Ini Cara Biar Calon Pembeli Tak Kabur : Buat Proses Pembayaran Sesederhana Mungkin!
Pemasaran Digital

Ketika Anda membuat website untuk online store, Anda mungkin telah memiliki bayangan tentang bentuk dari website tersebut. Anda mungkin sudah berpikir bahwa website akan menjadi website yang mampu mempromosikan bisnis Anda secara maksimal, dan Anda bertekad memanfaatkan setiap ujung website. Tapi ingat, dalam proses pembuatan toko online, Anda harus benar-benar memikirkan kemudahan para pengunjung dalam mengakses dan kemudian melakukan pembelian.

Ada banyak alasan kenapa membuat website dengan layout yang sederhana dan rapi, namun tetap informatif untuk membantu pengunjung menjadi bentuk online shop yang ideal, apalagi dengan sistem pembayaran yang sangat mudah diikuti. Ini karena orang-orang yang akan membeli dari website Anda akan menjadi malas membeli jika proses pembayaran terlalu rumit.

Oleh karena itulah, dalam proses pembuatan website toko online, Anda harus membuat proses pembayaran semakin streamlined, lebih sederhana dan mudah diikuti, dengan hal-hal berikut ini :

 

  • Tinggalkan Registrasi Untuk Nanti

 

Banyak calon pembeli akan langsung meninggalkan belanjaan ketika tanda “registrasi” muncul. Bahkan sekedar mendaftarkan email pun juga akan menghalangi mereka untuk membeli. Jadi sebaiknya tinggalkan registrasi untuk setelah pembelian, atau sekedar opsi untuk mempercepat proses.

 

  • Formulir Dan Layout Sederhana

 

Buatlah formulir untuk pembayaran sesederhana dan sejelas mungkin. Lebih baik lagi jika ada predictive entry sehingga user tak perlu mengetik terlalu banyak.

 

  • Ada Indikator Proses

 

Ini agar pembeli bisa melihat proses pembayaran secara langsung sehingga ada konfirmasi jelas kapan proses pembelian mulai atau selesai, dan bisa mengulang langkah ketika ada kesalahan.

 

  • Singkat Dan Cepat

 

Kalau Anda bisa mempercepat proses pembayaran dalam 2 halaman, kenapa harus membuatnya sampai 3-5 halaman? Semakin cepat user bisa membayar, semakin cepat Anda mendapatkan pembeli.

Selain itu, hal lain yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan toko online adalah opsi pembayaran yang banyak, baik dengan cash on delivery, transfer, kredit, e-money, dll. Semakin banyak pilihan, semakin mudah pula pengunjung bisa membeli dari Anda. Diskusikan ini dengan jasa pembuatan website yang Anda gunakan, lebih baik lagi jika mereka sudah berpengalaman dalam membuat sistem yang streamlined, seperti Partner Iklan.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Ini Cara Biar Calon Pembeli Tak Kabur : Buat Proses Pembayaran Sesederhana Mungkin! | arief16 | 4.5