Pengertian Mesin Bubut dan Cara Memilihnya
Gadget

Mesin bubut adalah sebuah perkakas mesin yang terbuat dari logam dan berfungsi untuk membentuk sebuah benda dengan teknik menyayat dan dengan gerakan yang memutar. Dalam dunia industri, mesin ini sangat berguna seperti dalam pembuatan sepeda motor, misalkan adalah untuk membuat mur, baut, roda gigi, tromol, poros dan masih banyak lagi.

Mesin ini sering dihubungkan dengan mesin bor atau drilling machine, mesin gerinda atau grinding machine, mesin frais atau milling machine, mesin sekrap atau shapping machine, mesin gergaji atau sawing machine dan jenis-jenis mesin lainnya. Selain digunakan dalam dunia industri, mesin ini juga dipakai oleh tukang las untuk mempermudah mereka memotong besi atau membuat sayatan pada jalur mur atau baut.

Untuk menggunakan mesin ini diperlukan seseorang yang sudah ahli karena proses pengaplikasiannya sangat sulit dan rumit, dan akan berbahaya jika ditangani oleh orang-orang yang awam. Mesin ini berfungsi untuk melakukan pembubutan rata dan bertingkat, melakukan pengeboran dengan membubut dalam logam, membuat gerigi, membuat ulir segi tiga luar dan dalam, membuat segi enam luar dan dalam serta membuat tirus dan ulir tirus, dan membuat copy dan eksentrik.

Bila seorang mekanik mendapatkan job untuk membubut, tidak bisa langsung dengan melakukan pemotongan logam tersebut, melainkan ia harus memperhatikan dan mempelajari hal-hal berikut ini:

  • Mempelajari gambar kerja, agar memperoleh ukuran yang pas setelah mengetahui bentuknya.
  • Mengetahui tekstur bahan tersebut. Apakah keras, sedang atau lunak.
  • Mengetahui kualitas hasil bubut yang diinginkan seperti halus atau kasar.
  • Pahat yang cocok digunakan baik dari bahan maupun bentuknya.
  • Alat bantu yang dibutuhkan seperti alat pembawa, alat penyangga, alat penyangga tetap atau brill.
  • Mengetahui apakah mesin hoes bekerja ganda atau tunggal.

Memilih dan membeli mesin bubut membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Tidak bisa asal memilih saja. Tentu hal ini juga berbanding lurus dengan kualitas mesin yang diinginkan serta harga dari mesin tersebut. Mesin ini digunakan untuk pekerjaan yang cukup berat sehingga prioritas utamanya adalah kualitas mesin. Untuk memilih berbagai macam mesin bubut untuk kebutuhan industri, kunjungi situs jual mesin bubut di bukalapak. Banyak macam mesin bubut dalam berbagai merk dan harga.

Berikut ini adalah cara-cara dalam memilih mesin ini:

  • Ketahui kualitas merk mesin tersebut berdasarkan spesifikasi dan karakteristik yang menjabarkan kemampuan dan keunggulan mesin tersebut.
  • Pilihlah mesin yang memiliki sistem operasi mudah dan otomatis, jadi Anda dapat mengaturnya sesuai ukuran.
  • Pilih mesin dengan komponen yang lengkap, termasuk bagian pemotong yang dapat disesuaikan dengan ukuran lingkaran yang dihasilkan.
  • Pilihlah yang bergaransi lengkap. Sehingga mengantisipasi terjadinya kerusakan pada kinerja mesin sehingga Anda bisa terhindar dari kerugian.
  • Perhatikan nominal harga yang disematkan untuk setiap model mesin tersebut. Beda tipe akan mempengaruhi kemampuan dan harga penawaran juga.

Ada banyak sekali pilihan yang lengkap dan tepat untuk setiap kebutuhan pembubutan, yang dapat disesuaikan dengan keperluan masing-masing orang ataupun industri terkait. Begitu pula dengan mesin yang akan digunakan untuk bekerja sudah semestinya harus sesuai standar.

Tidak masalah jika Anda ingin membeli mesin bubut dalam kondisi second, yang terpenting adalah keadaan mesin tersebut. Apakah mesin tersebut memiliki kondisi bed yang baik, menghasilkan hasil bubutan yang baik, gear dan bearing tidak aus, sistem penggerak otomatisnya apa masih berfungsi dengan baik serta bagaimana kondisi roda gigi pengganti atau changer gear nya.

Untuk memilih berbagai macam mesin bubut langsung saja kunjungi situs jual beli online terpercaya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Pengertian Mesin Bubut dan Cara Memilihnya - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892