Prosumer, Kamera Murah Namun Tak Murahan

Friday, April 19th 2013. | Review, Teknologi

Prosumer, Kamera Murah Namun Tak Murahan | Kebutuhan masyarakat akan kegiatan fotografi dizaman sekarang ini memang sudah sangat besar. Tak heran jika para produsen berlomba-lomba menyediakan kamera dengan berbagai model terbaru, dengan harga murah tentunya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kamera di zaman sekarang ini pun bisa dibilang sudah lumaian canggih. Sebagian besar sudah meninggalkan kamera klasik dengan bantuan film dan beralih kepada Kamera Digital. Alasannya jelas, karena pemotretan dengan menggunakan kamera digital dianggap lebih mudah dan kita bisa saja langsung melihat hasilnya. Jika foto yang dambil dianggap tak sesuai, kita bisa saja langsung menghapusnya dan mengambil kembali foto tersebut. Hal ini tak bisa dilakukan memakai kamera “klise” bukan?

Berbagai fitur dan keunggulan ditawarkan, sebanding dengan harga juga tentunya. Hal ini menuntut kita untuk lebih cermat dalam memilih kamera digital dan disesuaikan dengan kebutuhan dan hobby kita tersebut.

Jenis Kamera Digital

Setidaknya, ada tiga macam jenis kamera digital (yang saya tau), yakni Kamera Pocket (Compact), Kamera Prosumer, dan Kamera DSLR. Bagi kebanyakan orang lebih memilih jenis kamera Pocket dalam kegiatan dokumentasinya. Selain karena harganya yang lebih murah dari jenis lain, Kamera Pocket dianggap lebih simple dan mudah untuk digunakan karena memakai pengaturan yang serba otomatis.

Kamera prosumer, Prosumer, Kamera Murah Namun Tak Murahan, Kamera prosumer kamera murah kamera fujifilm
Dari Kiri ke Kanan: Pocket, Prosumer, DSLR

Namun bagi mereka yang memang ingin terjun lebih serius dala dunia Fotografi, kamera DSLR lah yang akan menjadi pilihan. Kemampuan kamera tipe ini yang bisa diutak atik secara manual dapat memuaskan selera dan gaya tersendiri dari seorang fotografer. Selain itu, lensa kamera DSLR bisa diganti sesuai dengan keadaan yang dibutuhan. Namun, boleh dibilang bahwa kamera jenis ini lumaian menguras isi kantong karena harganya yang terbilang mahal. Untuk kamu yang tak benar-benar berniat menjadi fotografer, kamera jenis ini tidaklah saya ekomendasikan. Selain karena harga yang cukup tinggi, pengaturan-pengaturan pada kamera tersebut juga rumit. Jika tak bisa mengaturnya, bukan tidak mungkin foto yang akan dihasilkan tidak leih baik dari foto yang dihasilkan kamera pocket.

Bagi kita yang mempunyai budget pas-pasan, namun pengen memiliki kamera profesional yang dapat mengambil foto secara bagus maka bisa saja memikirkan pilihan ketiga, yakni Kamera Prosumer. Harga kamera jenis ini juga tak semahal jenis DSLR, walau sedikit lebih tinggi dari kamera pocket. Biasanya kamera prosumer dijual dengan harga berkisar 1-3 jutaan.

Review Kamera Prosumer

Kamera digital prosumer memiliki bodi mirip kamera DSLR dan berlensa panjang namun tidak bisa dilepas-pasang layaknya lensa pada kamera DSLR. Hal ini yang menjadi salah satu kelebihan prosumer dibanding kamera lain, yaitu lensa zoom terpasang yang panjang. Malah boleh dikatakan lensa ultra zoom atau super zoom karena memiliki zoom optic 20x bahkan lebih. Jadi cukup dengan lensa terpasang yang ada sudah bisa menjangkau obyek baik dekat maupun jauh. Berbeda dengan kamera compact yang rata-rata memiliki zoom optik kecil atau DSLR yang harus menganti lensa dengan yang lebih panjang untuk menjangkau obyek yang jauh, kamera prosumer menjadi unggul dengan fitur ini.
Gb2, Prosumer, Kamera Murah Namun Tak Murahan, Kamera prosumer kamera murah kamera fujifilm
Untuk ukuran lingkaran lensa, prosumer cenderung lebih kecil dari pada DSLR dan lebih besar dari compact. Hal ini dikarenakan ukuran sensor yang digunakan prosumer lebih kecil dari DSLR dan lebih besar dari compact. Ini salah satu yang perbedaan mendasar diantara ketiga jenis kamera ini. Dan ini akan berkaitan dengan kemampuan kamera mengolah gambar. Semakin besar sensor, maka hasil olahan semakin baik.

Fitur Kamera Prosumer

Untuk fitur, kamera prosumer menyerupai DSLR. Setingan programnnya bisa diatur secara manual. Aperture/diafraghma, ISO dan Shutter Speed bisa diatur secara manual. Sehingga kreatifitas kita tidak di batasi oleh sistem yang otomatis. Di kamera compact, semua dijalankan secara otomatis. Dan yang lebih memikat, hampir semua prosumer memiliki kemampuan rekam video dan fasilitas Live View. Yang mana fasilitas ini belum semua DSLR memilikinya.
Gambar4, Prosumer, Kamera Murah Namun Tak Murahan, Kamera prosumer kamera murah kamera fujifilm
Dengan kemampuan dan tekhnologi yang ada, prosumer dianggap lebih praktis untuk fotografi sehari-hari. Dengan harga dan berat yang lebih ringan dari DSLR, membuat prosumer menjadi pilihan sementara orang. Untuk memotret macro, landscape, sport dan night shot pun masih memungkinkan dilakukan dengan baik, meskipun ada beberapa keterbatasan. Khusus untuk malam hari, beberapa type prosumer menambahkan fitur dudukan flash external yang berguna untuk dipasangkan flash dengan daya lebih besar.


Bagaimana, tertarik dengan Kamera Prosumer? Kamu bisa mencarinya di link Kamera Digital Lazada

Leave a Reply