Wisata Religi Masjid Istiqlal, Masjid Nasional Pertama di Indonesia
Destinasi

Masjid Istiqlal merupakan masjid nasional pertama yang didirikan oleh Presiden Soekarno. Istiqlal ini juga dikenal sebagai masjid pertama yang paling besar di Asia Timur dan Asia Tenggara. Tidak hanya itu, masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata religi yang sudah mendunia. Banyak para wisatawan mancanegara yang datang ke Jakarta dan menyempatkan untuk mengunjungi masjid terbesar ini. Selain itu, masjid ini juga menjadi salah satu masjid yang mempunyai nilai sejarah dan keunikan tersendiri.

Fakta Menarik Dari Masjid Istiqlal

Keunikan dari Masjid Istiqlal ini ada dalam setiap elemen yang ada didalam masjid. Berikut ini beberapa fakta unik dari masjid nasional Istiqlal ini:

  1. Pembangunannya diresmikan langsung oleh presiden

Fakta menarik pertama dari masjid nasional Istiqlal ini adalah pembangunannya diresmikan langsung oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Presiden Soekarno meresmikan pembangunan masjid ini dengan meletakkan batu pertama masjid. Namun dalam proses pembangunannya terdapat beberapa konflik politik sehingga pembangunan masjid ini sempat tertunda. Walaupun demikian, masjid ini tetap bisa selesai dan menjadi masjid nasional pertama Indonesia.

  1. Didesain oleh arsitektur Indonesia non muslim

Siapa yang menyangka Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar dan menjadi kebanggaan umat islam di Indonesia didesain oleh orang non muslim. Desain masjid terbesar ini dilakukan oleh Frederic Silaban yang merupakan orang bergama Kristen Protestan. Dia merupakan arsitektur yang memenangkan kompetisi untuk desain masjid yang diadakan oleh Presiden Soekarno. Desain dari Frederic ini dianggap yang paling tepat dan paling bagus menurut presiden Soekarno.

  1. Jumlah dan tinggi arsitektur penuh makna

Hal unik dan menarik dari Masjid Istiqlal yang lainnya yaitu jumlah dan tinggi arsitekturnya penuh dengan makna. Tidak hanya berhubungan dengan Islam, tapi juga berhubungan dengan bangsa Indonesia. Misalnya saja lebar kubah utama masjid ini yaitu 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia. Selain itu, jumlah pagar dan tinggi tiang pada masjid ini juga menggambarkan mengenai jumlah bulan dalam islam.

  1. Pernah terjadi peledakan bom

Fakta menarik lainnya dari Masjid Istiqlal adalah masjid ini pernah dibom oleh sekelompok teroris. Peristiwa pengeboman ini terjadi pada bulan April pada 1999. Dalam peristiwa ini hanya ada dua orang luka saja dan tidak menimbulkan korban tewas. Namun akibat dari peledakan bom ini kaca pada masjid pecah dan membuat tembok masjid menjadi retak. Teror bom ini memang sangat mengejutkan dan membuat masjid mengalami kerusakan.

  1. Banyak menu enak ketika bulan Ramadhan

Bagi Anda yang berlibur ke Jakarta pada bulan Ramadhan, maka sempatkanlah untuk berbuka puasa di masjid ini. Hal ini dikarenakan di masjid ini selalu disediakan ribuan bungkus nasi dan menu berbuka puasa. Menu yang disajikan untuk berbuka puasa juga sangat istimewa yaitu nasi Padang, menu makanan istimewa dari restoran terkenal, dan berbagai menu enak lainnya. Makanan berbuka puasa di masjid ini sebagian besar disediakan oleh para donatur.

Nah, jika Anda berkunjung ke Jakarta maka Anda tidak boleh melewatkan untuk sholat ataupun beribadah di Masjid Istiqlal ini. Selain menjadi masjid terbesar di Asia, masjid ini juga menjadi salah satu ikon penting di Indonesia khususnya di kota Jakarta. Untuk memudahkan Anda dalam mengunjungi Istiqlal yang ada di Jakarta maka sangat disarankan untuk sewa mobil. Anda bisa sewa mobil Jakarta, Disini tersedia banyak jenis mobil yang bisa menemani Anda berkeliling di Jakarta. PT Docar Rental Indonesia juga sudah melayani 14 Kota, salah satunya Surabaya dan Malang.

Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta merupakan masjid nasional pertama dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, masjid ini juga mempunyai keunikan tersendiri.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Wisata Religi Masjid Istiqlal, Masjid Nasional Pertama di Indonesia | arief16 | 4.5