4 Langkah Memiliki Tabungan Puluhan Juta Meski Penghasilan Tidak Tetap
Atur Duit, Sukses Berkarir

Gaji adalah salah satu penghasilan yang didapatkan oleh karyawan yang bekerja dimanapun perbulannya. Karyawan di perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata seperti hotel dan restoran cenderung memiiki komponen penghasilan tidak tetap yang cukup tinggi dalam bentuk service charge.

Selain itu, karyawan di divisi yang berhubungan langsung dengan penjualan perusahaan seperti departemen sales juga memiliki komponen insentif tidak tetap yang tinggi dalam  penghasilannya.

Selain karyawan tetap, wiraswastawan dan pekerja profesional mandiri seperti pengacara dan dokter juga memiliki penghasilan tidak tetap. Saat seseorang bergantung pada penghasilan tidak tetap, strategi menabung yang diterapkan akan berbeda dibandingkan dengan mereka yang memperoleh gaji tetap setiap bulan.

  1. Tetapkan Tujuan Dari Tabungan Itu

Dalam hidup menetapkan tujuan merupakan salah satu cara utama yang harus dilakukan setiap orang. Itu sama halnya jika kamu ingin menabung. Sebagai contoh, Kamu ingin membentuk tabungan dana darurat yang besarnya 9 kali biaya hidup sehari-hari. Jika biaya hidup rata-rata kamu adalah Rp 5 juta per bulan, maka jumlah uang yang perlu kamu kumpulkan adalah Rp 45 juta.

  1. Analisis Gaji Kamu

Tujuan analisis ini adalah untuk menghitung berapa rata-rata uang yang kamu peroleh setiap bulan. Ada dua macam cara yang dapat dilakukan untuk menghitung rata-rata tersebut, tergantung dari kondisi kamu.
Contoh Rincian Gaji

  1. Buatlah Strategi Menabung

Strategi adalah cara yang ampuh yang bisa kamu rencanakan untuk menjapai tujuan tabungan kamu. Sebagai contoh : biaya hidup Rp 5 juta per bulan, maka kamu dapat menabung Rp 2,5 juta per bulan untuk kondisi pertama (Rp 7,5 juta – Rp 5 juta). Untuk kondisi kedua, Kamu dapat menabung hingga Rp 3,5 juta per bulan (Rp 8,5 per – Rp 5 juta).

  1. Jalankan Startegi tersebut

Strategi tidak cukup direncanakan tapi juga harus dijalankan. Perhatikan diagram di bawah ini agar lebih jelas untuk contoh simulasi kondisi pekerjaan baru (di mana target penghasilan bersih adalah Rp 8,5 juta per bulan dan target menabung adalah Rp 3,5 juta per bulan):
Strategi Gaji
Yuk, mulai dari sekarang,terapkan prinsip hidup hemat agar pengeluaran kamu bisa dikeluarkan  sesuai dengan sasarannya.  Ada berbagai tips hidup hemat yang mudah kamu temui di internet. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fasilitas alat transaksi pembayaran seperti kartu kredit untuk mempermudah kamu membantu penghematan. Untuk kamu yang ingin mempunyai kartu kredit, HaloMoney bisa membantu kamu untuk membandingkan puluhan kartu kredit dan menemukan yang cocok untuk kamu.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 4 Langkah Memiliki Tabungan Puluhan Juta Meski Penghasilan Tidak Tetap - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892