Berbagai Fungsi dan Jenis Kacamata
Tetap Bugar

Kacamata atau glasses dahulu dikenal sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang memiliki kekurangsempurnaan pada fungsi matanya. Mata yang menggunakan kaca biasanya mengalami gangguan misalnya rabun jauh, rabun dekat, silindris maupun gangguan mata lain yang mengharuskannya menggunakan kaca dengan pembiasan cahaya yang telah diatur sedemikian rupa melalui lensanya.

Namun saat ini banyak orang menggunakan glasses meskipun tidak memiliki gangguan mata. Biasanya glasses digunakan sebagai aksesoris untuk keperluan di luar ruangan maupun hanya sebagai hiasan untuk mempercantik penampilan. Apapun tujuannya, glasses memiliki banyak manfaat yang tanpa Anda inginkan akan bisa diperoleh penggunanya.

Glasses saat ini memiliki banyak jenis maupun bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera penggunanya. Dari mulai bentuk frame, warna frame, hingga bentuk dan ketebalan lensa dapat disesuaikan dengan permintaan dari penggunanya. Namun jenis lensa yang digunakan umumnya disesuaikan dengan ada atau tidaknya gangguan pada mata. Berikut ini jenis-jenis kacamata yang dibedakan berdasarkan fungsinya terhadap gangguan mata:

Lensa Plus

Glasses dengan lensa plus digunakan bagi mereka yang memiliki gangguan rabun dekat atau hypermyopi. Pada gangguan mata ini manusia dapat melihat benda-benda di jarak jauh dengan baik namun pada benda yang berada di jarak dekat justru mengalami gangguan. Lensa yang digunakan adalah lensa plus atau positif. Manusia yang mengalami gangguan ini biasanya adalah mereka yang berumur lebih dari 40tahun.

Lensa minus

Dengan lensa minus pada glasses, mereka yang memiliki gangguan rabun jauh atau miopi dapat melihat dengan normal. Rabun jauh adalah kebalikan dari rabun dekat yaitu dapat melihat dengan normal benda yang ada di dekat mata namun mengalami gangguan ketika melihat benda-benda yang berada di jarak yang jauh. Rabun jauh biasanya disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat seperti membaca buku sambil tidur atau menonton layar televisi, handphone dan komputer dalam jarak yang terlalu dekat.

Hitam UV

Penggunaan lensa hitam jenis ini digunakan untuk menghalangi masuknya sinar matahari terutama sinar yang merusak bola mata ke mata. Biasanya digunakan untuk mereka yang akan berjemur di pantai atau berada di daerah panas. Lensa hitam juga banyak digunakan bagi mereka yang ingin menyembunyikan wajah atau mata mereka dari orang lain.

Kedap air

Penggunaan glasses jenis ini ditujukan untuk pemakaian bawah air. Umumnya mengandung unsur karet sebagai alat menutup lensa dengan wajah sehingga tidak memungkinkan masuknya air ke bagian mata. Dengan menggunakannya, para perenang atau penyelam dapat menghindari mata merah akibat iritasi air atau air laut sehingga bisa lebih lama berada di dalam air.

Normal lens

Jenis ini banyak digunakan sebagai aksesoris karena memiliki lensa yang normal sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Biasanya orang akan memilih berdasarkan warna lensa, bentuk frame dan unsur-unsur estetika lainnya yang dapat dipadupadankan dengan busana.

Itulah beberapa jenis kacamata yang ada di pasaran sebagai alat untuk melindungi mata dari semakin buruknya gangguan mata atau melindungi mata dari pengaruh lingkungan luar. Jika Anda mempunyai gangguan mata, maka berkonsultasi lah terlebih dahulu dengan dokter mata Anda sebelum memutuskan untuk memilih jenis lensa atau glasses. Dengan penggunaan glasses yang tepat, bukan tidak mungkin gangguan mata Anda akan berangsur-angsur pulih asalkan gaya hidup yang Anda lakukan juga tidak memperburuk gangguan mata tersebut.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Berbagai Fungsi dan Jenis Kacamata | arief16 | 4.5