Masih Muda Kok Bisa Kena Kolesterol Tinggi? Ini Jawabannya!
Tentang Penyakit

Beberapa dari anda mungkin berpikir bahwa umumnya penderita penyakit kolestrol tinggi diidap oleh orang-orang yang sudah berumur dan kemungkinannya sangat sedikit bagi orang-orang yang berada di usia yang muda untuk mengidap penyakit yang menjadi salah satu momok menakutkan di Indonesia.

Ya, memang betul, tetapi hal ini tidak serta-merta menutup kemungkinan akan adanya orang-orang yang lebih muda atau bahkan sangat muda yang mengidap penyakit kolestrol tinggi, kali ini artikel ini akan menjelaskan asal-muasal penyakit ini dan bagaimana penyakit ini merusak tubuh yang dijangkitinya.

Beberapa dari anda yang ternyata mempunyai kadar kolestrol tinggi mungkin sudah mengetahui bahwasannya kolestrol tinggi adalah penyakit yang bisa ditularkan dari orang tua kepada anaknya, kolestrol yang  ditransfer oleh orang tua ini disebabkan oleh faktor genetik. Faktor genetik ini lah yang menjadi faktor utama dalam terkenanya penyakit kolesterol tinggi, selain faktor pemilihan makanan dan juga gaya hidup yang tidak begitu baik.

Fakta inilah yang mungkin masih menjadi hal yang tidak familiar bagi beberapa orang di dunia. Adapun faktor lainnya yang menjadi sebab-musabab penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat ini biasanya meliputi pola makanan yang dikonsumsi dan jarangnya seseorang melakukan aktifitas fisik atau berolahraga secara rutin.

Sebenarnya, kolestrol di dalam tubuh mempunyai kegunaan-kegunaan yang penting bagi tubuh, kolestrol sebenarnya berfungsi sebagai salah satu bahan pembuat hormone dan sebagai zat yang bertugas untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tetapi segala sesuatu yang berlebihan memang selalu akan menjadi boomerang, ada kalanya penimbunan kolesterol yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat tadi akan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembekuan darah dan penyumabatan di pembuluh darah yang bisa menyebabkan rasa nyeri dibagian tertentu, kelumpuhan atau yang paling fatal adalah kematian.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kolestrol sebenarnya memang  terkandung didalam tubuh dalam keadaan normal. Keadaaan normal bagi tubuh yang mengadung kolestrol adalah di angka 160 mg sampai 200mg, sedangkan apabila  kadar kolesterol sudah mencapai angka lebih dari 200mg sudah bisa dikategorikan ada di level yang berbahaya, jadi ada baiknya apabila anda sering merasa  mengalami rasa pegal dan sakit di tengkuk, mudah lelah, dan mudah mengantuk untuk segera memeriksakan kadar kolestrol yang ada di tubuh anda ke klinik terdekat. Pengecekan kadar kolesterol secara rutin sangatlah dianjurkan demi mencegah datangnya penyakit tersebut.

Lalu bagaimana cara meminimalisir bahaya yang akan ditimbulkan dari kolestrol tinggi ini? Pola makan adalah kunci untuk meminimalisir kadar kolestrol yang tinggi di dalam darah. Seseorang yang mempunyai kegemaranan untuk memakan daging-dagingan merah, jeroan, santan kelapa, durian atau semua makanan yang digoreng dengan minyak kelapa akan mempunyai resiko lebih tinggi untuk memperburuk tingkat kepekatan darah yang diakibatkan oleh kadar kolestrol tinggi, hal ini dikarenakan makanan-makanan yang telah disebutkan tersebut mengandung tingkat lemak jenuh yang tinggi dan akan memicu tingkat kolestrol menjadi tinggi. Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi asupan makanan-makanan tersebut.

Adapun makan yang boleh dikonsumsi dan akan menjadi lawan yang baik bagi tingkat kolestrol tinggi yang ada di dalam tubuh adalah makanan makanan yang mempunyai zat lemak tak jenuh seperti Ikan dan sayur-sayuran yang tidak digoreng. Ikan dan sayuran merupakan makanan yang baik bagi penderita kolesterol tinggi karena lemak tak jenuhnya secara langsung akan mengurangi tingkat lemak jahat yang ada didalam tubuh. Dan tentunya hal lainnya yang anda bisa lakukan adalah berolahraga dan melakukan aktifitas fisik aktif secara rutin agar metabolisme tubuh anda tetap terjaga dan tubuh tetap ada didalam kondisi yang prima dan tidak mudah dijangkiti penyakit-penyakit.

Dengan beberapa faktor di atas, tentu saja bukannya tidak mungkin kaum pemuda dan pemudi bisa terkena penyakit kolesterol tinggi. Dengan mengikuti beberapa informasi di atas, Anda bisa mencegah datangnya penyakit kolesterol tinggi dengan mengurangi makanan-makanan berkadar lemak tinggi dan mulai lah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Masih Muda Kok Bisa Kena Kolesterol Tinggi? Ini Jawabannya! | arief16 | 4.5