Cara Hitung Premi Asuransi Mobil All Risk, TLO, dan Kombinasi
Atur Duit

Anda para pemilik kendaraan roda 4 yang belum diasuransikan pastinya penasaran tentang asuransi mobil itu sendiri, khususnya premi asuransi mobil yang wajib dibayarkan setiap periode tertentu. Sebelum membahas lebih detail soal cara menghitung premi asuransi mobil, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis asuransi mobil yang umumnya ditawarkan oleh tiap perusahaan asuransi mobil.

Secara umum, hanya ada 2 jenis asuransi mobil: All Risk dan TLO (Total Lost Only). Namun sekarang ini muncul 1 jenis asuransi mobil lain, yaitu asuransi mobil kombinasi yang mana ketiga jenis asuransi di atas memiliki metode penghitungan premi yang berbeda-beda. Selain jenis asuransi, ada beberapa faktor lain yang membedaka tarif premi asuransi yang diberlakukan, sebut saja faktor wilayah operasi kendaraan, harga jual, dan tahun kendaraan.

Premi Asuransi

Premi Asuransi TLO

Premi asuransi mobil TLO dapat dihitung dengan cara berikut: misal harga mobil Anda 200 juta. Karena Anda tidak mengambil risiko kehilangan atau kerusakan, Anda sengaja memilih jenis asuransi TLO. Sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh OJK, untuk mobil seharga 200 juta di Jakarta, premi asuransi yang ditetapkan antara 0,44 hingga 0,53 persen. Sedang dealer mobil menetapkan besaran premi sebanyak 0,49 persen. Jadi biaya premi asuransi yang harus Anda bayarkan yaitu 0,49 persen x 200 juta = Rp. 980.000.

Premi Asuransi All Risk

Besaran premi asuransi All Risk lebih tinggi bila dibandingkan dengan besaran premi asuransi TLO, namun manfaatnya jauh lebih besar. Besaran premi All Risk untuk sebuah mobil seharga 200 juta di Jakarta antara 2,47 hingga 2, 72 persen. Misalnya dealer mobil menetapkan besaran premi 2,5 persen, maka biaya premi yang harus dibayarkan: 2,5 persen x 200 juta = 5 juta per tahun.

Dari gambaran di atas terlihat sangat jelas bahwa kedua jenis asuransi menawarkan tarif premi asuransi yang jauh berbeda. Nah, soal perluasan pertanggungan, Anda boleh meminta layanan perluasan pertanggungan kepada perusahaan asuransi.

Hanya saja tidak gratis. Misalnya: Anda tinggal di Jakarta yang rawan dengan aksi demo. Anda ingin melindungi kendaraan Anda dari pengrusakan oleh massa yang sedang berdemo. Anda hanya perlu menambah biaya premi sebesar 0,05 persen untuk jenis asuransi mobil terbaik All Risk dan 0,35 persen untuk jenis asuransi TLO. Tarif ini adalah tarif minimum yang ditentukan oleh OJK.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Cara Hitung Premi Asuransi Mobil All Risk, TLO, dan Kombinasi - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892