Permasalahan Mahasiswa
Sukses Berkarir

Huft, setelah beberapa hari belakangan berlelah-lelah dengan urusan birokrasi kampus yang membingungkan, akhirnya malam ini gua bisa jengug blog tercinta ini.

Malam ini gua hanya mau berbagi aja tentang derita hidup seorang mahasiswa berlabel anak kos seperti diriku ini. Ingat lo ya, ini hanya sekedar pengalaman pribadi, jadi bisa aje kamu semua kagak bernasib sama dengan gua, tapi kebanyakan mahsiswa sih mengalaminya (Menurut Observasi)

Buat kamu semua yang pengen atau setidaknya akan memasuki dunia kuliah, ada baiknya membaca tulisan ini. Setidaknya ini bisa memberikan gambaran-gambaran umum kejamnya dunia perkuliahan yang terjadi dinegeriku Indonesia. Seperti kata orang tua bilang “Sedia Payung Sebelum Hujan”.

Berikut adalah beberapa gambaran masalah umum ketika menjadi seorang mahasiswa yang gua ingat.

1.    Dosen
Boleh dibilang dosen adalah orang paling penting selama kita berkuliah. Ada yang mengatakan bahwa nasib seorang mahasiswa ada ditangan Dosen. Sebenarnya kita hanya perlu tanda tangan dari beliau walau istilahnya kita sedang berkonsultasi. Masalahnya, biasanya semua dosen itu super sibuk, ini menyebabkan sulitnya kita untuk menemui beliau. Akhirnya jadwal yang sudah disusun rapi menjadi berantakan karena harus mengalah dengan urusan bertemu dosen.

2.    Jadwal Kuliah
Entah ini terjadi dikampus lain atau tidak, tapi dikampus tempatku berkuliah nyatanya ini menjadi masalah. Jadwal dosen yang juga padat biasanya bisa mengalahkan jadwal kuliah yang sudah disusun oleh bagian administrasi kampus. Anehnya, walau disusun oleh orang yang cukup berkuasa, nyatanya mereka tidak bisa menindak dosen “nakal” yang sesuka hati mengubah-ngubah jadwal kuliah.

3.    Birokrasi kampus
Birokrasi kampus adalah urusan-urusan administrasi yang berada didalam lingkungan kampus misalnya tentang nilai, surat-menyurat, bayar-membayar, dan beasiswa. Masing-masing mahasiswa biasanya memiliki cara yang berbeda-beda untuk mensiasati hebatnya birokrasi kampus. Ada yang cukup berdiam diri, tetapi banyak juga yang harus bekerja keras. hasil yang didapatkan disini juga berbeda-beda, tergantung keefektifan cara yang mereka gunakan.

4.    Kakak tingkat (Kating)
Gua sendiri sebenarnya tidak mempunyai masalah dengan kakak tingkat. Tetapi banyak teman-teman yang merasa jengkel dan tidak menyukai kelakuan kakak tingkat. Ini dikarenakan biasanya kating memiliki ego tersendiri dan merasa puas jika berhasil mengerjai angkatan dibawahnya.

mahasiswa, keren, berprestasi
kating gua neh

5.    Teman Seangkatan
Bukan hanya dengan kakak tingkat, nyatanya dengan teman seangkatan pun biasanya kita memiliki sedikit masalah. Setelah berkuliah, kita akan bertemu dengan teman-teman yang berasal dari berbagai latar belakang yang lebih beragam dari pada saat di Sekolah, mulai dari agama, suku, sosial, budaya, bahkan dari negara yang berbeda. Jadi intinya kita harus pintar-pintar beradaptasi agar tidak mengalami gesekan perbedaan yang terlalu keras.

6.    Ekonomi
Kebanyakan mahasiswa biasanya sudah harus berpisah dengan orang tua. Jadi kita harus mengelola sendiri apapun yang kita miliki, termasuk duit. Nyatanya, mengelola duit itu luar biasa sulit

7.    Pekerjaan Rumah Tangga
Jika kita ngekos, otomatis beberapa pekerjaan rumah tangga menjadi wajib dikerjakan misalnya masak, nimba air, dll. Gua sendiri merasa malas untuk mengerjakannya, tapi apa boleh buat jika kagak dikerjaken makan kelangsungan hidup anak kos akan terganggu.

Sementara itu dulu masalah-masalah yang gua inget, kalo ada masalah lain, insya Allah nanti gua share.

Supaya sukses menghadapi semuanya, saran gua sih cuman satu. ikuti dengan benar-benar Ospek yang diadaken kampusmu. disana kamu akan dilatih berbagai hal, dan biasanya dibiasakan untuk menghadapi tekanan dan merangsang kreativitas untuk menghadapinya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Permasalahan Mahasiswa - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892