Syarat Masuk SNMPTN Masih Dari Hasil UN
Sukses Berkarir

SNMPTN menjadi satu diantaranya sebagai syarat mutlak untuk mendapatkan bangku di Pendidikan perguruan tinggi negeri. SNMPTN telah diumumkan untuk proses penerimaan mahasiswa baru tidak berdasarkan ujian tulis, akan tetapi nilai prestasi akademik, keterampilan maupun akreditas yang memiliki A dan juga B. Tentu Syarat dari SNMPTN ini bisa menjadi dari berbagai calon mahasiswa yang merasa sulit untuk meraihnya. Memang diakui untuk mendapatkan satu tiket masuk ke PTN tidaklah mudah. Banyak persaingan dari berbagai orang di seluruh Indonesia dengan mengambil Universitas yang sama.

Di tahun 2017, dalam menunggu hasil UN menjadi salah satu hal yang dicemaskan oleh para siswa siswi SMA/MA/SMK/MAK. Pasalnya nilai dari hasil UN menjadi variabel penting penentu masuk tidaknya ke PTN. Nilai dari Ujian Nasional (UN) untuk SMA/MA/SMK/MAK masih menjadi salah satu hal yang terpenting dan menjadi variabel dalam penentuan SNMPTN di tahun 2017. Hal ini pun telah berlaku pada tahun 2014 lalu. Selain itu pula nilai UN yang menjadi bagian variabel lainnya adalah nilai rapor dan satu hal lagi yaitu prestasi akademik atau nonakademik. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri bagian dari yang terpenting masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Alternatif bila tidak lulus SNMPTN

Jadi, untuk teman-teman yang setia membaca blog ini dimohon menjadi perhatian pentingnya disini yah. Agar tidak terjadi kesalahan terulang untuk tahun depan. Teruntuk teman-teman yang belum lulus di SNMPTN tahun ini jangan kuatir dan sedih karena bukan disini saja takdir Anda untuk mencapai salah satu cita-citanya meraih pendidikan di Perguruan Tinggi. Misalnya gagal teman-teman di SNMPTN maka teman-teman juga bisa mencoba di SBMPTN, dan juga Ujian Masuk Mandiri. Akan tetapi, jika belum ada hasilnya dari kedua ini maka bisa ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Nah, jika belum ada niat ke PTS maka mau tidak mau teman-teman harus cuti satu tahun. Disini teman-teman diharuskan lebih giat belajar. Bisa mengikuti bimbel (bimbingan belajar), dan juga privat les mata pelajaran.

Syarat pertama penerimaan SNMPTN 2017

Hal ini yang telah kami kutip dari kompas (14/4/2017), Ketua panitia SNMPTN dan juga SBMPTN 2017 Ravik Karsidi, mengemukakan bahwa UN masih menjadi bagian penting syarat penerimaan mahasiswa baru.

  1. Penilaian hasil UN (Ujian Nasional)

Tentu dengan adanya aturan yang masih berlaku sampai tahun ini, pastikan untuk teman-teman yang masih di bangku XI kami sarankan untuk lebih giat belajar, kurangi bermain yang tidak penting atau kerja kelompok belajar. Bila memang menginginkan melanjutkan pendidikan ke PTN.

Melanjutkan ungkapan dari Ketua panitia SNMPTN dan SBMPTN, Ravik yang pada tanggal 11 April 2017 di Jakarta persyaratan untuk peserta SNMPTN harus tetap mengikuti UN. Peserta yang tidak mengikuti UN, dipastikan tidak bisa ikut dalam seleksi ini.

  1. Kebijakan masing-masing rektor PTN

Seperti sama halnya di tahun 2014 Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sering disingkat SNMPTN menentukannya masih menggunakan nilai rapor. Akan tetapi, ada kebijakan lainnya misalnya dari ungkapan Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret. Memberikan perkataan bahwa syarat dari masuk SNMPTN ini bisa diserahkan oleh masing-masing rektor dari PTN.

Tambahan lainnya juga diungkapkan penentuan dari rapor untuk bisa masuk ke PTN khusus SNMPTN tidak bisa di sama ratakan ke semua PTN.

Dari yang diberitakan oleh masing-masing majalah online lain dan juga situs resmi SNMPTN, tahun 2017 jadwal SNMPTN dimulainya pada 15 maret sampai 15 April. Sedangkan untuk hasil dari pengumuman SNMPTN diselenggarakan pada 26 April 2017. Dari tanggal yang telah kembali kami beritahukan ini tentu diharapkan kepada teman-teman setia blog ini tidak lupa dengan jadwal hasil seleksi tersebut. Bila perlu buat catatan penting dalam hal ini. Nah, ini pula bila Anda mengikuti proses SNMPTN 2017.

Syarat selanjutnya penerimaan SNMPTN 2017

Dilanjutkan ungkapan yang masih kami kutip dari kompas.com, Ketua SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik juga mengatakan akreditasi sekolah juga menjadi bagian syarat SNMPTN. Sekolah yang memiliki akreditasi A siswanya hanya bisa mengikuti 50 persen yang terbaik di sekolahnya.

Untuk teman-teman yang mencoba ke jalur SNMPTN 2017 semoga berhasil dan diterimakasih. Bila teman-teman yang belum ada hasilnya, maka janganlah putus asa. SBMPTN dan ujian mandiri bisa Anda ikuti untuk meraih Pendidikan di PTN. Selamat berjuan teman-teman.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Syarat Masuk SNMPTN Masih Dari Hasil UN | arief16 | 4.5