3 Manfaat Memahami Hukum Qurban dengan Baik
Seni Budaya

Ada beberapa catatan dalam hukum qurban yang perlu ditaati sebelum berkurban di hari lebaran haji ini, supaya amalnya maksimal. Melakukan suatu amalan namun secara asal tidak disertai dengan ilmu sudah tentu faedahnya akan terbatas bahkan hilang sama sekali.

Tidak terkecuali untuk ibadah berkurban bagi Anda yang merasa sudah mampu baiknya pahami ilmu dan hukumnya dengan seksama. Hal ini penting untuk mengetahui tata cara berkurban yang baik dan benar agar tidak rugi, baik rugi di dunia maupun nanti di akhirat.

Manfaat Memahami Hukum dalam Ibadah Kurban

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang utama dan dianjurkan umat muslim menerapkannya, meskipun hanya sekali seumur hidup. Luangkan sisa uang yang Anda terima setiap bulan untuk post biaya pembelian hewan kurban.

Niat yang sungguh-sungguh dibarengi dengan pemahaman pentingnya berkurban akan memudahkan langkah mengumpulkan uang. Ketika Anda memilih berkurban kambing maka dianjurkan membeli secara mandiri bukanya patungan, kecuali jika lebih tertarik berkurban sapi, kerbau, atau mungkin unta.

Sebelumnya Anda tentu perlu sekali memahami dasar hukum dalam ibadah berkurban di hari lebaran haji ini. Tujuannya adalah untuk bisa memetik beberapa manfaat berikut:

1. Paham cara memilih hewan kurban,

Tanpa ilmu maka ketika membeli hewan kurban Anda akan memilih secara asal padahal ada ketentuan wajib di dalamnya. Hewan yang dikurbankan harusnya dalam kondisi sehat dan tubuh sempurna tanpa ada cacat sekalipun.

Paham mengenai hukum dasar ibadah berkurban akan mencegah kesalahan memilih hewan kurban, sehingga amal ibadahnya lebih sempurna. Selain itu Anda pun bisa mendapatkan hewan yang dagingnya berkualitas karena memilih yang terbaik.

2. Menentukan jenis hewan kurban dengan tepat,

Hewan yang bisa Anda konsumsi tentu jenisnya banyak mulai dari jenis unggas sampai hewan berkaki empat. Namun tidak semua jenis hewan di sekitar Anda masuk kategori hewan kurban, maka paham ilmu berkurban sangat penting.

Supaya lebih paham jenis hewan mana saja yang sah untuk menunaikan ibadah berkurban. Diwajibkan memilih hewan ternak berkaki empat seperti kambing, sapi, unta, dan juga kerbau. Kalau umat muslim di tanah air mayoritas menggunakan kambing dan sapi, jikalau sapi sulit dicari maka bisa beralih ke kerbau.

3. Membagi daging kurban dengan benar,

Pembagian daging kurban pun rupanya tidak bisa dilakukan secara asal sebab ada ketentuan khususnya. Anda selaku pemilik daging kurban tidak diperkenankan ikut menerima daging kurban tersebut. Daging ini akan diberikan kepada orang sekitar dengan mendahulukan yang lebih membutuhkan.

Idealnya untuk memaksimalkan pembagian daging kurban ini Anda memilih menyembelihnya di lokasi yang belum banyak masyarakat yang berkurban. Supaya masyarakat sekitar masjid tersebut bisa mencicipi daging sapi ataupun kambing yang Anda pilih.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 3 Manfaat Memahami Hukum Qurban dengan Baik - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892