Film Korea Terbaru Mulai Menguasai Pasar Film Global
Seni Budaya

Bangsa Indonesia bisa mencontoh bangsa Korea yang dapat menguasai berbagai bidang industri secara global dalam waktu singkat. Setelah industri smartphone “Samsung” yang bisa sukses secara global, sekarang industri hiburan dan TV yang berhasil dikuasai oleh Negeri Ginseng itu lewat deretan film Korea terbaru yang mulai digemari oleh seluruh dunia.

Industri hiburan yang dimulai dengan kedatangan para anggota boyband dan boygirl dengan wajah yang sempurna dan tubuh berpostur tinggi dan langsing pasti bisa menghipnotis siapa saja untuk menjadi penggemar setia.

693_WinterSonata_Nowplay_Small_1[1]

Gambar: https://www.dramafever.com/st/img/nowplay/693_WinterSonata_Nowplay_Small_1.jpg

Pada awalnya, film dan drama Korea tidak terkenal dan populer. Hanya sedikit orang yang menyukai film dan K drama. Tetapi, semua berubah ketika drama Korea romantis berjudul “Winter Sonata” yang dibintangi oleh aktor ganteng, Bae Yong Joon dan aktris multi talenta, Choi Ji-woo pada tahun 2002, telah meraih sukses di seluruh dunia.

Alur cerita yang romantis dan menyayat hati membuat banyak orang terpesona dan menyukai kisah drama korea, “Winter Sonata”.

Keberhasilan film Korea romantis “Winter Sonata” bahkan telah menjelajah hingga ke seluruh kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, Amerika dan Eropa melalui situs berbagi video, Youtube.

Semenjak kehadiran Winter Sonata ini, mulai muncul beberapa film Korea terbaru yang berkualitas dan film Korea romantis dengan tema menarik dan unik.

Salah satu faktor yang membuat film dan drama Korea sukses secara global adalah konsep  sinopsis cerita unik dengan aktor dan aktris yang ganteng dan cantik, plus tema komedi yang menghibur dan membuat para penonton bisa tertawa bahagia untuk mengusir stres.

Industri film juga termasuk bidang yang dikuasai oleh Korea. Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Pasar Film Global 2012, Korea telah masuk dalam daftar penguasa pasar film global di posisi ketujuh. Sedangkan, di urutan teratas ada Amerika Serikat dan Kanada. Informasi menyebutkan kedua negara itu berhasil mendapatkan keuntungan sekitar Rp 10,8 miliar USD.

Di urutan kedua, pasar film dunia dikuasai oleh negara ‘Iron Curtain’ China. Film yang diproduksi oleh bangsa China juga termasuk laris dan banyak disukai. Mereka juga gencar memproduksi film-film dewasa secara online. Dalam setahun penghasilan yang diperoleh dari bisnis film negara China sebesar Rp 2,7 miliar USD.

Tidak ingin kalah dari old brother, negara Jepang juga bersemangat menghasilkan film-film berkualitas dengan tujuan ditonton oleh jutaan mata di seluruh dunia. Film dari Jepang kebanyakan kartun anak-anak tetapi ada juga yang bertema keluarga, remaja, dan dewasa.

Karena kerja keras dan perjuangan menghasilkan film-film berkualitas, Jepang meraih posisi ketiga dalam daftar penguasa dunia industri hiburan global. Dalam urutan ketiga ini, Jepang meraih penghasilan sejumlah Rp 2,4 miliar USD.

Dalam laporan yang sama, posisi keempat dalam daftar penguasa industri hiburan global adalah negara Inggris dan Perancis. Kedua negara ini mendapatkan penghasilan dari industri film sebesar Rp 1,7 miliar USD. Sedangkan, yang menduduki posisi kelima, pasti sudah banyak orang yang menebak, negara India yang terkenal dengan ‘Bollywood’ yang berhasil ada di urutan kelima.

Negara India yang populer dengan film-film Bollywood berhasil mengekspor film-film buatan mereka ke seluruh dunia dengan mendapatkan penghasilan rata-rata 1,4 miliar USD.

Berbeda sedikit dengan film-film Bollywood yang mendapat penghasilan 1,4 miliar USD, film-film dari Korea mendapatkan penghasilan sebesar 1,3 miliar USD di pasar industri hiburan dan TV.

Gambar: https://www.dramafever.com/st/news/images/e282b75d-4836-4756-939e-d63bf3d96574.jpg

Gambar: https://www.dramafever.com/st/news/images/e282b75d-4836-4756-939e-d63bf3d96574.jpg

Namun seiring dengan berjalannya waktu, di tahun 2016 ini serial drama korea sudah berhasil menguasai pangsa pasar yang lebih luas lagi. Apalagi salah satu drama korea terbaru 2016 berjudul “Descendants Of The Sun” sudah berhasil membuat dunia kembali tersihir dengan kualitas film Korea saat ini.

Go… go… Korean drama!

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Film Korea Terbaru Mulai Menguasai Pasar Film Global - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892