Cara Alami Mencegah dan Mengobati Diare
Tentang Penyakit

Diare merupakan penyakit yang biasa dijumpai oleh masyarakat beriklim tropis di negara berkembang, seperti Indonesia. Meski kadang diremehkan, diare bisa menjadi berbahaya jika tidak ditangani secara serius.Oleh karenanya cara pengobatan dan pencegahan penyakit diare ini wajib untuk diketahui

Diare biasanya hanya berlangsung dalam beberapa hari, namun dalam beberapa kasus ada penderita yang mengalami diare hingga berminggu-minggu bahkan sampai mengalami kematian.

Di tahun 2007,  Departemen Kesehatan Republik Indonesia melakukan riset yang menghasilkan data bahwa diare menjadi rangking ke-13 sebagai penyebab kematian di semua umur dengan proporsi sebesar 3,5 persen. Diare juga menjadi yang ke-3 penyebab kematian setelah Pneumonia dan TBC dalam kategori penyakit menular. Adapun golongan usia yang paling banyak mengalami diare adalah balita dengan prevalensi sebesar 16,7 persen.

Diare sendiri ialah suatu penyakit yang ditandai dengan pengenceran tinja pada saat buang air besar dan biasanya disertai rasa sakit di bagian perut. Selain itu, intensitas buang air besar berlebih serta dehidrasi akibat banyaknya cairan tubuh yang keluar juga menjadi bagian dalam penyakit tersebut.

Pada kasus diare yang pada level parah, penderitanya juga akan mengalami demam.  Diare bisa berdampak sangat berbahaya jika penderita mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) akibat kehilangan banyak cairan di dalam tubuh. Maka dari itu jangan menganggap enteng diare meski kondisi ini umum terjadi.

Cara Mencegah Diare

Biasanya diare terjadi karena penderita mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri berbahaya. Maka dari itu, kebersihan adalah merupakan hal yang paling utama dalam upaya pengobatan maupun pencegahan penyakit diare.

Dikutip dari alodokter, berikut ini adalah beberapa cara pencegahan penyakit diare yang bisa anda lakukan dalam berkegiatan sehari-hari:

  • Jangan lupa mencuci tangan setiap kali hendak makan.
  • Tidak memakan makanan yang kebersihannya diragukan
  • Tidak minum air keran.
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang.
  • Utamakan bahan makanan yang segar.
  • Menyimpan makanan di kulkas
  • tidak membiarkan makanan tertinggal di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan.

Namun jika sudah ada yang terkena diare, terutama di tempat anda tinggal, maka anda bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai upaya pencegahan,

  • Hindari penggunaan handuk atau peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.
  • Membersihkan toilet dengan disinfektan tiap setelah buang air besar.
  • Tetap berada di rumah setidaknya 48 jam setelah periode diare yang terakhir.
  • Mencuci tangan setelah menggunakan toilet atau sebelum makan dan sebelum menyiapkan makanan.

Cara mengobati diare

Sebagian besar penderita diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya meski tanpa melakukan pengobatan apapun. Bagi orang dewasa, 2-4 hari adalah masa pemulihan dari penyakit diare ini dan pada anak-anak biasanya berlangsung hingga 5-7 hari. Namun jika penderita mengalami demam yang cukup tinggi atau diare yang sudah melewati batas normal, segera bawa ke dokter terdekat.

Meski demikian, dianjurkan untuk memberikan banyak cairan kepada penderita agar ia tidak mengalami dehidrasi. Minuman yang baik untuk menambah cairan dalam tubuh ialah larutan dari campuran gula dan garam.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Cara Alami Mencegah dan Mengobati Diare - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892