4G Adalah Jaringan Mobile Dengan Koneksi Yang Jauh Lebih Stabil
Operator Teknologi

Pengembang teknologi komunikasi saat ini memang semakin pandai dalam terus melakukan riset dan inovasi-inovasi baru kepada teknologi jaringan mobile. Seperti yang kita tahu teknologi jaringan mobile mulai dari koneksi yang hanya bisa mengirim pesan teks, lalu bisa internetan dengan 2G koneksi GPRS, setelah itu berlanjut ke koneksi EDGE, 3G UMTS, 3.5G HSDPA, dan berikutnya adalah giliran 4G LTE atau singkatan dari fourth generation, Long Term Evolution.

Memiliki koneksi jaringan yang buruk tentu menjadi pengalaman menarik ketika anda menggunakan jaringan 3G ketika cuaca buruk ? memang beberapa operator bisa menanggulangi hal ini namun juga tidak sedikit diantaranya yang mendapati koneksi down ketika cuaca hujan badai bukan ? nah tampaknya dengan jaringan 4G kali ini anda akan merasakan bagaimana rasanya terkoneksi ke jaringan publik tanpa adanya kendala meskipun cuaca buruk.

Para pakar teknologi komunikasi pun beranggapan bahwa 4G ini bisa menjadi standar baru sebuah komunikasi jaringan mobile. Lebih baik operator menancapkan satu BTS dalam satu desa yang bisa menjangkau puluhan kilometer daripada menanam kabel fiber optic ke setiap sawah milik warga desa. Ini merupakan sebuah teknologi baru yang bisa dikembangkan ke aspek lain dalam kehidupan.

Jaringan 4G atau yang kita kenal dalam beberapa artikel  berbahasa inggris adalah fourt-generation technology. Teknologi ini mengacu pada standar baru dari sebuah koneksi jaringan mobile yang lebih cepat, lebih hemat, dan lebih stabil. Kenapa jaringan 4G LTE ini lebih stabil ? karena pada jaringan 4G lebar spektrum data lebih besar, sehingga kendala akan traffic data macet diyakini akan jarang sekali terjadi seperti pada jaringan 3G saat ini.

4G merupakan teknologi terbaru dimana sebuah IP komprehensif akan membawa data, multimedia, dan suara dengan cepat dari satu pengguna ke pengguna lainnya atau langsung ke Internet. Gampangnya adalah ketika kita melakukan video call dengan jaringan 4G maka akan mendapati gambar, suara yang jernih dan tentunya lebih halus. Sementara itu ketika kita memiliki aktivitas seperti upload video ke Internet akan lebih cepat.

Ada 2 kandidat disini yang sudah dikomersilkan selain jaringan 4G, yaitu jaringan WiMax. Jika kita lihat disini jaringan 4G merupakan kandidat kuat yang bisa bersaing dengan jaringan kabel seperti Fiber Optik. Kecepatan jaringan 4G diyakini tidak kalah dengan jaringan kabel Fiber Optik. Oleh karena itu beberapa pengamat mengatakan daripada mengcover seluruh sawah di pedesaan dengan kabel Fiber Optik lebih baik menancapkan satu BTS 4G yang bisa mencakup wilayah cukup luas.

Setiap handset 4G memiliki nomor IPv6 yang juga dilengkapi dengan kemampuan interaksi telepon via Internet atau VoIP. Meskipun demikian jaringan 4G di Indonesia masih perlu dipersiapkan secara matang baik secara infrastruktur dari jaringan operatornya juga secara tarif yang diberikan. Karena dengan kecepatannya yang luar biasa ini pengguna yang kalap dengan streaming video akan mendapati kuotanya jauh lebih cepat habis dibandingkan dengan jaringan 3G. Semua itu juga kembali pada penggunaannya sih.

Teknologi komunikasi mobile 4G ini memang sudah ada sejak tahun 2012 di Negara Inggris dan Amerika, dan saat ini baru mulai ramai diperbincangkan serta berjalan sistemnya di Indonesia. Kecepatan Internet paling stabil dan juga kemampuannya dalam mengirim data lebih cepat apalagi pengalaman melakukan video call yang lebih jernih, suara tersinkron dengan baik, dan juga tidak ada lag ya hehehe.

Pengembangan jaringan 4G ini memang yang sangat dinanti. Jika anda ingin mencoba taste dari koneksi jaringan 4G anda bisa menggunakan kartu Indosat Ooredoo. Ya, Ooredoo merupakan salah satu operator yang sudah siap memberi layanan koneksi jaringan mobile tercepat yaitu 4G. Dengan tarif promo yang bersahabat tentu tidak akan rugi untuk anda yang ingin mencoba rasanya berselancar di jaringan 4G, tentunya anda harus memiliki handset yang support jaringan 4G. Ooredoo merupakan salah satu operator di Indonesia yang siap menggelar jaringan 4G dan mensupport handheld 4G terbaru saat ini sehingga anda juga bisa ikut update serta merasakan enak, nyaman dan cepatnya menggunakan jaringan 4G LTE di Indonesia.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 4G Adalah Jaringan Mobile Dengan Koneksi Yang Jauh Lebih Stabil - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892