Cara Merawat AC Agar Tahan Lama dan Hemat Listrik Bagi Orang Awam
Gadget

Air Conditioner (AC) boleh disebut sebagai pahlawan di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis yang keadaannya sangat panas, membuat keberadaan AC sering dicari-cari sebagai sesuatu yang ampuh untuk menstabilkan suhu ruangan.

AC sering ditemukan diberbagai tempat di Indonesia, di kantor, ruang kelas, dan yang lainnya dalam berbagai keperluan baik itu untuk konsumsi pribadi maupun konsumsi publik.

Atas kegunaannya yang penting tersebut, banyak dari kita yang memakai AC hampir setiap saat. Namun demikian, banyak ditemukan pengguna yang memakainya secara serampangan karena tidak tahu bagaimanan cara yang benar dalam perawatannya.

Pemakaian yang serampangan tersebut bisa menimbulkan berbagai kerugian, diantaranya AC yang cepat rusak dan tidak awet, serta tingginya biaya tagihan listrik yang anda gunakan. Tidak mau seperti itu bukan?

Sebagai orang awam, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar AC tidak cepat rusak sekaligus menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik yang semakin hari semakin menggila. Berikut diantaranya

Atur Suhu Selalu DI Atas 22 Derajat

Banyak ditemukan di Indonesia, AC selalu disetel ke suhu dibawah 22 derajat, bahkan banyak yang berlama-lama menggunakan suhu 18 derajat. Padahal ini tidak bagus karena umumnya suhu luar ruangan di Indonesia tidak pernah dibawah 22 derajat. Jika kita memaksa menggunakan suhu dibawah 22 derajat, apalagi dengan pemakaian yang cukup lama, maka dapat dipastikan komponen AC kita akan bekerja ekstra keras dan terus menerus. Kerja ekstra tersebut biasanya akan memperpendek usia dari Air Conditioner yang kita gunakan.

Matikan Setiap 5 Jam Sekali

Ada baiknya kita tidak menggunakan AC seharian penuh, apalagi hingga 24 jam nonstop. Komponen elektronik juga perlu istirahat, tak terkecuali AC. Matikanlah AC kamu ketika pemakaiannya sudah melewati 5 jam nonstop. Istirahatkan sekitar 10 hingga 30 menit baru kemudian dinyalakan kembali. Jika anda kerepotan memperhatikan waktu pemakaian, kamu bisa menggunakan fasilitas timer yang tersedia pada setiap AC. Jika kamu mengatur timer tersebut dalam waktu 5 jam, maka dalam 5 jam kedepan AC anda akan berhenti beroperasi secara otomatis.

Matikan AC Saat Bepergian

Jika tak ada satu orangpun di rumah atau ditempat kamu dan keberadaan AC tidak dibutuhkan, sebaiknya matikan saja AC tersebut. Hal ini sangat bermanfaat untuk merawat AC dan juga memperkecil konsumsi daya listrik. Kan mubazir namanya kalo kita nyalain AC sedangkan rumah lagi kosong, emang siapa yang mau nikmatin udara dinginnya? Setan?

Jangan Langsung Nyalakan AC ketika Baru Saja Listrik Menyala

Ketika mati lampu, pastikan segala peralatan elektronik kamu termasuk AC dalam keadaan Off. Karena listrik yang baru menyala, ia masih dalam tegangan yang naik turun tidak stabil. Hal tersebut sangat mengganggu kinerja barang elektronik dan bahkan mampu merusakkannya.

Service Rutin

Untuk memperpanjang usia AC agar awet tahan lama, lakukanlah service setidaknya dalam 3-6 bulan sekali. Biaya service jauh lebih murah dibanding harus memperbaiki yang sudah rusak apalagi ganti yang baru. Untuk kamu yang berada di jakarta selatan, bisa menghubungi tempat-tempat yang menyediakan service AC Jakarta Selatan.

Pastikan Ruangan Tempat AC Benar-Benar Tertutup, Jangan terlalu Sering Buka Tutup Pintu

Udara luar yang masuk di lubang-lubang kecil ataupun ketika kamu terlalu sering membuka tutup pintu, akan membuat kinerja Air Conditioner mu jauh lebih keras. Jadi periksa lubang-lubang anda *eh.

Begitulah tadi yang bisa kita lakukan sebagai orang awam untuk menjaga Air Conditioner (AC) agar berumur panjang serta hemat listik. Mudah-mudahan bermanfaat ya, salam.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Cara Merawat AC Agar Tahan Lama dan Hemat Listrik Bagi Orang Awam - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892