Ini Dia 7 Ciri-Ciri Pengusaha Sukses
Sukses Berkarir

Setiap orang bisa menjadi pengusaha. Namun, tidak semua orang bisa menjadi pengusaha sukses. Ada beberapa sifat maupun bakat tertentu yang harus dimiliki seseorang agar mereka bisa menjadi pengusaha sukses. Bakat ini mungkin ada yang sudah mendarah daging tapi ada juga bakat yang harus dikembangkan terlebih dahulu. Kebiasaan diri ini akan menentukan bagaimana seorang pengusaha bisa mengatur diri sendiri untuk berperilaku menghadapi lingkungan luar, baik keluarga, teman, kolega, dan masyarakat. Sebagai pebisnis pemula, ini dia ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Berani Mengambil Resiko

Terjun ke dunia bisnis memerlukan keberanian dalam mengambil dan menghadapi segala resiko yang ada. Namun ingat bahwa berani di sini tidak sama artiannya dengan ceroboh atau secara gegabah mengambil resiko. Berani bagi seorang pengusaha sukses adalah sifat dimana ia tidak akan menyia-nyiakan segala kesempatan yang ada di depan mata hanya demi mencari aman. Akan tetapi, pengusaha yang berani biasanya telah melakukan perhitungan awal yang matang sebelum ia memutuskan untuk mengambil langkah tersebut. Sedangkan, pengusaha yang ceroboh cenderung berani mengambil resiko apapun tanpa melakukan perhitungan baik dan buruk terlebih dahulu.

Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu tahu bahwa dunia bisnis memang penuh dengan segala resiko dan konsekuensinya yaitu antara baik atau buruk. Namun, ingatlah bahwa segala keuntungan yang akan diperoleh di akhir selalu tidak datang begitu saja tanpa resiko. Oleh karena itu, pebisnis yang berani lebih dapat menghadapi situasi sulit seperti apapun demi mencapai tujuannya.Tentu saja, disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing.

Sebagai contoh, ketika seorang pebisnis hendak memulai suatu projek baru namun menghadapi keterbatasan modal. Tidak mungkin ia berhenti di tengah jalan karena permasalahan tersebut. Ia pasti akan mencari berbagai cara untuk bisa mendapatkan modal bahkan lewat kredit uang cepat. Akan tetapi, pertimbangan mengambil pinjaman modal harus selalu diikuti dengan bagaimana perhitungan selanjutnya bagaimana melakukan pelunasan.

Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Kemampuan memiliki analisis yang baik dikaitkan dengan kemampuan untuk bisa melihat pasar. Maksudnya, seorang pebisnis yang sukses seharusnya mampu memprediksi perkembangan pasar untuk melihat tren maupun kecenderungan seperti apa yang akan terjadi di waktu ke depannya. Kemampuan menganalisis ini akan membantu seorang pebisnis untuk bisa mengembangkan usahanya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Meskipun demikian, kemampuan menganalisis pasar ini perlu diasah.Seorang pengusaha harus mau untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya baik lewat berita, media cetak, diskusi, terjun ke pasar secara langsung, maupun pengalaman pribadi. Dengan banyak mengetahui dunia luar, maka seorang pebisnis tidak akan ketinggalan tren pasar untuk bisa mengembangkan usahanya.

Sebagai contoh, pebisnis yang bergelut di bidang produksi produk, maka mereka perlu terjun ke pasar untuk melakukan riset mengenai produk yang tengah diinginkan oleh masyarakat namun belum diproduksi di pasaran.Atau, apabila Anda pebisnis di bidang saham, memantau pergerakan saham dan tren ekonomi maupun politik secara rutin sangat penting untuk selalu dilakukan.

Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa seorang pebisnis harus bisa beradaptasi dengan perubahan pasar baik itu merupakan suatu hal yang menguntungkan maupun justru merugikan.Di sini, pebisnis yang sukses harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah-ubah.Hal ini dikarenakan ada banyak hal di dalam bisnis yang terus berubah secara cepat. Salah satunya, perubahan tersebut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang mempengaruhi bagaimana proses produksi, sistem pemasaran, cara memperoleh sumber daya, dan masih banyak lainnya agar bisa terus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Apabila pengusaha bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut, maka ia dapat bertahan lama dalam kompetisi pasar.

Mau Bekerja Keras

Terjun ke dalam dunia bisnis bukanlah suatu hal yang mudah seperti membalik kedua telapak tangan.Diperlukan kerja keras untuk bisa mengembangkan usaha dari kecil sampai besar dan tetap mempertahankannya.Perlu diingat bahwa seorang pebisnis yang sukses tidak begitu saja sukses dari awal.Mereka pasti memulai segalanya dari hal kecil.Mereka tidak takut untuk bekerja keras dan menghadapi berbagai kesusahan demi mencapai tujuan akhir.Akan tetapi, kerja keras ini harus diiringi dengan strategi agar Anda tahu kemana arah tujuan yang hendak dicapai.Di samping itu, kerja keras juga perlu diseimbangkan dengan efisiensi waktu.Jangan sampai Anda bekerja keras namun ternyata membuang-buang waktu yang justru memperlambat produktivitas usaha Anda.

Terbuka dalam Menerima Masukan dan Kritikan

Setiap produk bisnis pasti tidak akan lepas dari yang namanya masukan dan kritikan. Walaupun akan ada banyak orang yang menyukainya, namun ada juga beberapa pelanggan yang merasa tidak terpuaskan. Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang baik maka Anda harus bisa terbuka dengan segala masukan dan kritikan yang diberikan. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk beradaptasi. Selalu tanamkan di dalam pikiran bahwa masukan dan kritikan tersebut sangat bermanfaat dalam perbaikan bisnis Anda ke depannya.Terlebih lagi, apabila kritikan tersebut muncul karena kesalahan bisnis Anda.

Tidak hanya masukan dan kritikan dari pihak luar, hal ini juga berlaku secara internal.Seorang pengusaha yang sukses juga harus mau untuk menerima kritikan dari karyawannya. Merekalah yang bekerja keras mengembangkan usaha bersama Anda, jadi mereka secara langsung mengetahui bagian mana yang kurang atau kelebihan. Dengan terbuka menerima kritikan, bisnis yang Anda jalankan tidak akan stagnan dan selalu berusaha untuk berkembang.

Berinvestasi untuk Diri Sendiri

Maksudnya berinvestasi untuk diri sendiri di sini adalah bagaimana seorang pengusaha mau mengembangkan pribadinya demi kesuksesan bisnis.Investasi pribadi ini dapat berupa pendidikan, asuransi, maupun liburan.Sebagai contoh, untuk bisa belajar manajemen bisnis yang baik, maka seorang pengusaha harus mau belajar baik lewat bangku pendidikan maupun mengikuti workshop atau seminar bisnis. Selain itu, ada baiknya memang seorang pengusaha selalu bekerja keras, akan tetapi selalu usahakan memberikan waktu bebas kepada diri Anda sendiri untuk melepas stress. Setelah berlibur, Anda akan bisa memulai usaha Anda esoknya dengan lebih bersemangat.

Memiliki Manajamen Keuangan yang Baik

Selanjutnya, seorang pengusaha sukses haruslah memiliki manajemen keuangan yang baik.Apabila tidak bisa mengatur keuangan, maka bisnis bisa berakhir dengan kerugian.Hal ini memang sulit bagi beberapa orang karena mengatur keuangan memang diperlukan keahlian tersendiri.Jika Anda memang tidak bisa memegang kendali keuangan sendiri, maka sebaiknya carilah seseorang yang memiliki kapabilitas tersebut di bawah Anda.

Manajemen bisnis yang baik meliputi berbagai hal. Mulai dari mengatur bagaimana modal masuk, apakah dari simpanan pribadi, pinjaman dengan jaminan, atau pinjaman dana tanpa jaminan danbagaimana sistem pelunasannya. Setelah itu, bagaimana mengatur pemasukan dari penjualan produk dan keuntungan yang diperoleh. Pebisnis yang sukses pasti tidak akan menggunakan simpanan usaha untuk digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan pribadi. Hal ini dikarenakan simpanan tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha selanjutnya ataupun menghadapi situasi yang tidak terduga.

Nah, apakah Anda sudah memiliki ciri-ciri pebisnis sukses di atas?

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Ini Dia 7 Ciri-Ciri Pengusaha Sukses - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892