5 Alasan Memilih Penthouse sebagai Alternatif Pilihan Apartemen di Balikpapan untuk Kalangan Ekspatriat
Bisnis Properti

Pernah berkunjung atau tinggal di hunian vertikal? Bagi Anda yang sudah pernah, mungkin Anda tahu jika lantai teratasnya dihuni oleh kalangan tertentu saja. Banyak apartemen di kota-kota besar memiliki penthouse di puncak apartemennya, termasuk apartemen di Balikpapan. Terdapat lift khusus untuk mengantar pemiliknya ke penthouse hingga menjanjikan privasi lebih lainnya pada kalangan ekspatriat.

Bangunan apartemen belum lengkap jika tidak menyediakan penthouse. Keberadaan unit ini menjadi prestise dan gengsi tersendiri bagi developer-nya. Sebagian penthouse yang baru dibangun pun selalu habis terjual dalam waktu singkat. Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari kalangan ekspatriat memilih penthouse sebagai hunian mereka. Lantas apa alasan mereka sehingga lebih memilih penthouse daripada apartemen biasa? Berikut 5 ulasannya.

Kenyamanan

Tingkat kenyamanan memang bergantung pada kebutuhan akan individu masing-masing. Jika anda memiliki banyak anak kecil, memiliki apartemen biasa mungkin bukan pilihan tepat. Namun jika Anda memilih penthouse, kenyamanan apartemen tersebut bisa Anda rasakan bersama keluarga Anda. Kenyamanan yang diperoleh dari banyak fasilitas yang bersifat privasi dapat Anda rasakan di sini.

Di apartemen tertentu bisa terdapat 7-10 unit lift dan belum termasuk lift cadangan. Lift-lift ini berfungsi untuk mengakomodir kepentingan, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuni agar tidak kesulitan memperoleh lift untuk turun ataupun naik ke unit apartemen dan penthouse yang mereka miliki.

Interior dan furniturnya yang ‘wah’ menjadikan warga ekspatriat yang memiliki kepentingan bisnis atau ditugaskan bekerja di Balikpapan menjadi pasar utama untuk menyewa penthouse ini. Jika lantai di bawahnya berupa apartemen biasa dan terdiri dari banyak unit dalam satu lantai, maka di lantai teratas ini Anda hanya akan menemui 1-2 unit saja. Ada pilihan full furnished atau unfurnished (tanpa furnitur).

Developer biasanya menjual atau menyewakan ruang ini dengan harga termahal karena merupakan tempat yang paling luas dan mewah, termasuk fasilitas yang menyertainya.  Penthouse pun kini diibaratkan sebagai rumah mewah yang dibangun hanya untuk kenyamanan para ekspatriat, yaitu top executive atau penyewa mapan. Untuk unit yang tidak terletak di lantai paling atas, namanya berubah menjadi Penthouse Junior.

Privasi

Seringkali orang memerlukan tempat tinggal yang benar-benar tenang sehingga bisa menghilangkan stres atau lelah sepulang kerja karena memang untuk kalangan ekspatriat, memiliki waktu luang untuk pergi berlibur jelas merupakan hal yang agak sulit.  Namun hal ini bukan berarti tidak ingin bersosial dengan tetangga.

Penthouse yang lebih dari sebuah apartemen di Balikpapan ini merupakan tempat yang sangat tepat bagi Anda karena lebih privasi dan sebagian besar penghuninya adalah orang sibuk sehingga Anda akan lebih mendapatkan ketenangan di sini.

Fasilitas

Ada beragam ukuran penthouse, dari 250 m2, 550 m2, 773 m2, 938 m2, dan lainnya yang tentu lebih luas lagi. Alasan ekspatriat lebih memilih penthouse selanjutnya adalah dari segi fasilitas yang ada, seperti private sky jacuzzi, sky pool, sky bar, residence lounge, exclusive dining and restaurant yang dipadukan dengan konsep entertaining lifestyle, international gym, private cinema, kids playground, multi-function room, dan lobi.

Meski fasilitas apartemen sudah dilengkapi oleh pihak developer yang memang sengaja ingin memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik seperti lapangan tenis, taman bermain untuk anak, sauna, kolam renang, fitness center dan lainnya, namun fasilitas tersebut merupakan milik umum pengguna apartemen secara global sedangkan kaum ekpatriat menginginkan fasilitas yang sifatnya lebih pribadi.

Sebagian besar penthouse yang dibangun lebih mengarah pada family oriented, yaitu setiap ruangan di unit penthouse memiliki kedekatan dengan ruang keluarga, sehingga dalam setiap kesempatan anggota keluarga bisa berkumpul di ruang keluarga.
masing-masing unit penthouse juga memiliki fasilitas kolam renang pribadi dan kebun, sauna pribadi yang bisa dipergunakan dengan briket batu bara atau uap.

Pada beberapa apartemen, di lantai bawah penthouse-nya terdapat plaza berkonsep business and pleasure dan tersedia 11 tempat meeting privat dan unik dengan kaca transparan, yang bentuknya seperti kepompong kaca. Adapula pilihan lain untuk Anda, yaitu penthouse yang memiliki private swimming pool dan whirlpool atau yang private outdoor garden, sesuaikan dengan selera Anda.

Keamanan

Apartemen (terutama penthouse) memang memiliki risiko yang lebih banyak daripada hunian landscape untuk dijadikan tempat tinggal. Oleh karena itu, untuk memberikan rasa aman kepada penghuni, developer biasanya memanfaatkan teknologi identifikasi sidik jari dan hanya yang telah terdaftar saja yang bisa mengakses ke unit penthouse.

Cara kerja sistem ini yaitu dengan mengidentifikasi setiap penghuni yang masuk masuk ke setiap unit. Jadi pada waktu kedatangan, pemilik dan anggota keluarga diwajibkan memberikan sidik jarinya dan disimpan ke dalam data akses keamanan hunian. Fasilitas keamanan yang tak kalah menarik pada hunian vertical ini adalah sistem kamera intercom pribadi yang dapat Anda gunakan untuk pesan makanan delivery.

Ketika tiba di lantai yang dituju, penghuni akan langsung tiba di ‘halaman’ unit penthouse miliknya. Sistem keamanan lainnya yaitu kepemilikan kartu akses. Jadi hanya pemilik kartu akses yang bisa naik ke lantai tertentu, sehingga jika ada tamu yang berkunjung, harus terlebih dahulu dijemput pemilik penthouse. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan penghuninya.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Anda sangat tertarik bukan untuk menginjakkan kaki (lagi) ke sana? Sekadar memanjakan mata melihat berbagai macam fasilitas pribadi dari sebuah penthouse pada apartemen di Balikpapan atau syukur-syukur diberi kesempatan untuk mencobanya. Nah untuk yang belum pernah melihatnya sama sekali, segera kumpulkan tabungan Anda dulu ya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 5 Alasan Memilih Penthouse sebagai Alternatif Pilihan Apartemen di Balikpapan untuk Kalangan Ekspatriat - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892