Keuntungan Menjalani Bisnis Kecil
Sukses Berkarir

Saat ini makin banyak orang yang merintis usaha. Membuka usaha dinilai lebih membawa dampak signifikan yang baik untuk menambah pundi-pundi uang. Banyak diantara mereka yang memilih untuk berbisnis dan berhenti dari pekerjaan kantoran.

Beberapa media bahkan selalu mengajak anak muda untuk menjadi seorang entrepreneur. Menjadi entrepreneur tentu menambah prestise dalam diri setiap individu karena mereka dianggap mampu berdikari. Selain itu, mereka adalah bos utama yang memasarkan produk-produk ke masyarakat tanpa campur tangan dari atasan. Namun, menjadi seorang pebisnis bukan hanya tentang materi saja, melainkan bagaimana perjuangan mengantarkan bisnis sampai ke puncak keberhasilan.

Tidak sedikit yang masih enggan untuk memulai bisnis. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Alasan pertama adalah kurang atau tidak ada modal. Kedua tidak tahu cara mengembangkannya dengan baik. Ketiga tidak memiliki koneksi yang dapat diandalkan dan sejumlah hal lainnya. Padahal jika dicermati, berbisnis membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk mengembangkan diri melalui sebuah produk atau jasa yang dipasarkan. Berikut ini ada sejumlah keuntungan jika Anda berani membuka bisnis kecil.

Skill Anda lebih terlatih

Di tengah persaingan global yang semakin ketat membuat Anda perlu mengembangkan skill yang dimiliki. Anda tidak bisa hanya pasrah pada satu skil saja terlebih skill tersebut tidak begitu diperhitungkan sesuai dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu bisnis membantu Anda mencapai progress menyesuaikan kebutuhan pasar. Anda akan memperoleh ilmu negosiasi, memasarkan produk, menjalin koneksi dan sebagainya. memang beberapa keahlian yang disebutkan dapat dipelajari di perguruan tinggi, namun mempraktikannya secara langsung jauh lebih efektif.

Belajar me-manage waktu

Dalam menjalankan bisnis time management sangat diperlukan. Anda harus pintar dalam mengatur kapan waktu yang tepat untuk memasarkan produk, kapan waktu yang tepat menjalin relasi, melaunching produk terbaru dan sebagainya. Semua tidak bisa dilakukan secara asal. Anda pun secara tidak langsung dituntut jeli memperhatikan kondisi pasar yang terus berubah. Oleh karena itu berbisnis membuat Anda lebih peka terhadap waktu.

Menciptakan lapangan kerja

Anda yang biasanya duduk berjam-jam di meja kantor, kini giliran Anda yang mengarahkan anak buah. Anda berhasil menciptakan lapangan pekerjaan yang memang dibutuhkan oleh para golongan muda. Dengan demikian Anda telah membantu pemerintah dalam menuntaskan angka pengangguran yang tinggi.

Kemampuan mengatur keuangan lebih terasah

Anda yang biasanya tidak begitu memikirkan kalkulasi pemasukan dan pengeluaran, kini mau tidak mau Anda harus mengerti bagaimana membuat pembukuan yang baik dan rinci. Meskipun Anda yang menjalankan usaha, namun Anda perlu tahu kemana dan darimana saja pengeluaran serta pemasukan berasal. Anda juga dituntut belajar sedikit teori bagaimana mengatur keuangan dengan baik sehingga kemampuan mengelola keuangan lebih berkembang.

Mudah dalam beradaptasi

Ketika berbisnis, Anda membutuhkan relasi agar usaha semakin maju. Disini Anda akan diajak untuk bertemu orang dari beragam latar belakang sehingga menjadikan Anda lebih mudah beradaptasi. Hal ini tidak hanya dibutuhkan saat mengadakan kegiatan bisnis, tetapi juga menjalani kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa keuntungan menjalankan bisnis kecil atau sampingan. Ternyata, Anda tidak perlu begitu takut akan kegagalan karena pada dasarnya kegagalan yang menjadikan Anda jauh lebih awas dan teliti.

Berbisnis membutuhkan komitmen serta kerja keras yang tekun. Tentukan bidang bisnia apa yang menjadi konsentrasi Anda. Jika memiliki hobi fotografi, Anda dapat membuka usaha jasa fotografi yang tidak membutuhkan yang luas. Semua dapat diawali dengan keinginan kuat.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Keuntungan Menjalani Bisnis Kecil | arief16 | 4.5