Berkenalan Dengan Ghost Writer dan Content Writer
Belajar Menulis, Pemasaran Digital

Berkenalan Dengan Ghost Writer dan Content Writer-Pernahkah anda mendengar istilah ghost writer atau content writer ?

Pernahkah anda berpikir bagaimana seorang mega bintang yang superduper sibuk bisa menyisihkan waktunya untuk membuat biografi tentang dirinya?

Dari namanya mungkin anda bisa menebak-nebak apa itu content writer. Dia adalah seorang pekerja yang bekerja menulis konten blog/website berdasarkan keyword ataupun niche dengan harga yang telah disepakati oleh penulis dan pemesan.

Lalu ghost writer?
Meski namanya sedikit menyeramkan, tetapi pekerjaan ini tak seseram yang anda bayangkan. Sama seperti halnya content writer, ghost writer juga bekerja menuliskan hal-hal yang telah disepakati oleh penulis dan pemesan tulisan. Bedanya, ghost writer bukan hanya menulis konten sebuah website/blog, tetapi ia juga bisa menulis berbagai buku dan biografi.

Meski terlihat simpel, content writer dan ghost writer memiliki aturan-aturan tertentu dalam melaksanakan tugasnya. Aturan-aturan tersebut antara lain:

1. Pemesan adalah raja.
Sama halnya seperti pedagang, ghost writer ataupun content writer menganggap pemakai jasanya adalah raja. Mereka akan melayani permintaan yang aneh-aneh dan menyebalkan. Tentunya dengan harga yang sesuai.

2. Tidak menyebut-nyebut namanya untuk sebuah tulisan
Maksudnya, ketika tulisan dan transaksi sudah selesai seorang ghost writer atau content writer akan menyerahkan seluruh hak cipta kepada pengguna jasanya. Dia tidak akan mengungkit-ngungkit hasil tulisannya lagi ketika tulisan sudah diserahkan pada pemesan.

Di era ini, ghost writer maupun content writer menjadi sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Simbiosis mutualisme antara penulis dan pemesan tulisan bisa jadi menjadi penyebab fenomena ini. Para pemesan tulisan yang tidak memiliki waktu untuk menulis tentunya akan merasa sangat terbantu dengan adanya para penulis lepas ini, bahkan mereka berani membayar mahal untuk mendapatkan sebuah tulisan yang tentunya akan menghasilkan duit yang jauh lebih besar. Keberanian membayar tinggi ini juga sangat menguntungkan bagi kelangsungan hidup seorang ghost writer dan conten writer.

Bagaimana? Anda mau menjadi ghost writer dan content writer?

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Berkenalan Dengan Ghost Writer dan Content Writer | arief16 | 4.5