Tips Test Drive Untuk Mencoba Mobil Baru atau Bekas
Otomotif

Melakukan test drive pada saat akan membeli mobil adalah hal yang wajib dilakukan, baik itu untuk pembelian mobil baru maupun yang bekas. Jika kita lalai pada saat test drive, bisa saja malah akan membuat penyesalan nantinya. Maka dari itu, test drive yang teliti harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Test drive sendiri adalah tahap awal pengecekan secara detail kelebihan dan kekurangan mobil yang akan dibeli.

Untuk membantu kamu yang ingin melakukan test drive, berikut kami berikan beberapa tipsnya.

  1. Pastikan Kenyamanan dan Jarak Pandang

Pada saat kamu berada didalam mobil, perhatikan kenyamana duduk anda. Lihatlah kiri- kanan, kaca spion, kelegaan ruangang, lampu lalu lintas, dan hal-hal lainnya. Karena tidak semua mobil cocok untuk semua orang. Coba tengok lampu lalu lintas apakah terlihat dengan jelas atau tidak. Ketidaknyamanan mobil karena ketidakcocokan dengan diri anda bisa sangat mengganggu dan bisa membawa bencana.

  1. Aturlah Kursi Sedemikian Rupa

Coba turunkan dan naikkan posisi kursi mobil. Rasakan empuk tidaknya, juga lembut atau kasarnya. Kursi mobil yang kasar bisa membuat kulitmu lecet jika terlalu lama duduk. Perhatikan apakah kursi dalam mobil tersebut bisa fleksibel atau idak. Ini akan memberikan kenyamanan yang optimal baik untuk pengemudi atau penumpangnya.

Jangan lupa juga pasang sabuk pengaman. Pastikan sabuk pengaman tersebut cocok untuk anda dan nyaman digunakan.

  1. Tentukan Jenis Mobil Yang Akan Anda Beli

Selain merk mobil yang anda tuju, pasikan kamu juga mengetahui jenis mobil apa yang akan dibeli. Ini berguna bagi kamu jika terasa kurang cocok dengan mobil awal yang dicek sebagai perbandingan.

Jika kamu mau mencoba mbil jenis SUV, janganlah untuk juga mencoba mobil jenis sedan karena kedua jenis tersebut akan menimbulkan efek yang sangat berbeda.

Jangan mudah termakan bujuk rayu para sales pada saat tes drive calon mobil impian kamu.

  1. Test Drive Jarak Jauh dan Malam Hari

Jika memungkinkan, mintalah kepada para sales untuk mencoba mobil selama seharian penuh. Ini berguna untuk mengetahui performa mobil jika lama dijalankan. Coba juga untuk mengemudikannya di waktu malam hari. Pastikan sorot lampu dan pencahayaan yang optimal bagi mobil tersebut

  1. Kemudikanlah Dengan Kecepatan Tinggi

Pastikan kamu bisa test drive di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Kemudikan mobil tersebut dengan kecepatan tinggi. Rasakan apakah mobil tersebut tidak goyang dengan kecepatan tersebut. Jika mampu, kamu harus juga mengetes mobil dengan kecepatan maksimal. Perhatikan juga remnya, apakah mudah untuk digunakan atau tidak. PerhatikanĀ  bunyi-bunyi dan getaran pada saat mobil melaju tinggi.

  1. Coba Untuk Ketempat Parkir

Selain mencoba mengendarai di jalan tol, kamu harus juga harus mengemudikan mobil tersebut ketempat ramai. Kamu juga harus memarkirkan mobil ketempat parkiran penuh mobil lain dan keluar dari tempat tersebut. Perhatikan kenyamanan maju-mundur dan penglihatan kamu saat mengemudikannya.

  1. Khusus Untuk Mobil Bekas, Cek Juga Knalpot dan Body Mobil

Jika kamu ingin membeli mobil bekas, pastikan kamu mengecek dengan teliti knalpot dan body mobil. Jika knalpotnya kering berarti normal namun jika beroli berarti ada masalah dengan mesin. Pastikan anda mengetahui riwayat penyakit mobil bekas agar tidak terjadi penyesalan. Cek juga kap dan body mobil apakah ada bekas penyok, patah, atau kebocoran.

Setelah tips test drive untuk mencoba mobil baru atau bekas diatas sudah dilakukan, catatlah dengan cermat kekurangan dan kelebihan mobil tersebut. Jika diperlukan, membawa montir langganan anda pas test drive bisa dilakukan untuk memperjelasnya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Tips Test Drive Untuk Mencoba Mobil Baru atau Bekas - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892