Pesona Banjar Festival, Festival Pasar Terapung Yang Dimeriahkan 1000 Perahu
Destinasi

Banjar, Kalsel – Pesona Banjar Festival merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan dari tahun 2015. Acara yang juga biasa disebut festival pasar terapung ini termasuk dalam agenda acara festival nasional. (foto: Instagram @ryanabdillah)

Di tahun ini, Pesona Banjar Festival terlaksana pada 26 November 2016 di dermaga bawah jembatan pasar terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar dan diikuti oleh 1000 jukung (perahu). Mereka saling bersaing menjadi yang terbaik dalam lomba jukung hias dan balap jukung.

Selain diisi oleh ribuan perahu, acara tersebut juga mengundang pemadihin lokal untuk menghibur para pengunjung yang menyaksikan. Ada juga penampilan nasyid dan yang lainnya.

Pasar terapung yang berada di “lokbaintan” ini bisa ditempuh melalui jalur darat atau air menggunakan kelotok atau kapal kecil yang berada di sungai/dermaga dibanjarmasin.

Dikutip dari akun Instagram @banjarinfo, pasar terapung sendiri adalah sebutan untuk sarana jual beli yang terletak di atas perairan, misalnya sungai. Para penjual dan pembeli masing-masing berada di atas perahu-perahu.

Kearifan lokal bahkan menjadi tradisi hingga saat ini yang tidak pernah ditinggalkan oleh warga lokal Banjarmasin, bahkan menjadi salah satu tempat wisata dan tujuan para pendatang dikota banjarmasin. Semoga tradisi pasar terapung tidak pernah hilang oleh zaman, meski pasar-pasar modern dan mall bermunculan.

Ke kota Banjarmasin, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi “Pasar Terapung“.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Pesona Banjar Festival, Festival Pasar Terapung Yang Dimeriahkan 1000 Perahu | arief16 | 4.5