Syarat-syarat Kambing Kurban yang Harus Dipenuhi
Seni Budaya

Kambing merupakan hewan yang banyak digemari oleh masyarakat karena bisa dibuat berbagai makanan. Dari sate, sop, tongseng, dan masih banyak jenis masakan lainnya dari bahan daging kambing ini. Hewan ini sendiri juga bisa digunakan untuk banyak keperluan dari dikurbankan ketika idul adha hingga juga digunakan untuk aqiqah anak yang dilakukan oleh orangtua.

Salah satu kegunaan hewan kambing ini dapat untuk digunakan untuk hewan kurban bersama beberapa hewan lainnya. Dimana beberapa jenis hewan kurban selain kambing yang bisa dipilih adalah:

  • Domba merupakan spesies yang sama dengan kambing tetapi mempunyai beberapa perbedaan seperti kulitnya dan juga harganya.
  • Sapi juga merupakan hewan kurban yang mempunyai harga yang lebih mahal dan mempunyai ukuran dan daging lebih banyak daripada jenis kambing dan domba.
  • Kerbau adalah hewan dengan rasa yang khusus yang mempunyai kulit coklat dan bisa digunakan untuk berkurban ketika idul adha.
  • Unta merupakan jenis hewan yang juga bisa dibuat untuk berkurban dan biasanya digunakan di Arab karena banyak disana. Sedangkan di Indonesia jarang ada unta sehingga tidak menjadi salah satu hewan kurban yang digunakan di Indonesia.

Kambing kurban sendiri bisa digunakan untuk kurban mewakili satu orang saja tidak seperti hewan besar lainnya seperti sapi dan unta. Dimana untuk sapi dan kerbau bisa digunakan untuk kurban 7 orang bahkan untuk unta bisa untuk kurban hingga 10 orang. Hal tersebut tidak lepas dari harga kambing yang bisa didapatkan paling murah yaitu sekitar 1 jutaan rupiah saja. Sedangkan untuk hewan lainnya harganya bisa belasan hingga puluhan juta rupiah.

Apabila memilih hewan untuk dikurbankan baik dari kambing dan hewan lainnya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dianggap syah. Beberapa syarat tersebut adalah:

  • Merupakan hewan yang memenuhi jenis yaitu hewan ternak.
  • Memenuhi umur yang telah ditentukan karena apabila terlalu tua dan terlalu muda maka kurban yang dilakukan tidak akan diterima sehingga harus memilih umur hewan ternak dengan hati-hati. Untuk kambing misalnya yang boleh dikurbankan adalah yang berumur 1 masuk ke 2 tahun.
  • Kondisi fisiknya yang tidak boleh cacat dan harus sehat.
  • Kambing tersebut dan hewan kurban lainnya harus disembelih pada waktunya yaitu ketika telah selesai sholat idhul adha dan sebelum tanggal 13 dzulhijah.

Berbagai syarat tersebut harus dipenuhi ketika akan membeli hewan kurban baik kambing atau jenis lainnya terutama untuk kesehatan hewan tersebut karena akan dibagikan kepada banyak orang untuk dimasak. Dimana walaupun bukan kewajiban tetapi bagi yang bersungguh-sungguh akan bisa melakukan kurban bahkan setiap tahun dimana harga kambing sendiri sangat masih terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan kurban untuk masyarakat yang kurang mampu tetapi tetap ingin berkurban untuk agama.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Syarat-syarat Kambing Kurban yang Harus Dipenuhi | arief16 | 4.5