Ciri-Ciri Penderita Diabetes Insipidus Beserta Gejalanya
Tentang Penyakit

Belum banyak orang yang mengetahui mengenai penyakit diabetes insipidus. Penyakit diabetes insipidus adalah penyakit yang cukup langka karena jarang ditemukan dan tentunya semua orang tidak ingin untuk menderita penyakit diabetes tersebut.

Penyakit diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan mual, pusing (simtoma), kondisi dimana tubuh tidak bisa dikendalikan mengendalikan diri untuk tidak buang air kecil (poliuria) dan rasa haus yang terjadi secara terus-menerus dan tidak dapat dihentikan meskipun anda sudah menghabiskan banyak air (polidipsia). Pada umumnya terdapat dua jenis diabetes insipidus dengan ciri-ciri penderita diabetes tersebut yang berbeda-beda.

  1. Penyakit Diabetes Insipidus Sentral

Diabetes insipidus sentral merupakan penyakit diabetes yang sering di jumpai. Pada dasarnya penyakit tersebut disebabkan oleh terjadinya gangguan pada saat hormon antidiuretik melakukan proses produksi yang disebabkan karena daerah sekitar hipotalamus mengalami gangguan.

Gangguan yang dialami oleh hipotalamus dapat disebabkan karena pertumbuhan tumor atau luka cidera pada hipotalamus tersebut atau dapat juga disebabkan oleh kelenjar hipofisis yang mengalami kerusakan atau gangguan pada pembuluh darah.Kondisi tersebut yang apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, akan mengakibatkan dan menjadi penyebab diabetes insipidus sentral.

  1. Penyakit Siabetes Insipidus Nefrogenesis

Diabetes insipidus nefrogenesis disebabkan adanya gangguan pada ginjal. Ginjal yang seharusnya berfungsi untuk memberikan reaksi pada hormon vasopresin justru tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal. Hormon vasopresin tetap diproduksi dengan normal, akan tetapi kondisi ginjal yang tidak baik membuat ginjal tidak dapat merespon dengan baik.

Oleh sebab itu cairan urine yang semestinya dapat dikontrol pengeluarannya menjadi tidak dapat terkontrol sehingga seseorang yang menderita penyakit diabetes insipidus nefrogenesis akan menjadi lebih sering buang air kecil.

Setelah memahami apa itu diabetes insipidus sentral dan diabetes insipidus nefrogenesis beserta ciri-ciripenderita diabetes masing-masing, maka gejala yang mungkin ditimbulkan dari penyakit diabetes insipidus antara lain penderita penyakit diabetes insipidus akan mengalami mual dan  muntah-muntah, mennjadi sering buang air kecil dan juga minum secara berlebihan.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Ciri-Ciri Penderita Diabetes Insipidus Beserta Gejalanya | arief16 | 4.5