Cerdas Atur Keuangan dengan 3 Mindset Ini
Atur Duit

“Jika kamu tidak mengontrol pikiranmu, maka orang lain yang akan melakukannya” John Aliston.

Quote diatas sepertinya sangat pas sekali dengan lifestyle banyak orang hari ini. Konsumerisme menjadikan banyak orang tak ubahnya ‘zombie’ yang tidak memiliki mindset pengontrolan diri sama sekali.

Bagi pebisnis yang bijak, kontrol tidak hanya untuk keputusan-keputusan bisnisnya, namun juga berlaku pada pikirannya. Mind control atau kontrol pikiran merupakan teknik yang paling tepat jika kamu ingin agar pendapatanmu tidak habis begitu saja.

Nah untuk memandumu agar bisa mengontrol pikiran, berikut kami  sajikan ulasan mengenai 3 mindset agar keuangan tetap terkontrol.

Kesadaran

Mindset pertama dan paling fundamental yang harus kamu tanamkan sejak dini yaitu kesadaran. Banyak orang shopping gila-gilaan karena memang tidak memiliki unsur kesadaran yang tinggi. Nah mulai sekarang, pastikan kamu tidak hanya membeli barang saja, melainkan jelaskan apa motivasimu membeli barang tersebut. Selain itu karena tidak sadar, banyak orang yang mengesampingkan diskon.

Padahal sebenarnya, diskon ini dapat membantu untuk mengurangi biaya bulanan. Jika kamu coba searching lewat internet, maka kamu bisa menemukan diskon Blibli. Nah di tahun 2017 ini Bibli memberikan banyak diskon pada barang-barangnya. Dengan memanfaatkan diskon Blibli 2017 ini  tentunya kamu sudah setahap lebih maju dalam meningkatkan performa kesadaranmu.

Keseimbangan

Pada dasarnya, alam semesta merupakan elemen-elemen yang saling mengisi sehingga lahirlah keseimbangan. Hal ini juga berlaku buat kamu sebagai seorang karyawan. Pastikan kamu mengetahui bahwa pekerjaan bukanlah satu-satunya yang dapat membuatmu ‘hidup’, kamu juga harus memprioritaskan unsur-unsur kebahagiaanmu seperti kesehatan, percintaan, hobi dan lain-lain.

Pastikan antara elemen pekerjaan dan kehidupan itu seimbang, jangan sampai jomplang. Selain itu perlu kamu perhatikan, sebaiknya pendapatan dan pengeluaran berada pada level yang seimbang. Namun jika kamu mampu, kamu bisa menekan agar pengeluaran tidak terlalu besar. Namun jangan terlalu fokus pada pendapatan, sehingga kamu melupakan kebahagian hidup seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tujuan

Segala sesuatu pasti ada tujuannya. Sepakat dengan hal itu?  Nah hal itu berlaku juga untuk pekerjaanmu saat ini. Pastikan kamu telah memiliki tujuan untuk apa kamu bekerja dan mau dialokasikan untuk apa pendapatanmu. Dengan mengetahui tujuan yang telah kamu tetapkan, maka kamu dapat dengan mudah mengatur biaya anggaran. Misalnya, saat ini kamu belum menikah dan ingin menikah dengan kekasih kamu saat ini.

Nah pastikan hal ini sebagai tujuanmu dalam bekerja. Dengan memprioritaskan pendapatan pada tujuan yang telah kamu tetapkan, maka kamu akan dapat dengan mudah mengontrol keuanganmu. Nah agar tujuanmu bisa terjawab, pastikan kamu sudah memiliki elemen kesadaran dan keseimbangan sebelumnya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Cerdas Atur Keuangan dengan 3 Mindset Ini - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892