Pengertian Zakat Mal dan Beragam Manfaatnya
Atur Duit

Apa itu pengertian zakat mal?

Sebenarnya, ada berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh zakat mal. Zakat mempunyai peran serta andil untuk memecahkan masalah kemiskinan serta pemerataan ekonomi. Dengan adanya semangat zakat, hal ini menjadi pendorong umat muslim untuk membantu sesama.

Zakat bisa diartikan tumbuh serta bertambah atau bisa juga berkembang maju, suci dan bersih. Zakat merupakan rukun Islam ketiga. Setiap muslim yang hartanya telah mencapai nisab harus mengeluarkan zakat. Zakat dibagi menjadi 2 yakni fitrah dan zakat mal.

Zakat mal merupakan zakat harta yang harus dikeluarkan saat sudah mencapai nisabnya. Landasan dari kewajiban zakat berada di dalam Al-Quran, Al Baqarah 267. Syarat harta yang harus dizakatkan seperti merupakan kepemilikan penuh, ini artinya harta yang dizakatkan merupakan milik orang yang akan berzakat. Harta yang berkembang atau mempunyai potensi untuk terus menghasilkan. Telah mencapai nisab atau standar minimal yang dikenakan, bila belum mencapai nisab, tidak terdapat kewajiban hartanya. Melebihi kebutuhan pokok, ini artinya orang yang mengeluarkan zakat mal merupakan orang yang kebutuhan pokoknya sudah terpenuhi, selain itu ia tidak memiliki hutang atau kepemilikan harta sudah mencapai 1 tahun.

Harta yang dizakatkan harus halal, halal berarti cara memperolehnya bukan berasal dari tindakan yang dilarang agama seperti merampas, korupsi hingga menipu. Semakin berkembangnya masyarakat terutama di perkotaan, ada begitu banyak profesi yang menjadi sebuah sumber penghasilan.

Ada beberapa kategori dari harta zakat mal seperti harta dari pertanian, harta peternakan, perdagangan, hasil tambang, emas atau perhiasan, harta yang ditemukan secara kebetulan hingga harta profesi.

Lantas, siapa orang yang bisa memperoleh zakat mal ini? zakat mal bisa disalurkan untuk orang fakir, miskin, amil, mualaf, orang berhutang hingga untuk jalan Allah serta orang yang sedang melakukan perjalanan. Zakat mal tidak harus disalurkan ketika bulan ramadhan namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Melaksanakan kewajiban melakukan zakat mal untuk sesama muslim yang mempunyai kelebihan harta adalah salah satu wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta satu bentuk tindakan untuk membantu kemiskinan.

Ada beberapa bentuk dari zakat mal ini, seperti:

  1. Emas, perak. Jika Anda menyimpan emas dan perak, Anda harus mengeluarkan zakatnya. Contohnya saat Anda memiliki emas 200 gram, zakat mal yang harus dikeluarkan ialah 2,5% X 200 gr = 5 gr. Jika harga emas sekarang Rp 600.000 makan, 5 X 600.000 = Rp 3.000.000,
  2. Zakat ziroah,
  3. Zakat ma’adin,
  4. Zakat rikaz, jika Anda menemukan harta karun, Anda harus mengeluarkan zakat sebesar 20%,
  5. Zakat binatang ternak, binatang ternak yang diambil manfaatnya seperti kambing, biri-biri, unta.
  6. Zakat tijaroh. Diambil dari modal dihitung dari barang yang terjual sebesar 2,5%.
sebarkan facebook Twitter Google Plus
Pengertian Zakat Mal dan Beragam Manfaatnya | arief16 | 4.5