Menu Mie Samyang Bagi Pecinta Masakan Korea Pedas
Kuliner

Korea wave atau demam Korea kini melanda sejumlah negara tetangganya termasuk Indonesia. drama-drama Korea yang diputar di berbagai negara membuat masyarakat yang melihatnya ingin merasakan apa yang para artis rasakan dan lakukan. Mulai dari trend fashion, bahasa, hingga kuliner ala Korea menjamur dimana-mana. Salah satu menu kuliner yang kini banyak bermunculan di Indonesia adalah mie ramen ala Korea. Namun karena di Indonesia masyarakatnya menyukai masakan pedas, maka mie samyang yang merupakan mie ramen pedas lah yang menjadi favorit saat ini.

Samyang adalah mie ramen yang diolah dengan rasa pedas yang mantap. Bagi masyarakat Korea mungkin mie ini adalah yang paling pedas, meski begitu di Indonesia sendiri banyak masakan yang memiliki rasa pedas melebihi mie ini, namun karena demam Korea inilah samyang mie menjadi sangat populer saat ini hingga memunculkan aneka lomba-lomba melalui berbagai media sosial untuk mengukur tingkat ketahanan dan kecepatan yang mengkonsumsinya.

Samyang yang beredar di Indonesia memiliki 2 bentuk yaitu:

  • Mie instan yang masih perlu dimasak.
  • Mie instan cup untuk diseduh dengan air panas.

Perbedaannya hanya di cara menyajikannya saja sedangkan untuk rasa dan aromanya memiliki kesamaan asalkan dari merk yang sama. Tekstur mie ini kenyal dan lebih tebal dibandingkan mie instan asli Indonesia. Yang memberikan ciri khas adalah kuahnya yang sangat kental sehingga aroma dan rasanya juga ikut kental dengan cita rasa tersendiri.

Problematika yang dimiliki mie samyang ini hampir sama dengan yang dimiliki mie ramen terdahulu. Adanya penggunaan minyak babi sebagai salah satu bumbu untuk menciptakan kaldu yang digunakan sebagai kuah. Di Indonesia yang memiliki masyarakat mayoritas muslim pastinya penggunaan bahan makanan dari babi menjadikan makanan tersebut tidak halal sehingga tidak boleh dikonsumsi. Problematika ini juga dimengerti oleh produsen mie dari Korea. Mereka membuat samyang mie dengan 2 versi yaitu halal tanpa minyak babi dan yang beredar di negara aslinya dengan kandungan minyak babi.

Dengan menghilangkan minyak babi pada komposisi bahannya pasti terdapat plus minus sebagai akibatnya. Diantaranya adalah rasa. Mungkin rasa samyang di negara asalnya tidaklah 100% sama dengan samyang yang ada di Indonesia. Namun hal tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan memberikan label halal kepada makanan yang jelas mengandung unsur yang tidak halal. Samyang mie yang beredar di Indonesia kini sudah memiliki label halal dari MUI, namun beberapa diantaranya juga tidak. Hal ini berkaitan dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak beragama Islam dimana mereka menginginkan mie dengan rasa otentik tersebut.

Jadi bagi Anda yang ingin merasakan pedas dan gurihnya mie ini, perhatikan betul-betul label yang tertera pada kemasannya. Apakah Anda mencari mie yang halal ataukah tidak. Atau jika Anda masyarakat non-muslim sehingga dapat mencoba keduanya maka mungkin Anda dapat bercerita apakah perbedaan dari penggunaan minyak babi tersebut kepada orang lain.

Itulah sekilas mengenai mie samyang yaitu mie ramen pedas ala korea yang kini sudah banyak beredar di Indonesia. Rasa mie ini yang pedas dan gurih mampu memikat lidah dan hati orang yang sudah pernah mencicipinya. Jangan lupa perhatikan label sebelum membeli terutama jika Anda adalah seorang muslim. Jangan sampai Anda membeli mie yang tidak memiliki label halal karena di Indonesia ini beredar 2 macam mie tersebut.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Menu Mie Samyang Bagi Pecinta Masakan Korea Pedas - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892