lantas gimana caranya agar proses pengajuan permohonan KPR segera di ACC oleh pihak BTN? Untuk itu, coba sobat perhatikan langkah per langkah dibawah ini :

  1. Sebelum sobat datang untuk lakukan permohonan di Bank BTN, alangkah baiknya sobat memastikan dahulu apakah persyaratan diatas sudah terpenuhi secara lengkap.
  2. Jika sudah terpenuhi maka baru datang di Bank BTN dan langsung temui CS Bank BTN. Utarakan semua maksud dan tujuan sobat datang di Bank BTN tersebut. Biasanya langsung diberikkan formulir untuk sobat isi.
  3. Kemudian pihak bank langsung melakukan survey.
  4. Apabila survey sudah berhasil dilakukan maka pihak bank segera melakukan konfirmasi lewat telepon dari CS Bank BTN.
  5. Dalam telepon itu biasanya langsung diinformasikan bahwa permohonan sobat itu diterima atau ditolak.

Lantas Pengajuan KPR untuk rumah Second Bagaimanaya Caranya?

Ada yang tahu cara mengajukan KPR second? Pastinya tata cara untuk melakukan pembelian rumah KPR second jelas berbeda dengan pembelian rumah KPR yang baru.

Disarankan jika ingin melakukan pengajuan KPR second alangkah baiknya dilakukan setelah melakukan negosiasi dengan penjual rumah KPR second tersebut supaya hasilnya tak melenceng dari harga pasarannya rumah KPR second.

Oleh karena itu, lakukanlah survei dahulu sebelum membeli rumah KPR second. Survey ini biasanya juga dilakukan pihak bank sebagai penentu batas kredit atau plafon. Setelah negosiasi harga rumah KPR Second selesai, secepatnya sobat penuhi semua persyaratan untuk mengajukan KPR second ke Bank BTN. Berkas-berkas persyaratan untuk melakukan pengajuan kredit rata-rata hampir sama dengan proses pengajuan KPR baru.

Untuk lebih spesifik dan detailnya tentang cara mengajukan KPR second bisa sobat pahami caranya dibawah ini :

  1. Lakukan Cek Dengan Notaris

Usai syarat pengajuan KPR diserahkan, biasanya Bank BTN melakukan penilaian terkait harga rumah dan sekalian memberikan sebuah kuasa terhadap notaris untuk melakukan cek keabsahan dokumen atau surat tanah yang baru saja ditinjau seperti PBB, IMB dan sertifikat tanah. Pengecekan dokumen tersebut dilakukan oleh notaris jelas dijamin keamanannya maka dapat terhindar dari tindak kejahatan penjual rumah. Apabila surat-surat tersebut masih diragukan maka tugas notaris wajib menginformasikan terhadap bank bawha rumah tersebut tak layak dibeli. Sehingga dengan mudah bank menolak pengajuan KPR second tersebut. Apabila notaris menyatakan surat-surat tersebut valid maka pihak bank menilai sobat layak untuk mendapatkan pinjaman pembiayaan KPR second. Setelah itu sobat dan penjual diundang Bank BTN untuk menjalankan proses akad jual beli depan notaris.

  1. Menyiapkan Dana

Terdapat 2 pengelompokan dana yang sewajarnya harus dipersiapkan oleh calon pembeli KPR second yakni pertama, biaya-biaya yang kaitannya dengan proses pengajuan KPR seperti biaya notaris, biaya transaksi, asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Kedua, biaya-biaya yang kaitannya masuk proses transaksi seperti biaya BPHTB dan biaya hal atas tanah.

  1. Buat Perjanjian Tambahan

Untuk mendapatkan posisi yang kuat dengan hukum, buatlah perjanjian tambahan sama penjual, terutama tentang kesepakatan harga yang telah masuk kata sepakat.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Cara Mengajukan KPR Agar Cepat Disetujui Pihak Bank | arief16 | 4.5