Tinggalkan Makanan Beku di Freezer Selama Liburan, Ini Tips Amannya
Tetap Bugar

Liburan merupakan acara yang menyenangkan. Oleh karena itu, persiapan liburan pun biasanya sangat rinci agar ketika saat liburan dapat optimal menikmatinya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin liburan, salah satunya yaitu memastikan keadaan rumah aman saat ditinggalkan dengan cara mencabut perangkat listrik. Hal tersebut menghindari terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Namun, adakalanya freezer yang ada di rumah tidak bisa begitu saja dimatikan karena ada makanan beku yang masih ingin dikonsumsi. Jadi, tetap freezer dihidupkan namun harus diperhatikan keamanannya. Salah satu masalah lagi adalah jika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba, sedangkan Anda sudah liburan. Bagaimana triknya agar mengetahui bahwa makanan beku di freezer sudah rusak atau belum?

Berdasarkan info yang dikutip dari Liputan6.com dan chiller.id, ada beberapa trik aman untuk mengetahui apakah makanan beku yang ada di freezer sudah rusak atau belum. Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

  1. Pakai gelas dan koin untuk mengetahui apakah ada pemadaman listrik

Trik ini dilakukan dengan cara yaitu pertama isi gelas tersebut dengan air sampai penuh lalu masukkan ke freezer dan tunggu sampai beku. Setelah beku, letakkan koin diatasnya dan tempatkan kembali ke freezer. Nah, jika nanti pulang liburan dan mendapati koin masih tetap diatas maka tidak ada pemadaman listrik.

Namun jika koin tersebut berpindah lokasi (ada di tengah atau bawah), maka telah terjadi pemadaman listrik yang lama sehingga makanan beku yang ada di dalam freezer tersebut diindikasikan sudah mengalami kerusakan. Jika terjadi seperti itu, makanan beku tersebut dapat dibuang saja.

  1. Bertanya kepada tetangga

Cara ini paling ampuh, karena bertanya kepada orang yang alami pemadaman listrik atau tidak. Tanyalah dengan teliti, apakah sudah terjadi pemadaman listrik lebih dari 4 jam. Jika kurang dari 4 jam, maka kemungkinan makanan beku masih bisa dikonsumsi.

Namun kebalikannya, jika pemadaman listrik lebih dari 4 jam maka sudah pasti makanan beku yang ada di freezer sudah mengalami kerusakan.

Demikian tips aman meninggalkan makanan beku di dalam freezer selama liburan. Semoga tips dan trik diatas dapat membantu.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Tinggalkan Makanan Beku di Freezer Selama Liburan, Ini Tips Amannya - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892