Meniru Tata Letak Perangkat Elektronik Rumah Ala Inggris
Dekorasi

Penataan perangkat elektronik di rumah-rumah di Inggris bisa dijadikan inspirasi karena dirancang sejak awal pembangunan rumah dan membantu mewujudkan efisiensi di rumah. Penempatan perangkat elektronik di rumah memang tidak ada ilmu pastinya dan tidak ada salah atau benar, namun jika Anda meletakkan perangkat elektronik tertentu di tempat yang tepat, Anda bisa menuai keuntungan, antara lain:

  • Tidak memakan tempat. Perhatikan perangkat elektronik apa saja yang bisa disusun, digantung, dan disembunyikan.
  • Lebih rapi dan terhindar dari kabel berserakan karena sumber listrik ada di dekat lokasi-lokasi perangkat elektronik.
  • Lebih hemat energi. Menyiasati penempatan perangkat elektronik merupakan salah satu cara menghemat listrik yang bisa diterapkan di hampir semua rumah.

Peletakan sebagian perangkat elektronik di rumah-rumah di Inggris mungkin dinilai tidak lazim jika dibandingkan dengan di Indonesia, tetapi hal itu ada alasannya.

Mesin cuci baju di dapur

“Kok, mesin cuci baju di dapur?” Kebanyakan orang Indonesia akan bergumam demikian karena merasa janggal ketika melihat mesin cuci di dapur rumah-rumah di Inggris, yaitu menyatu dengan salah satu lemari dapur di bawah meja persiapan makanan.

Umumnya, dapur di sana memiliki sederet tempat penyimpanan berupa lemari atau laci-laci di bawah meja dapur. Selain mesin cuci baju, deretan itu juga berisi mesin pengering cucian, mesin cuci piring, oven, dan peralatan masak.

Apa alasan menaruh mesin cuci baju di dapur? Hampir semua rumah di Inggris memiliki kamar mandi kering dan tidak memiliki ruang basah sehingga saluran air dari dan ke berbagai sumber dipasang berdekatan satu sama lain.

Dengan meletakkan mesin cuci baju di dapur, saluran airnya bisa disatukan dengan saluran air wastafel cuci piring. Lalu kenapa tidak ditaruh di kamar mandi? Karena kamar mandi besar di Inggris kebanyakan menyatu dengan kamar tidur dan bersifat pribadi, padahal mesin cuci perlu dipakai semua penghuni rumah.

Menyusun, menggantung, dan menyembunyikan

Jika dapur di rumah-rumah di Inggris tidak cukup besar untuk menampung mesin cuci, maka mesin cuci akan disimpan di gudang dan ditumpuk dengan mesin pengering cucian. Karena mereka kebanyakan memakai mesin cuci bukaan depan, mesin cuci selalu berada di bawah dan mesin pengering cucian di atas.

Sebagian rumah tangga di Inggris memerlukan dua oven listrik dan masih ditambah lagi satu oven microwave. Ketiganya juga sering kali disusun di lemari dinding dapur dengan oven microwave di posisi teratas.

Alasannya, penataan seperti ini menghemat tempat, membuat dapur tampak lebih modern, dan menghindari membungkuk ketika berurusan dengan oven yang panas atau sedang membersihkannya.

Perangkat elektronik yang biasa digantung di dinding adalah layar televisi dan monitor komputer. Monitor-monitor tanpa tabung jamak dipakai di sana karena lebih praktis, hemat tempat, dan sebagian lebih hemat listrik.

Cara menghemat listrik yang mereka terapkan kadang-kadang menyatukan fungsi layar TV dan layar komputer keluarga ke dalam satu monitor saja yang digantung di dinding untuk dinikmati bersama-sama.

Tata ruang di rumah-rumah di Inggris mengedepankan prinsip ringkas dan berkesan bersih dipandang sehingga sebisa mungkin menyembunyikan objek-objek perusak pemandangan, termasuk kabel, pipa air, selang, dll.

Rancang rumah Anda sematang mungkin, pertimbangkan perangkat elektronik apa saja yang akan Anda pakai dan di mana Anda akan meletakkannya, lalu tempatkan sumber listrik dan saluran air di dekat setiap lokasi tersebut. Tanam kabel-kabel, pipa, dan selang di dalam dinding, di belakang furnitur, atau di balik plafon.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Meniru Tata Letak Perangkat Elektronik Rumah Ala Inggris | arief16 | 4.5