Inilah Tips Cara Menghadapi Stres Hidup di Kota Besar
Tetap Bugar

Hidup di daerah perkotaan yang padat dapat menjadi beban tersendiri untuk kesehatan mental. Tingginya biaya hidup serta persaingan ekonomi dan sosial yang ada di kota tak jarang membuat seseorang mudah alami stress.

Dibiarkan dalam jangka panjang, stres ini dapat membawa pengaruh buruk untuk tubuh.

Oleh karena itu, psikolog Liz Marielly Djaprie dari Sanatorium Dharmawangsa mengatakan orang yang tinggal di kota perlu memiliki kemampuan lebih untuk mengelola stresnya.

salah satu cara mudah dalam menghadapi stres dijelaskan oleh Liza bisa hanya dengan bermeditasi mengatur nafas. Dengan latihan menarik nafas dalam-dalam dan mencoba melepaskan pikiran maka stres pun dapat ditekan.

“Fokus pada nafas. Kita itu suka monkey mind pikiran loncat-loncat ke masa lalu kemudian ke masa depan. Ini yang biasanya menyebabkan stres karena suka menyesalkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan,” ungkap Liza.

“Coba stay di masa sekarang, meditasi nafas benar-benar rasain tuh ada apa saja di sekitar. Pada saat macet enggak usah mikir kedepannya gimana karena apapun yang terjadi tetap enggak akan bergerak. Nikmatin saja di dalam mobil, meditasi menikmati suasana sekitar,” lanjutnya.

Selain dengan teknik meditasi, cara berikutnya yang dianjurkan oleh liza untuk menghadapi stres hidup di kota besar adalah dengan melakukan hobi. Setiap orang pasti punya aktivitas yang ia senangi dan sebisa mungkin sempatkan waktu untuk melakukan hal tersebut sebagai ‘obat’ untuk kesehatan jiwa.

“Kemampuan kita untuk bisa menikmati hidup itu memang perlu latihan. Enggak ada orang yang lahir sudah kemampuan jago kemanapun senyum,” pungkas Liza.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Inilah Tips Cara Menghadapi Stres Hidup di Kota Besar - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892