Tips Memilih Desain Rumah Minimalis
Dekorasi

Desain Rumah Minimalis – Kadang muncul kerancuan pada sebagian orang tentang definisi rumah minimalis. Ada yang berpendapat rumah minimalis adalah rumah yang identik dengan ruangan sempit dan sederhana yang didesain ala kadarnya. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar sebab arti minimalis sendiri sebenarnya adalah model rumah yang didesain simpel, tegas, tidak banyak ornament dan fungsional, terlepas berapapun luas rumah tersebut.

Hanya saja dibutuhkan tips memilih desain rumah minimalis  secara tepat sebab model rumah seperti ini cenderung memprioritaskan fungsi daripada dekorasi. Artinya ruangan yang dibuat pada rumah minimalis semua digunakan menurut fungsinya masing-masing, jadi tidak ada istilah ruangan yang mubazir alias tidak terpakai.

Bangunan rumah minimalis kian menjadi trend terutama di wilayah perkotaan. Keberadaannya cukup memiliki daya saing terhadap rumah yang levelnya lebih tinggi semacam rumah mewah atau rumah konvensional. Meskipun dengan konsep sederhana, tipe rumah minimalis sanggup menginspirasi para desainer dan arsitek untuk membuat rancangan rumah idaman di area yang tidak begitu luas.

Boleh dibilang rumah minimalis adalah jenis rumah standar dengan optimalisasi ruangan, agar setiap jengkal luas bangunan bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Dengan alasan itulah mengapa rumah minimalis lebih ditekankan pada fungsi dibanding dekorasi, meskipun sebenarnya unsur dekoratif sendiri termasuk kriteria yang penting dan tidak seharusnya diabaikan.

Solusi Hunian Masyarakat Menengah Kebawah

Titik awal kepopuleran gaya rumah minimalis sehingga semakin diminati masyarakat bermula dari selera masyarakat itu sendiri, atau lebih tepatnya masyarakat dengan level ekonomi menengah kebawah. Tak bisa dipungkiri bahwa golongan masyarakat menengah kebawah yang terbatas secara finansial umumnya lebih memilih rumah sederhana yang harganya terjangkau, dan sejauh ini rumah minimalis sanggup memberi solusi terhadap kebutuhan masyarakat menengah kebawah tersebut. Mereka yang lebih memprioritaskan tipe rumah yang simpel, praktis dan fungsional akhirnya cenderung cocok dengan desain rumah minimalis karena lebih sesuai dengan kriteria rumah idaman mereka.

Contoh Desain Rumah Minimalis

Seperti yang telah diuraikan diatas, model rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi dan kesederhanaan mencakup desain arsitektur serta efisiensi setiap meter persegi dari lahan yang tersedia. Desain arsitektur rumah minimalis sendiri lebih mengacu pada pemanfaatan luas ruangan untuk menciptakan tatanan interior dan eksterior rumah yang seimbang. Keseimbangan ini efeknya tentu menciptakan suasana kondusif, nyaman, dan damai didalam rumah meskipun desainnya sendiri terbilang sederhana.

Tipe rumah minimalis secara umum dibagi menjadi beberapa tipe dengan variasi ukuran dan model yang berbeda-beda, mulai dari rumah minimalis type 21, type 36, type 45, dan seterusnya. Semakin tinggi tipe rumah minimalis tersebut, bisa dipastikan ukurannya juga semakin luas diikuti harga yang lebih mahal.

Terlepas berapapun ukuran luasnya, secara garis besar rumah minimalis memiliki ciri khas yang sama yaitu dominasi garis-garis tegas membentuk sudut baik secara vertikal ataupun horizontal. Ciri-ciri ini umumnya tidak hanya terdapat pada bagian eksterior namun juga interior rumah, jadi meskipun desainnya simpel namun terlihat lebih elegan dan enak dilihat. Rumah minimalis juga sangat minim ornamen, tak ada pahatan atau ukir-ukiran yang mencolok pada bagian rumah atau perabot yang diaplikasikan didalamnya.

Tips memilih desain rumah minimalis sebenarnya tidak harus dititikberatkan pada masalah pemanfaatan ruangan saja, namun desain ekterior dan penataan interior juga wajib diperhatikan. Keterbatasan luas ruang bisa disiasati dengan meminimalkan penggunaan perabot ukuran besar untuk kemudian diganti dengan jenis furnitur yang sesuai dengan luas ruang tersebut.

Untuk lebih mempertegas konsep minimalis yang diterapkan, perlu adanya kesesuaian antara warna furnitur serta tema ruangan. Artinya pilihan warna furnitur atau perabot seperti sofa, meja, kursi, meja makan, dan perabot baku lainnya harus mampu bersinergi dengan warna tema ruangan sehingga terlihat lebih matching.

Desain rumah minimalis terkesan jauh lebih sempurna jika ada sentuhan yang tepat terutama pengaplikasian pernak-pernik untuk seluruh ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur.

Jika harus ditempatkan beberapa hiasan seperti lukisan, foto, atau wall art lain sebaiknya dibatasi jumlahnya. Intinya aspek dekorasi tidak perlu berlebihan, jika hiasan pada ruangan sudah mampu menciptakan keindahan maka tidak perlu diaplikasikan secara berlebihan.

Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis

Sepertinya tidak mudah mengubah ruang tamu rumah minimalis yang luasnya terbatas menjadi ruangan nyaman dan terlihat lebih luas. Meskipun sangat mungkin untuk melakukan hal tersebut, namun bagi yang masih ‘buta’ dengan desain interior realisasinya tetap saja sulit.
Ruang Tamu Minimalis
Dengan kata lain meski banyak tips memilih desain rumah minimalis untuk ruang tamu, tetap dibutuhkan ide-ide inspiratif sebab seperti yang diuraikan diatas tiap tipe rumah minimalis memliki perbedaan ukuran yang signifikan, dan ini akan berpengaruh pada desain ruang tamu didalamnya.

Bisa dibilang tatanan ruang tamu minimalis sedikit banyak mewakili karakter pemilik rumah. Jadi selain menurut selera, desain ruang tamu harus dibuat serapi mungkin agar muncul kesan bahwa pemilik rumah menyukai hal-hal yang rapi dan bersih.

Menata ruang tamu minimalis sejatinya tidak sulit dilakukan sepanjang kita bisa menyeimbangkan pemilihan perabot dengan luas ruang tamu. Tak hanya itu, kita juga harus jeli dalam permainan warna. Jadi kesimpulannya pilihan dan tatanan furnitur dikombinasikan warna yang tepat akan menciptakan ruang tamu dengan desain seimbang sehingga tetap nyaman meski ruangan tersebut tergolong sempit. Berikut ini beberapa tips menata ruang tamu minimalis yang perlu diperhatikan.

Keseimbangan Warna

Khusus ruang tamu yang agak sempit komposisi warna cat dinding, warna furnitur dan aksesoris harus seimbang. Artinya, jika harus mengaplikasikan beberapa warna dalam satu ruang sekaligus, sebaiknya dibagi dalam prosentase yang sama.

Keseimbangan Warna Ruang Tamu Rumah Minimalis

Khusus untuk warna cat dinding sebaiknya kita gunakan warna tunggal, perlu kita tahu warna dinding yang terlalu ramai bisa meninggalkan kesan berantakan. Cukup kita padupadankan warna dinding dengan warna furnitur supaya tercipta keselarasan warna sehingga ruangan terlihat lebih lega, rapi dan nyaman.

Furnitur Sederhana

Perabot wajib semacam meja, kursi, sofa, dan furnitur tambahan pada ruang tamu sebaiknya kita pilih ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tidak banyak makan tempat.

Selain disesuaikan dengan ukuran ruang tamu, pilih desain perabot yang simpel, tidak banyak ornamen namun terlihat tegas. Intinya fungsi harus diutamakan, untuk dekorasi bisa nomor dua.

Furnitur Rumah Minimalis

Kita tidak perlu menumpuk banyak furnitur di ruang tamu meskipun kita mampu membelinya. Ingat, kita sedang menerapkan konsep minimalis jadi furnitur yang bentuknya simetris sudah cukup untuk mempercantik sekaligus mempertegas kesan minimalis pada ruang tamu.

Bahkan bila perlu kita cukup mengaplikasikan furnitur mungil, contohnya kursi dari bahan rotan yang ramping atau sofa kecil dipadukan dengan meja kaca transparan. Perabot dan furnitur mungil lebih membantu kita mendapatkan space sehingga ruang tamu terlihat lebih luas.

Furnitur yang Aman

Tips memilih desain rumah minimalis yang terakhir adalah pemilihan perabot dan aksesoris. Perabot yang kita aplikasikan di ruang tamu sedikit banyak juga berpengaruh terhadap aktivitas anak-anak, terutama dalam hal keamanan.

Jadi sekali lagi kita harus memilih perabot dan furnitur yang simpel agar aktivitas anak tidak terganggu. Anak-anak adalah figur yang aktif jadi sebaiknya kita hindari menempatkan buffet, lemari, atau rak buku ukuran besar agar tidak membahayakan keselamatan anak-anak kita.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Tips Memilih Desain Rumah Minimalis - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892