Tips Hemat Selama Puasa Ala Berkeluarga & Anak Kosan
Atur Duit

Menjalani ibadah puasa dibulan suci ramadhan, adalah salah satu kegiatan ibadah yang rutin dijalani oleh para umat muslim diseluruh dunia ini setiap 1 tahun sekali.  Tentu saja yang namanya menjalani ibadah pun merupakan kegiatan ibadah yang sangat dinatikan sekali oleh umat muslim. Karena saat berpuasa dibulan ramadhan, kita juga bisa semakin menambah pahala agar semakin banyak.

Apalagi bulan ramadhan pun bulan suci yang penuh keberkahan, dan bisa kita jadikan sebagai ladang pahala. Oleh karena itu, yang namanya menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan, tentu saja sangat dinantikan sekali oleh banyak kaum muslim.

Namun biasanya saat bulan ramadhan, justru pengeluaran pun semakin terus membengkak, alias membuat kita menjadi boros. Oleh karena itu, berikut ini kami akan membagikan beberapa dari tips hemat selama puasa.

Tips hemat selama puasa, berkeluarga & anak kosan

Ini tentu bisa diterapkan oleh yang sudah berkeluarga dan juga anak kosan.

Rencangan anggaran untuk bulan ramadhan

Tips hemat selama puasa adalah dengan merencakan anggaran untuk bulan ramadhan. Agar anda pun bisa tau seberapa besar jumlah perkiraan dari pengeluaran yang dibutuhkan selama bulan ramadhan. Terutama angggaran untuk membeli makanan berbuka dan juga untuk sahur.

Catat setiap pengeluaran selama bulan ramadhan

Biasanya saat bulan Ramadhan tiba, yang namanya pengeluaran pun semakin membengkak. Oleh karena itu, untuk mengontrolnya sebaiknya anda catat setiap pengeluaran selama bulan ramadhan. Agar anda juga bisa dengan mudahnya untuk mengechek atau mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi dari budjet yang sudah disediakan.

Kurangi buka bersama diluar rumah

Salah satu tradisi atau kegiatan yang biasanya sering dilakukan saat bulan suci ramadhan tiba adalah berbuka puasa dengan keluarga atau teman-teman diluar. Sepertinya kegiatan ini pasti menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan saat bulan ramadhan tiba. Sehingga jika anda sering berbuka puasa diluar rumah, hal tersebut pasti akan membuat pengeluaran menjadi semakin bengkak. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan terlalu sering berbuka puasa diluar rumah.

Kurangi untuk bepergian ke mall

Untuk tips hemat selama puasa yang selanjutnya adalah dengan mengurangi untuk bepergian ke mall atau berbagai macam pusat perbelanjaan yang lainnya. Apalagi saat teman-teman anda mengajak pergi jalan-jalan untuk ngabuburit keluar rumah. Sebaiknya anda menolaknya saja. Karena jika kita sering bepergian ke mall atau pusat perbelanjaan, tentu saja hal tersebut bisa membuat isi kantong pun menjadi jebol. Apalagi saat kita dengan mudahnya tergiur berbagai macam diskon ataupun promo menarik yang ditawarkan oleh mall maupun pusat perbelanjaan tersebut.

Semoga beberapa dari tips hemat selama puasa yang sudah kami bagikan ini, semoga bermanfaat untuk anda. Agar saat bulan suci ramadhan, pengeluaran anda pun tidak semakin membengkak, maka yang pasti rekomendasi tulisan ini sangat cocok untuk Anda. Apalagi saat bulan suci ramadhan yang namanya godaan banyak sekali.

Nah, setelah Anda sudah berhemat selama 1 bulan maka pengeluaran Anda pun bisa Anda tabungan dan juga bisa Anda sumbangan untuk keperluaan yang wajib Anda lakukan. Seperti, membagikannya sumbangan ke yatim piatu. Di hari kemenangan lebaran idul fitri bisa Anda rasakan betapa nikmatnya dengan turut ikut berbagi kebahagian dengan orang lain.

Bila Anda sudah berkeluarga sampai salam ke keluarga untuk ucapkan selamat idul fitri. Begitu pula untuk Anda ada kosan sekolah, mahasiswa dan pekerja hendak pulang mudik nyambut keluarga di kampung halaman pada saat menjelang idul fitri. Sampaikan juga salam dan selamat menyambut idul fitri 2017. Apa yang kita lakukan dengan baik dan benar menjadi bermanfaat di masa mendatang.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Tips Hemat Selama Puasa Ala Berkeluarga & Anak Kosan | arief16 | 4.5