Persiapan Diri Menjadi Mahasiswa
Sukses Berkarir

Mahasiswa, tidaklah bisa lagi dianggap sebagai anak kemaren sore. Disebut-sebut sebagai agent of change dan punggung pemerintahan masa depan bukanlah gelar yang berlebihan disematkan kepada mahasiswa. Bagaimanapun, sejarah mencatat peranan mahasiswa yang begitu besar dalam perjalanan Negara Repulik Indonesia tercinta.

Menjadi Mahasiswa dapat dikatakan gampang-gampang susah. Gampang, karena sebagian orang mengatakan kampus itu lebih mengasyikan daripada dunia sekolah yang lebih ketat akan peraturan, ada juga yang mengatakan susah, karena dunia kampus itu berbeda, lebih menantang daripada dunia sekolah.

Bebeapa waktu lalu gua udah menggambarkan permasalahan-permasalahan umum yang dihadapi seorang mahasiswa supaya setidaknya calon mahasiswa tidak kaget.

Ada baiknya sekarang Anda yang akan menjadi mahasiswa, menyiapkan beberapa poin penting, agar Anda sudah mempunyai bekal yang cukup dalam mengahadapi dunia kuliah, sekaligus untuk memudahkan Anda menjalani kegiatan perkuliahan.

beberapa poin penting yang mesti disiapin antara lain . . . .

1. Kenali
Kenali yang pertama kali adalah, kenali kampus kamu, ada berapa ruangannya dimana WCnya, dimana ruangan dosen, dimana warung makan, ruang akademik, dimana ruang dekan (kalau disekolah tingkatannya sama dengan kepala sekolah). Selanjutnya kenali kawan-kawan se program studi kamu mulai dari kawan-kawan seangkatan sampai kakak tingkat. ini penting buatmu untuk mempermudah mendapatkan informasi seputar perkuliahan dan minjem buku kaka tingkat. Kenali juga mahasiswa program studi lain yang ada di fakultasmu, ini penting buat nambah wawasan dibidang ilmu lain.

2. Percaya Diri
Ini penting sebagai bekal buat mahasiswa, tapi jangan berlebihan nanti kamu dianggap sok. yang wajar aja tunjukin kamu punya potensi kepercayaan diri. Kita akan terlihat apabila kita mampu memperlihatkan potensi dan kreativitas yang dimiliki. Kamu juga harus menjaga penampilan walaupun pakaian nggak mahalan misalnya tapi nggak urakan itu juga menjadi penambal rasa percaya diri.

3. Konsisten
Konsisten yang dimaksud adalah kamu tidak sekalipun meninggalkan pertemuan dalam perkuliahan. jangan pernah bolos kecuali memang sangat penting dan harus meminta izin terlebih dahulu sama dosen mata kuliah yang diambil dan usahakan datang tepat waktu. Kalau bisa datang sebelum jadwal yang ditentukan. Misalnya ada mata kuliah Bahasa Inggris pada jam 10.00 pagi, kamu datang kekampusnya jam 09.45 an.

4. Target
Sebelum kamu mengikuti keprogram studi yang kamu sudah pilih tentukanla berapa target misalnya dalam setiap semester IP (Indeks Prestasi) yang kamu miliki mencapai 3,00. Target selanjutnya tentukanlah kamu lulusnya berapa tahun, misalnya kamu punya target 3,5 tahun sudah lulus. Tujuannya agar kamu punya arah yang jelas.

5. Supel
Kamu harus bisa bergaul dengan siapa aja. Seperti point pertama, kamu bisa kenal dosen dan mahasiswa sampai dengan abang parkir. Misalnya kamu anak kost ya tentunya kamu harus kenal dengan semua teman sekost dan warga yang ada disekitar kos kamu.

6. Peka
Didunia kampus informasi bertebaran begitu saja, tetapi kita tidak akan langsung diberitahu melalui pengumuman lewat pengeras suara. Kamu harus peka terhadap semua informasi yang tersedia. Gunakanlah semua inderamu dengan sebaik-baiknya karena boleh jadi informasi penting kamu dapatkan dari hasil kamu nguping. Sering seringlah berkunjung ke tempat-tempat mading karena biasanya disanalah tempat info update terakurat.

Itu aja dulu tips singkat dari kita. Kalo kamu kurang puas bisa ditanyakan lewat komentar atau tanyakanlah kepada kakak tingkatmu.
Wasallam

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Persiapan Diri Menjadi Mahasiswa | arief16 | 4.5