Perbedaan Mendasar Antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan
Atur Duit

Teropongku.com – Salah satu jenis simpanan terencana yang banyak diambil oleh nasabah adalah tabungan pendidikan yang di niatkan untuk mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak di masa depan. Namun banyak pula nasabah yang dibingungkan dengan pilihan produk sejenis yang memiliki tujuan sama yaitu produk asuransi pendidikan. Kedua jenis produk Perbankan ini sama-sama menawarkan manfaat dan proteksi bagi kebutuhan pendidikan putra-putri nasabah.

Saat dihadapkan pada dua jenis simpanan ini, sebaiknya nasabah memiliki pengetahuan tentang kedua produk sehingga dapat memahami secara lebih mendalam karakteristik dan juga resiko dari keduanya. Dan dengan begitu nasabah akan dapat menentukan pilihan produk mana yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah perbedaan mendasar antara simpanan pendidikan dan asuransi pendidikan yang patut Anda ketahui, yaitu:

Perbedaan manfaat dan proteksi

Simpanan pendidikan adalah produk simpanan berjangka yang umumnya memiliki jangka waktu simpanan selama dua tahun ke atas. Nasabah akan menabung kan uangnya sesuai dengan jumlah yang telah disepakati setiap bulan sampai masa jatuh tempo, dan akan mendapatkan kompensasi yang besaran nya sesuai dengan kesepakatan.

Untuk asuransi pendidikan, nasabah akan diminta membayar premi dengan jangka waktu tertentu. Asuransi pendidikan akan mengeluarkan dana saat anak masuk sekolah di tingkat-tingkat yang telah disepakati. Dan saat masa polis asuransi berakhir, nasabah akan mendapatkan manfaat sesuai porsi yang telah ditentukan ditambah bonus-bonus yang telah dijanjikan di awal. Namun bila nasabah tidak mampu membayar premi dikarenakan meninggal dunia, maka asuransi jiwa akan memberi proteksi berupa pembayaran uang pertanggungan untuk ahli waris yang ditinggalkan.

Perbedaan resiko

Simpanan pendidikan memiliki resiko lebih kecil karena dana yang akan didapat saat jatuh tempo sudah dapat dipastikan besaran nya.

Sedangkan asuransi pendidikan yang menggabungkan fungsi investasi didalamnya beresiko menghadapi hasil yang fluktuatif yaitu dimana nilai investasi yang didapat belum bisa dipastikan jumlahnya.

Perbedaan kompensasi (imbal hasil)

Dari segi kompensasi, tabungan rencana pendidikan telah menetapkan bunga tertentu yang akan diterima nasabah. Jumlah bunga kotor umumnya ditetapkan di kisaran angka 36% per tahunnya.

Sedangkan asuransi pendidikan memiliki manfaat simpanan investasi yang imbal hasilnya lebih fleksibel sesuai nilai investasi yang dipilih.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Perbedaan Mendasar Antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892