Desain Model Rumah Minimalis Terbaru
Dekorasi

Membahas gaya rumah minimalis memang tak ada habisnya. Dari waktu ke waktu selalu ada perkembangan terkait desain model rumah minimalis terbaru mencakup penentuan konsep dan denahnya.

Secara umum telah kita ketahui bahwa bangunan rumah minimalis memiliki ciri khas model kotak-kotak dengan garis-garis lurus yang tegas baik vertikal atau horizontal. Dengan kata lain unsur geometris seperti yang banyak terdapat pada desain rumah mewah dan konvensional tidak diterapkan pada konsep rumah minimalis.

Gaya rumah minimalis sendiri cenderung memprioritaskan efisiensi ruangan sehingga optimalisasi fungsi ruangan lebih ditonjolkan.

Kehadiran rumah minimalis terbaru jelas memberi nuansa berbeda dibanding rumah modern yang sering kita jumpai. Konsep yang sederhana membuat gaya rumah ini jauh lebih praktis sehingga lebih sesuai jika dibangun di wilayah perkotaan dengan populasi penduduk yang padat.

Seperti yang kita tahu diperkotaan lahan kosong sangat sulit kita temui, jika ada harganya juga sangat mahal. Jadi rumah minimalis yang menghadirkan semua hal yang sifatnya praktis adalah solusi paling ideal. Gaya minimalis juga sanggup menghadirkan citra bangunan yang lebih berkarakter sehingga jika diaplikasikan di area perkotaan nilai estetikanya lebih terlihat.

Terobosan Desain Rumah Terbaru

Rumah minimalis tak hanya efektif sebagai hunian praktis, desainnya yang simpel dengan harga yang relatif terjangkau menjadikan tipe rumah ini icon desain rumah terbaru yang paling banyak diburu. Maka cukup beralasan jika rumah gaya minimalis memiliki gaya arsitektur yang unik dan semakin populer di kota-kota besar. Bisa dibilang gaya arsitektur adalah efek budaya  dan menjadi salah satu yang terbaik diantara pilihan desain arsitektur lainnya.

Desain Rumah Minimalis

Dilihat dari perkembangannya, gaya rumah minimalis telah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Berawal dari desain yang sangat sederhana, kini desain rumah minimalis banyak mendapat sentuhan gaya baik gaya klasik, gaya modern dan lain-lainnya sehingga model-modelnya cenderung lebih variatif.

Penambahan sentuhan gaya modern atau klasik pada rumah minimalis umumnya ada batasan-batasannya. Intinya hanya ada beberapa persen penambahan gaya tertentu, selebihnya konsep minimalis tetap diutamakan untuk memberi kesan gaya minimalis yang sebenarnya.

Titik Awal Gaya Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis sendiri sebenarnya sudah ada sejak usai Perang Dunia I yang berdampak pada resesi perekonomian dunia kala itu. Para desainer dan arsitek kemudian berusaha mencari solusi desain yang tepat untuk merealisasikan rumah yang nyaman dan menarik dengan harga murah.

model rumah minimalis

Akhirnya pada sebuah kongres yang diadakan di Frankfurt Jerman tercetus satu solusi untuk mengatasi masalah perumahan diberbagai negara akibat banyaknya hunian yang hancur akibat perang dahsyat. Tentu solusi yang disepakati melahirkan desain rumah dengan biaya murah, menarik dilihat dari tatanan interior dan eksterior, dan lebih hemat waktu pengerjaan.

Dalam perkembangannya, desain rumah minimalis tetap menghadirkan kriteria rumah yang fungsional,praktis, serta lebih memprioritaskan nilai estetika. Pertimbangan dari berbagai efisiensi yang muncul dari masalah keterbatasan, membuat pembangunan rumah minimalis menggunakan estimasi biaya serendah mungkin dengan harapan hasil yang lebih optimal.

Desain model rumah minimalis terbaru selalu menghadirkan elemen estesis, misalnya dekorasi serta penambahan sedikit ornamen kadang juga diperlukan meski tidak direkomendasikan sebab jika berlebihan justru akan menghilangkan konsep minimalis yang sebenarnya.

Jadi desain rumah minimalis tidak hanya mengacu pada standarisasi hunian yang nyaman, namun konsep yang diterapkan juga berpengaruh terhadap, style, model, dan estetika pada masing-masing ruangan.

Taman Rumah Minimalis Terbaru

Sama halnya dengan rumah gaya klasik, kontemporer, atau mediterania yang menerapkan gaya rumah konvensional, gaya rumah minimalis juga memerlukan perhatian mencakup semua aspek termasuk penataan eksterior rumah.

Taman Rumah minimalis

Gaya minimalis dan konvensional memang memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Gaya rumah minimalis umumnya tidak memiliki banyak sisa area karena lahan yang digunakan sangat minim. Kondisi seperti ini cukup menyulitkan jika kita ingin mendesain eksterior rumah dengan dekorasi yang kita kehendaki. Misalnya kita ingin membuat taman disamping atau depan rumah, tentu akan sulit merealisaikan sebuah taman indah dengan ukuran standar.

Terbatasnya sisa lahan tak lantas bisa menghentikan kreativitas kita, dengan kata lain sisa lahan yang sempit masih bisa kita manfaatkan untuk merealisasikan sebuah taman impian meski dengan model minimalis. Hasilnya memang tidak sesempurna layaknya taman-taman di rumah mewah tapi minimal keberadaan taman minimalis tersebut menjadikan desain ekterior rumah kita menjadi lebih lengkap.

Selain unsur keindahan, taman rumah minimalis juga menghadirkan suasana lebih segar dimana tumbuhan-tumbuhan didalamnya banyak menghasilkan oksigen atau udara bersih.

Tahap Pembuatan Taman Rumah Minimalis

Membuat taman minimalis idaman bukan berarti kita harus menyewa jasa profesional terutama dalam pembuatan struktur dan desainnya. Untuk lebih menghemat anggaran kita masih bisa mewujudkan taman minimalis sendiri karena meskipun dikerjakan oleh tenaga ahli belum tentu desain taman tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Untuk membuat taman minimalis yang indah dengan ide sendiri, kita bisa ikuti tahapan-tahapannya berikut ini:

Pagar pembatas dan Paving

Kunci pembuatan taman minimalis adalah penggunaan rumus garis-garis tegas dan simetris. Konsep ini dapat kita wujudkan dengan terlebih dulu membuat pagar pembatas. Tentu saja keberadaan pagar nantinya berpengaruh terhadap desain taman secara menyeluruh meliputi isi taman, misalnya bunga, pohon, serta tanaman hias lainnya.

Pagar pembatas Rumah Minimalis

Jalan kecil menuju taman yang berawal dari teras depan atau samping rumah lebih cocok jika menggunakan paving. Yang perlu dicermati adalah tata letak dari paving itu sendiri. Warna paving lebih ideal jika senada dengan warna dominan eksterior rumah. Namun untuk mempertegas kesan minimalis sebaiknya diaplikasikan warna abu-abu.

Pilihan tanaman

Untuk taman minimalis kita harus selektif memilih tanaman meski sebenarnya tidak ada standar khusus mengenai jenis tanaman yang harus dipilih. Intinya tanaman yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera sebagai pemilik rumah.

Singklok

singklok

Tapi jika kita sulit menentukan jenis tanaman yang tepat, kita bisa memilih jenis tanaman yang sesuai untuk taman minimalis seperti tumbuhan Siklok (Agave Attenuate), Adenium, Mawar jambe, atau Aglaonema. Jenis-jenis tanaman tersebut umumnya tidak bisa tumbuh besar sehingga lebih cocok diaplikasikan untuk taman minimalis.

Konsep dan desain taman

Sebelum mendesain taman minimalis sebaiknya kita tentukan konsepnya secara matang sehingga melahirkan harmonisasi setelah proses desain selesai terkait finishing seperti apa yang kita inginkan. Untuk mewujudkan harmonisasi itu sebaiknya tanaman kita kelompokkan menurut jenisnya masing-masing.

taman rumah minimalis

Jika ada tanaman dengan warna sama namun dari jenis berbeda, sebaiknya ukuran tumbuhan tersebut juga berbeda agar tercipta nuansa yang lebih variatif. Untuk taman minimalis biasanya ada tumbuhan yang bisa langsung ditanam dalam tanah namun ada juga yang membutuhkan media tanam atau pot. Untuk warna media tanam sendiri sebaiknya kita pilih warna senada dengan tanaman.

Air terjun mini

Agar tercipta taman indah untuk desain model rumah minimalis terbaru, sebaiknya taman kita hiasi dengan air terjun mini atau air terjun buatan agar suasana taman tidak terlihat monoton. Untuk air terjun sendiri bisa kita pilih model etnik dengan relief bebatuan.

Air Terjun Taman Rumah Minimalis

Posisinya bisa di pinggir taman atau dibagian lain yang tanamannya tidak begitu banyak. Selain tampilan yang tidak membosankan, pengaplikasian air terjun sendiri sekaligus untuk meminimalisir kesan “sepi” di area taman. Dengan penambahan satu atau dua lampu di sudut taman tentu akan menciptakan keindahan yang lebih eksotis di malam hari.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Desain Model Rumah Minimalis Terbaru | arief16 | 4.5