Cara Memilih Model Rumah Minimalis
Dekorasi

Model Rumah MinimalisSelain melihat dari tipe dan ukurannya, memilih model rumah Minimalis bisa kita lakukan dengan mencermati setiap detail desain arsitekturnya. Jika diamati lebih spesifik setiap jenis rumah terutama model rumah minimalis memiliki ciri-ciri khusus terkait desain arsitektur yang diterapkan. Satu contoh paling sederhana, desain arsitektur rumah minimalis berbeda dengan arsitektur rumah mewah.

Jadi setiap tipe rumah pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri terutama karena desain arsitekturnya berbeda-beda, sehingga mempengaruhi model rumah itu sendiri. Jadi sangat beralasan jika rumah minimalis, kontemporer, klasik, dan jenis rumah lainnya membutuhkan desain yang sempurna sehingga terwujud satu rumah sesuai desain yang diinginkan.

Pada saat model rumah minimalis telah ditentukan untuk desain arsitektur rumah, maka sedikit banyak kita akan dibuat pusing oleh minimnya lahan, sehingga otomatis berpengaruh pada luas ruangan dalam rumah. Meski gaya minimalis sendiri sifatnya tidak mengikat atau dengan kata lain tidak harus berpatokan pada area yang terbatas.

Jadi jika harus dilakukan perbandingan, akan jauh lebih sulit menerapkan konsep minimalis dibanding konsep rumah konvensional pada rumah mewah yang rata-rata memiliki area lebih luas, meski untuk estimasi waktu pengerjaan rumah minimalis relatif lebih cepat.

Gambar Teknis Rumah Minimalis

Sering kita berspekulasi bahwa dengan hanya bermodal denah rumah atau penampakan tampilan bagian depan rumah, sudah cukup untuk membuat satu desain arsitektur rumah dengan tepat. Padahal secara logika dalam pembangunan sebuah rumah sangat dibutuhkan gambar teknis lengkap untuk membangun rumah dengan tahapan-tahapan yang benar. Ketentuan ini tidak hanya berlaku untuk rumah mewah saja tapi mencakup semua model rumah termasuk model rumah minimalis.

http://aguscwid.com

Gambar teknis yang lengkap sangat dibutuhkan untuk mengetahui ukuran-ukuran bangunan dari segala sisi baik vertikal ataupun horizontal. Ukuran-ukuran yang dimaksud meliputi ketinggian bangunan, ketinggian lantai, ukuran floor to floor, floor to ceiling, dan lain sebagainya. Hal inilah yang sering kita abaikan sehingga kita seringkali salah ketika harus menentukan cara memilih model rumah minimalis.

Selain beberapa fungsi tersebut diatas, gambar teknis lengkap diperlukan untuk mengetahui ukuran sloof (kolom), model ukuran kusen (kusen pintu dan jendela), system handle, bahkan mungkin rel sliding. Secara keseluruhan gambar teknis lengkap juga sangat bepengaruh terhadap kualitas sistem sanitasi, pemipaan, desain lampu, serta kebutuhan ornamen yang nantinya menjadi nilai estetika bangunan yang lebih proporsional dan elegan.

Tak jarang ketika membuat desain arsitektur sebuah rumah, orang lebih banyak meniru desain karya desainer yang belum tentu cocok jika diterapkan pada rumah yang dikerjakan. Hasilnya tentu mudah ditebak, kualitas rumah baik dari sisi desain dan konstruksi jauh lebih buruk dari yang diinginkan sehingga tak ada nilai estetikanya sama sekali.

Kita dapat menyimpulkan bahwa gambar teknis lengkap atau guide book sangat berguna untuk desain arsitektur mencakup interior dan eksterior sebuah rumah. Jika kita hanya berpegang pada gambar rumah yang hanya nampak dari depan saja atau dari samping saja sepertinya kurang akurat dan kurang efektif untuk merealisasikan sebuah desain arsitektur yang sempurna. Dengan kata lain tahap pengerjaan rumah, penentuan ukuran ruangan, dekorasi interior dan eksterior, sekaligus tahap akhir atau finishing jauh lebih mudah menggunakan gambar teknisi lengkap.

Ditinjau dari sudut manapun baik bentuk dan ukurannya, rumah minimalis merupakan aset investasi yang tergolong mahal. Jadi meski kita melakukan penghematan biaya, jika gambar teknis sangat membantu kita menentukan desain arsitektur untuk rumah minimalis yang ideal, maka tidak ada salahnya jika kita menggunakan jasa ahli arsitek untuk membuat gambar teknis secara lengkap. Dengan demikian akan terwujud desain rumah sempurna sesuai kriteria rumah yang kita idamkan.

Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Dari sisi fungsi memiliki rumah minimalis memang lebih efisien terutama dalam masalah perawatan sebab bangunan minimalis umumnya tidak begitu luas. Tapi kadang kita juga merasa cemas ketika waktunya merenovasi rumah tapi budget yang tersedia sangat terbatas. Yang kadang memunculkan polemik adalah banyak pertimbangan yang harus kita lakukan terkait biaya renovasi rumah, terlebih jika bagian yang perlu direnovasi mencapai lebih dari 50 persen.

Untuk itu meskipun hanya untuk renovasi rumah minimalis, namun biaya yang dikeluarkan mencakup biaya tenaga kerja dan pengadaan bahan material harus kita kalkulasi secara cermat agar nantinya ketika memasuki tahap pengerjaan tidak ada penggelembungan dana. Intinya kita harus membiasakan diri supaya lebih teliti bagian-bagian mana dari rumah yang perlu direnovasi dan butuh penanganan cepat.

Yang harus kita ketahui, renovasi rumah atau pengembangan rumah adalah satu-satunya solusi disaat kita tidak memiliki cukup dana untuk membeli rumah model baru atau rumah yang lebih luas. Harga property yang cenderung meroket tentu semakin tak terjangkau masyarakat menengah ke bawah. Jadi dengan merenovasi atau mengembangkan rumah minimalis sedikit lebih luas adalah solusi paling efektif tanpa harus menghabiskan dana lebih besar.

Rencana Anggaran Biaya Renovasi

Tak hanya cara memilih model rumah minimalis, tujuan renovasi rumah merupakan hal penting yang layak diperhatikan. Tujuan yang dimaksud apakah renovasi tersebut mengubah struktur rumah secara menyeluruh, atau hanya menambah ruangan saja, atau mungkin memperbaiki bagian-bagian tertentu yang kerusakannya tidak begitu parah. Jadi yang perlu kita perhitungkan apakah renovasi yang kita lakukan termasuk skala besar atau skala kecil, setelah itu baru kita hitung kisaran biaya yang harus kita keluarkan.

Dana merupakan satu-satunya solusi untuk mewujudkan renovasi rumah hingga tahap akhir. Namun untuk dana tersebut hendaknya kita batasi menurut kemampuan kita. Untuk mendapatkan hasil kalkulasi biaya yang akurat kita membutuhkan satu draft yang disebut RAB (Rencana Anggaran Biaya) yaitu biaya mencakup persiapan renovasi, pembuatan struktur, biaya arsitektur sampai biaya mekanikal sekaligus elektrikal.

Berikut ini rincian biaya renovasi yang harus tercantum dalam draft rencana renovasi rumah:

Biaya persiapan. Perombakan rumah minimalis secara total atau sebagian, semua membutuhkan biaya persiapan. Biaya tersebut nantinya kita gunakan untuk pembersihan area, penyediaan pasokan air dan listrik, serta pembuatan bouwplank. Untuk biaya pembersihan sendiri termasuk paling mahal mengingat banyak yang harus dikerjakan seperti pembongkaran dan pembuangan sisa reruntuhan.

Biaya struktur. Yang termasuk biaya struktur adalah pengerjaan pondasi, lantai, kolom, balok, plat, serta atap. Untuk biaya struktur ini jumlahnya relatif atau lebih tepatnya tergantung volume ruang atau bagian khusus yang ingin direnovasi. Dengan cara ini banyaknya material untuk renovasi sudah kita ketahui kisarannya.

Biaya arsitektur. Yang termasuk biaya arsitektur adalah pemasangan batu bata atau batako, biaya pemasangan dinding, pembelian sekaligus pemasangan kusen (pintu / jendela). Pemasangan keramik, pengecatan, instalasi jalur sanitasi, dan pengerjaan atap dan tahap finishing juga termasuk biaya arsitektur.

Biaya Mekanikal dan elektrikal. Yang dimaksud biaya mekanikal dan elektrikal mencakup instalasi listrik, instalasi telepon / AC, lampu, water heater dan semua yang berkaitan dengan mekanik dan elektrik.

Dari seluruh komposisi rencana renovasi rumah, semua termasuk salah satu kriteria dari cara memilih model rumah minimalis, sebab rumah minimalis yang sudah direnovasi tentunya memiliki nilai investasi yang lebih tinggi. Jadi kesimpulannya memilih model rumah minimalis bisa mengacu dari besar kecilnya biaya renovasi yang pernah dilakukan.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Cara Memilih Model Rumah Minimalis | arief16 | 4.5