Pengertian Otak Besar Manusia dan Fungsinya
Inspiratif

Otak besar atau yang bahasa kedolterannya adalah ceberum, merupakan salah satu bagian otak yang paling mendominasi dalam susunan otak, dimana berat keseluruhan otak manusia itu setengahnya adalah otak besar. Mengenai funsgi otak besar manusia, sangat erat kaitannya dengan fungsi tubuh yang menghubungkan pada bagian susunan pada otak besar itu sendiri. Menurut para peneliti, otak besar itu memiliki puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu neuron yang dapat mengirimkan segala informasi ke bagian tubuh lainnya. Letak otak besar itu sendiri terletak pada bagian anterior otak bagian depan.

Secara keseluruhan, otak itu terbagi menjadi beberapa bagian dimana masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, otak dipisahkan menjadi 2 bagian yakni otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Masing-masing belahan otak tersebut memiliki tugas yang terbalik, yakni otak kanan mengatur tubuh bagian kiri sedangkan otak kiri mengatur tubuh bagian kanan. Fungsi otak besar juga tergantung pada lobus, yang memiliki peranan-peranan tertentu.

Dlihat dari sisi lobus, otak besar dapat dipisahkan menjadi 4 bagian yang masing masing-diantaranya adalah :

  1. Lobus Frontal

Letak lobus frontal berada persis dibagian tukang belakang frontal, dimana otak besar memiliki tugas sebagai pusat koordanasi dari segala pergerakkan tubuh. Selain itu, ia juga akan menyediakan fasilitas untuk motorik sadar, emosi, pencernaan, dan naluri.

  1. Lobus Parietal

Lobus yang kedua adalah lobus parietal, dimana lobus yang satu ini searah dengan tulang parietal yang berada di bagian otak tengah bagian atas. Mengenai fungsinya, lobus parietal akan merespon semua rasa dan pikiran manusia.

  1. Lobus Temporal

Lobus yang ketiga itu bernama lobus temporal, yang berada persis di bagian tulang temporal. Selain itu, lobus yang satu ini berfungsi untuk mengatur panca indra seperti penciuman, pendengaran, penglihatan, dan sebagainya.

  1. Lobus Oksipital

Lobus yang terakhir adalah lobus oksipital, yang letaknya tepat persis berada di bagian tulang oksipital. Mengenai fungsinya, lobus oksipital memiliki peranan penting dalam indra penglihatan. Apabila terdapat luka parah lobus oksipital, maka akan berdampak buruk pada penglihatan mata.

Itulah 4 partikel otak besar yang dibagi dari sisi lobusnya. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagian otak besar beserta fungsinya

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Pengertian Otak Besar Manusia dan Fungsinya - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892