Produk Kelapa Sawit RGE Dibuat Jadi Apa Saja?
Tetap Bugar

Indonesia patut berbangga memiliki perusahaan seperti Royal Golden Eagle (RGE). Berkat mereka, sejumlah sumber daya alam di negeri kita bisa memiliki nilai tambah tinggi. Salah satunya kelapa sawit yang dapat diolah menjadi beragam produk bermanfaat.

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang paling diminati. Banyak pihak yang tahu persis nilai gunanya sehingga rela mengembangkan perkebunan kelapa sawit. Ini membuat negeri kita dicatat oleh World’s Top Exports sebagai negara pengekspor produk kelapa sawit terbesar di dunia. Pada 2016, nilai transaksi ekspor kelapa sawit negeri kita diperkirakan mencapai 14 miliar dollar Amerika Serikat.

Royal Golden Eagle yang pertama kali berdiri dengan nama Raja Garuda Mas merupakan salah satu perusahaan besar dalam industri kelapa sawit di Indonesia. Grup yang didirikan pada 1973 ini mempunyai dua anak perusahaan yang berkecimpung dalam bidang tersebut, yakni Asian Agri dan Apical.

Ada beragam produk yang dapat dihasilkan dari kelapa sawit. Sebelumnya orang hanya mengenal kelapa sawit sebagai bahan baku minyak goreng. Kelapa sawit ditanam di perkebunan dan dirawat sedemikian rupa. Dalam tiga hingga empat tahun sesudahnya, kelapa sawit akhirnya bisa dipanen.

Palm Oil Product

Source: Asian Agri

Ketika memanen kelapa sawit, buahnya yang berupa tandan buah segar yang dimanfaatkan. Banyak yang mengetahui bahwa hasilnya adalah minyak goreng yang dimanfaatkan untuk memasak. Hal itu tepat namun membatasi produk yang dapat dihasilkan dari kelapa sawit. Sesungguhnya masih banyak sekali produk yang dihasilkan dari kelapa sawit.

Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa produk dari kelapa sawit yang dibuat oleh Royal Golden Eagle.

MINYAK GORENG

Inilah produk olahan kelapa sawit yang paling diketahui. Kelapa sawit dapat dijadikan bahan untuk membuat minyak goreng. Royal Golden Eagle juga memproduksinya lewat anak perusahaannya, Asian Agri.

Unit bisnis Royal Golden Eagle ini memiliki dua jenis minyak goreng yang dihasilkan dari kelapa sawit, yakni palm oil dan palm kernel oil.  Ada perbedaan antara keduanya. Palm oil lebih akrab disebut sebagai minyak sawit karena berasal dari buah kelapa sawit. Namun, palm kernel oil sedikit berbeda. Produk ini berasal dari biji yang ada di dalam buah kelapa sawit.

Kedua produk ini sama-sama bermanfaat. Minyak goreng dari kelapa sawit dikenal memiliki beragam kelebihan. Produknya aman untuk wanita hamil serta berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan beta karoten di dalamnya juga membuat minyak kelapa sawit sangat bagus dalam meningkatkan energi dan mempertahankan mata tetap sehat.

MARGARIN

Kelapa sawit ternyata berguna untuk pembuatan margarin. Nantinya margarin dapat digunakan untuk menumis maupun membuat kue. Royal Golden Eagle juga mengolah kelapa sawit menjadi margarin. Mereka memiliki beragam jenis margarin yang diproduksi oleh salah satu anak perusahaannya, Apical.

Apical merilis tiga merek margarin yang diproduksinya. Merek tersebut adalah Vitas, Medalia, dan Bakeria. Seperti mentega lain, ketiga jenis merek tersebut berguna dalam membuat kue, roti, hingga cookies.

BAKERY FAT

Seperti namanya, bakery fat digunakan untuk beragam hal mulai dari membuat biskuit, roti, hingga donat. Publik lebih mengenalnya sebagai mentega putih yang dapat diaplikasikan untuk membuat adonan kue, melembutkannya, hingga dipakai untuk menggoreng. Salah satu anak perusahaan Royal Golden Eagle, Apical, merilis dua buah merek bakery fat, yakni Vitas dan Medalia.

CREAM FAT

Cream fat adalah lemak yang terbuat dari minyak nabati yang dimurnikan. Untuk membuatnya, kelapa sawit bisa menjadi bahan bakunya. Ini pula yang dibuat oleh Apical. Dengan bendera merek Vitas, anak perusahaan RGE ini merilis empat varian cream fat solid yang dapat diaplikasikan untuk pembuatan roti hingga beragam jenis gula-gula.

BERAGAM JENIS LEMAK

Kelapa sawit berguna sebagai bahan dasar beragam jenis lemak. Ada yang digunakan sebagai confectionary fat, frying fat, hingga butter oil subsittute. Produk-produk ini juga diproduksi oleh Royal Golden Eagle. Publik bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan pembuatan roti atau kegiatan memasak.

PRODUK PENDORONG LAKTASI

Kelapa sawit ternyata juga memiliki manfaat sebagai perangsang produksi susu dalam kegiatan laktasi. Para wanita menyusui bisa memanfaatkannya. Apical merilis Optima 100 sebagai produk yang masuk dalam kategori ini.

PRODUK NON MAKANAN

Kelapa sawit tidak hanya berguna untuk beragam produk yang dapat dimakan. Hasil olahannya juga pembuatan lilin maupun industrial wax. Apical merilis Topas Hydrogenated Palm Stearin dalam kategori ini.

Source: Apical

Semua produk olehan kelapa sawit dihasilkan oleh Royal Golden Eagle melalui dua anak perusahaannya, Asian Agri dan Apical. Ada standardisasi tinggi yang dipegang oleh RGE dalam pembuatannya. Hal itu terlihat dari beragam sertifikasi yang diperoleh oleh grup yang dulu pernah bernama Raja Garuda Mas tersebut.

Seluruh produk buatan Apical dipastikan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh PORAM (Palm Oil Refiners Association of Malaysia). Selain itu, untuk semua produk makanan, keamanannya telah dijamin lewat sertifikasi HACCP. Bukan hanya itu, label halal yang penting bagi umat muslim juga telah dimiliki. Hal itu ditambah dengan sertifikasi  KOSHER, ISO 9001: 2008, dan ISO 22000:2005.

Standar serupa diperoleh oleh semua produk Asian Agri. Bahkan, mereka melengkapinya dengan jaminan keberlanjutan. Hal itu ditandai dengan tiga sertifikat, yakni  Roundtable of Sustainable Palm Oil (RSPO), International Sustainability & Carbon Certification (ISCC), dan  Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Akan tetapi, selain beragam produk buatan Royal Golden Eagle tersebut masih ada barang lain yang bisa dibuat dari kelapa sawit. Semuanya bermanfaat bagi keperluan manusia sehari-hari. Ambil contoh pemanfaatannya untuk campuran energi biodiesel.

Diesel merupakan jenis mesin yang dikenal tangguh. Mesin diesel sering dimanfaatkan untuk industri transportasi hingga pembangkit listrik. Terkait pembangkit listrik, bahan bakarnya dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapa sawit. Kalau itu dilakukan, manfaatnya sangat baik untuk lingkungan karena emisinya lebih rendah.

Selain itu, kelapa sawit dapat dipakai sebagai minyak pelumas. Caranya minyak kelapa sawit digunakan untuk untuk melumasi bagian luar dari mesin dan beragam perangkat lainnya. Ada beberapa jenis mesin 2 tak yang menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli di bagian sampingnya.

Pemanfaatan kelapa sawit dalam industri juga besar. Kelapa sawit berguna dalam dalam pembuatan cat. Minyaknya bermanfaat dalam pembuatan cat tembok, mobil, vernis dan compound yang sering digunakan untuk melakukan proses pemolesan pada body mobil.

Banyak juga yang menggunakan kelapa sawit sebagai campuran untuk pembuatan dempul. Berbentuk pasta, dempul bermanfaat untuk perbaikan-perbaikan pada patahan tertentu pada bagian atau permukaan dari besi dan plastik.

Sementara itu, dalam keseharian, banyak pihak yang tidak sadar telah menggunakan produk dari kelapa sawit. Anda sering memakai pomade? Produk ini dibuat dari minyak kelapa sawit. Begitu pula halnya dengan pasta gigi, beberapa jenis krim kulit, serta body lotion.

Banyak sekali manfaat kelapa sawit yang mulanya tidak begitu dikenal. Namun, kini Anda telah mengetahuinya dengan baik. Manfaatnya pun telah Anda rasakan.

Royal Golden Eagle terbukti telah memberi manfaat bagi banyak orang. Berbagai jenis produk bisa dibuat dari kelapa sawit yang mereka tanam, pelihara, hingga yang mereka olah.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Produk Kelapa Sawit RGE Dibuat Jadi Apa Saja? - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892