5 Hal Yang Menyebabkan Harga Emas Batangan Selalu Naik
Atur Duit

Fenomena harga emas batangan yang setiap tahun selalu mengalami kenaikan bahkan di saat terjadi krisis ekonomi di suatu negara sangat menarik untuk dicermati. Mengingat tidak ada barang lain yang mengalami hal serupa.

Kalaupun ada, biasanya harganya telah ditetapkan oleh organisasi tertentu semisal gas dan minyak. Yang sebelumnya telah ditetapkan harganya dan jumlah produksinya oleh organisasi dunia. Tapi emas tidak demikian, tidak ada yang berwenang menetapkan harganya sekaligus juga tidak ada yang berwenang untuk menentukan jumlah produksinya di dunia ini.

Hanya saja, apakah karena hal demikian harga emas selalu mengalami kenaikan setiap tahunya? Ternyata itu hanyalah sebagaian faktor kecil yang menyebabkan emas memiliki harga stabil cenderung naik setiap tahun. Masih ada sejumlah faktor lain yang lebih menentukan lagi. Kira-kira apa saja faktor itu? Mari kita bahas satu persatu:

1. Emas, logam yang unik

Alasan pertama mengapa emas batangan selalu mengalami kenaikan tiap tahunya adalah karena emas merupakan logam yang unik. Emas tidak bisa dicampur dengan bahan lain sekaligus juga tidak mengalami korosi. Sehingga emas bisa bertahan sampai kapanpun dengan bentuk yang sama tanpa mengalami perubahan sedikitpun.

2. Dari dulu hingga sekarang, emas adalah simbol kekuasaan

Orang kaya dari dulu hingga sekarang masih kerap sekali menempatkan emas sebagai simbol kekayaanya. Mereka kerap sekali membeli emas batangan untuk menyimpan harta kekayaanya. Bahkan beberapa sampai membeli emas secara berlebihan untuk menunjukkan bahwa ia adalah orang kaya. Nah dari simbol emas yang menunjukkan kekayaan inilah kemudia lahir kekuasaan.

3. Emas menjadi pelarian kala dolar naik

Masih ingatkah kamu ketika tahun 1999 dan tahun 2000 dulu ketika indonesia mengalami krisis ekonomi? Satu-satunya barang yang tidak mengalami penurunan harga adalah emas. Emas memiliki harga yang tetap stabil dan bahkan malah mengalami kenaikan harga. hal ini karena emas batangan diakui sebagai barang dengan nilai yang berbading terbalik dengan dolar.

Ketika dolar mengalami kenaikan, emas dijadikan pilihan untuk menggantikan nilai dollar. Sehingga tak salah jika harga emas batangan tetap stabil sampai kapanpun dan bagus untuk investasi, kamu bisa meminjam uang kepada penyedia jasa pinjaman online dahulu untuk investasi tanpa harus memikirkan jaminan.

4. Emas menjadi alat tukar yang disepakati selain dolar di dunia

Untuk mengukur nilai sebuah barang di dunia, selain menggunakan dollar, ternyata juga bisa menggunakan emas batangan. Emas disepakati sebagai salah satu alat ukur yang ideal. Kalau kamu bertanya mengapa tidak gas atau minyak saja? sebab alat ukur tidak boleh berbentuk gas dan cair. Dan juga harus mudah di bawa. Emas adalah yang ideal. Meski langka tetapi masih mudah untuk ditemukan.

5. Selalu jadi rebutan

Kalau kamu pernah belajar sejarah, mungkin kamu akan tercengah dengan kehebatan emas. Emas kerap sekali melahirkan pertumpahan darah antar kerajaan. Bahkan di spanyol, banyak sekali kerajaan yang luluh lanta hanya karena perebutan emas. Keinginan sebuah kerajaan menguasai emas kerajaan lain pada jaman dahulu sangat terlihat lewat pertempuran. Bahkan andai sekarang masih diperbolehkan perang, mungkin perebutan yang sering bakal terjadi selain karena minyak, mungkin adalah karena emas.

Jadi masih ragu dengan harga emas batangan yang akan selalu mengalami kenaikan tiap tahun ke tahun? Fakta-fakta keberadaan emas pada jaman dahulu yang selalu jadi rebutan bisa menjadi bukti riil betapa emas menjadi barang yang super mewah. Lagi pula adakah yang tidak menyukai emas di dunia ini?

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 5 Hal Yang Menyebabkan Harga Emas Batangan Selalu Naik - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892