Cara Mempersiapkan Mobil Menjelang Musim Hujan
Akomodasi, Otomotif

Menjelang musim hujan, pecinta otomotif mulai berpikir-pikir apa saja yang sebaiknya dilakukan agar mobil siap menghadapi hujan dan angin. Untuk itu, kami sudah menyiapkan daftar elemen-elemen yang harus Anda periksa untuk menyiapkan mobil menjelang musim hujan, agar Anda tetap aman berkendara. Yuk, kita simak bersama.

Bagaimana Jarak dan Daya Pandang Anda?

Hujan tropis di Indonesia bisa mengurangi jarak pandang secara drastis. Padahal, daya pandang yang optimal sangat penting dalam keamanan berkendara. Begini caranya agar daya pandang Anda tetap bagus saat musim hujan tiba:

  1. Periksa wiper. Setelah musim kemarau yang panas dan kering, wiper yang terbuat dari karet bisa saja mengalami kerusakan tanpa Anda sadari. Periksa apakah wiper depan dan belakang masih bekerja baik. Tanda bahwa wiper perlu diganti adalah ketika meninggalkan noda di kaca mobil waktu sedang bekerja. Periksa juga apakah reservoir wiper memiliki cukup cairan pembersih.
  2. Periksa semua lampu. Bukan hanya lampu dekat dan jauh, tetapi juga semua lampu sen (depan dan belakang), lampu rem, lampu kabut, dan lampu atret. Segera ganti jika salah satu tidak berfungsi. Meksipun Anda merasa bahwa lampu kabut tidak banyak fungsinya, sebenarnya Anda bisa menggunakannya agar mobil Anda terlihat oleh pengendara lain ketika hujan lebat.
  3. Perhatikan bintik-bintik jamur di kaca mobil. Jamur bukan hanya tidak sedap dipandang, tapi juga mengganggu daya pandang. Ada beberapa cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa Anda coba, di antaranya membeli produk pembersih antijamur di toko otomotif. Pastikan membeli produk bebas amonia dan menggunakan kain mikrofiber berkualitas ketika menggunakannya di kaca mobil.

Periksa Rem Mobil Anda

Rem mobil merupakan elemen yang sangat penting diperiksa sebelum musim hujan tiba. Berkendara di jalanan yang becek atau licin akibat hujan berkepenjangan berarti rem mobil harus prima. Jika lampu oranye yang menandakan rem di dashboard mobil menyala, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa. Apalagi jika lampu merah yang menyala. Cek pula apakah minyak rem masih cukup atau tidak.

Perhatikan Ban Mobil

Ban mobil merupakan sesuatu yang jarang kita ingat, tetapi kondisi ban yang bagus berperan penting untuk keselamatan Anda, apalagi di musim hujan. Ban mobil harus bisa mengevakuasi partikel-partikel air dan “mencengkeram” jalanan agar mobil tidak terpeleset. Periksa apakah kedalaman relief ban masih berada di batas keamanan yang dianjurkan (setidaknya 1,8 mm). Jika Anda melihat sebagian relief ban sudah aus atau kedalamannya kurang dari 1,8 mm, segera ganti.

Pastikan Mesin Dalam Kondisi Prima

Pastikan mesin mobil dalam kondisi prima sebelum memasuki musim hujan. Anda tidak ingin mobil mogok di jalan tol saat hujan deras, bukan? Untuk memastikan agar mesin mobil tidak mengalami kerusakan saat musim hujan, hindari berkendara di jalanan yang banjir. Kerusakan yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam mesin bisa membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Rencanakan Rute Perjalanan

Rencanakan rute perjalanan Anda menggunakan aplikasi penyedia peta online untuk menghindari daerah rawan banjir. Jika Anda telanjur terjebak banjir setinggi kap mobil, menepilah dan matikanlah mesin segera. Hubungi servis penderekan mobil agar Anda tidak harus menyalakan mesin mobil untuk keluar dari jalanan yang banjir.

Kini Anda sudah mengetahui kiat-kiat untuk menyiapkan mobil menjelang musim hujan, mulai dari upaya pencegahan hingga cara menghilangkan jamur pada kaca mobil. Intinya, Anda harus memastikan bahwa keamanan Anda mendapatkan prioritas utama. Mengecek elemen-elemen yang sering kita anggap remeh seperti lampu mobil sebenarnya sangat penting apalagi di musim hujan.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Cara Mempersiapkan Mobil Menjelang Musim Hujan - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892